Jumat, 31 Mei 2013

Ikan Epaulette Shark


Epaulette Shark

Ikan Epaulette Shark (akuariumhias) -Yaitu spesies hiu karpet yang berekor panjang, masuk dalam keluarga hemiscylliidae, sering ditemukan di perairan dangkal, perairan tropis Australia serta New guinea. Ukuran panjangnya spesies ikan ini yang terkecil umumnya dibawah 1 m (3, 3 kaki ), Epaulette shark mempunyai tubuh ramping dengan kepala pendek serta lebar, berupa dayung sirip pasang. batang ekor ( sirip ekor terpasang). Dewasa berwarna coklat terang diatas, dengan bintik-bintik gelap yang tersebar.

Ikan Epaulette shark mempunyai tubuh ramping yang sangat mungkin mereka untuk berenang diantara cabang karang serta meronta ke celah-celah karang sempit pada malam hari mereka berburu mangsa. Corak tubuh berwarna ditutupi dengan titik-titik coklat, diatas sirip dada, dua bintik hitam besar. 

Epaulette Shark
Ikan Epaulette shark mempunyai rutinitas nokturnal serta air dangkal kerap pada terumbu karang atau di kolam pasang surut. hiu ini berevolusi untuk menangani berat oksigen deplesi malam (hipoksia) dalam terisolasi kolam pasang surut dengan menambah suplai darah ke otak serta selektif mematikan manfaat-fungsi non-esensial dari saraf. Perihal ini dapat bertahan anoksia lengkap sepanjang satu jam tanpa dampak jelek, serta pada temperatur yang tambah lebih tinggi dari pada hewan hipoksia-toleran sangat yang lain. alih-alih berenang, hiu sinyal pangkat jalan dengan tubuh mereka menggeliat serta mendorong dengan sirip mereka.

Jenis spesies ikan ini mengonsumsi beragam invertebrata kecil serta ikan kecil. Ikan ini berkembang biak biasanya pada bulan agustus sampai oktober.

-->

Rabu, 29 Mei 2013

Species aneh yang berenang terbalik

 
blue glaucus

Species aneh yang berenang terbalik (akuariumhias) -Glaucus biru biasanya dikenal sebagai sejenis siput laut, ini sejenis type siput aneh, mempunyai sebutan juga siput aeolid pelagis, berasal dari bangsa gastropoda moluska dan keluarga glaucidae.Tersebar di lautan terutama di perairan beriklim tengah serta tropis. Paling banyak ditemukan  dibawah pantai timur serta selatan Afrika selatan, Perairan eropa, pantai timur australia serta mozambik. spesies ini mengapung terbalik di permukaan laut.
blue glaucus 
Ukuran khas spesies ini yaitu pada 5 serta 8 inci panjang keseluruhan. panjang maksimum yang tercatat yaitu 40 cm. Memiliki warna perak di bagian belakang serta biru gelap serta terang sisi perut. Dia mempunyai garis-garis biru tua di pinggir kakinya. Ia mempunyai tubuh meruncing yang diratakan serta mempunyai enam cabang lampiran yang di cahaya cerata. mereka mengapung karena aadnya bantuan kantong diisi gas di perut, Glaucus biru mengapung di permukaan. Letak kantung gas ada di perut sehingga membuat spesies ini bisa  mengapung terbalik.

blue glaucus

Beberapa ilmuwan sudah kerap berargumentasi perihal apakah glaucus biru bergerak dengan sendirinya atau bergantung pada angin untuk bergerak.

Fakta lain yang menarik yaitu bahwa glaucus biru yaitu hermafrodit serta bertelur. Umumnya keong siput laut yaitu hermafrodit yang memproduksi telur sesudah kawin sudah berlangsung. Glaucus biru condong menyimpan  telur di kayu apung hal ini untuk mencegah dari para  pemangsanya. Mereka bertelur pada benda mengambang atau hewan untuk melindungi anak-anak mereka sampai mereka berkembang hingga mampu mengapung sendiri.

-->

Selasa, 28 Mei 2013

Angelfish France

angelfish france

Ikan angelfish france (akuariumhias) -Biasanya dikenal sebagai angelfish yang berasal dari Perancis. Ikan ini pada umumnya hidup di terumbu karang dangkal serta sering ditemukan berpasangan. Jenis ini ditemukan di barat serta timur atlantik.

Layaknya angelfish yang lain, ikan angelfish perancis mempunyai tinggi, tubuh sempit. tubuh mereka tidak tebal, mereka dapat beralih dengan cepat serta bermanuver ke dalam celah-celah sempit diantara karang untuk memburu mangsanya serta mudah menghindari predator. Mereka berenang dengan mendayung dengan sirip dadanya. Punggungnya panjang, anal, serta sirip ekor (tail) sirip menjadikan mereka sangat mungkin untuk merubah arah dan kecepatan dengan cepat. Ukuran yang terbesar diukur dengan ilmiah ikan angelfish perancis yaitu 41 cm.

angelfish france

Ikan dewasa angelfish perancis yang ditutupi oleh sisik hitam jika dibagian depan dari dahi sampai perut, yang berbingkai dengan kuning keemasan. mereka mempunyai luas bar oranye-kuning di basic sirip dada mereka serta mempunyai filamen dorsal yang berwarna kuning. Pada ikan yang masih remaja berwarna coklat tua sampai hitam serta dihiasi dengan pita kuning melengkung di kepala serta tubuh. Layaknya ikan jadi dewasa, pita kuning dapat memudar jika untuk bar kuning terdapat di basic luar sirip dada.

Di alam liar, angelfish perancis mengonsumsi spons, bryozoa, gorgonia, tunicates, zoantharians, karang serta ganggang, namun makanan pokok mereka umumnya ganggang serta detritus. dalam akuarium, anda dapat memberikan angelfish perancis dengan diet omnivora serupa dengan apa yang dapat makan di alam liar. contohnya anda bisa menggunakan persiapan angelfish berkualitas tinggi dengan materi spons tambahan digabungkan dengan makanan gemuk (contohnya beragam udang), ganggang laut serta spirulina. Anda bisa berikan mereka berapa kali selama hari bukannya berikan cuma satu atau dua makanan besar. spesies ini umumnya dapat  hidup dengan makanan fresh, beku serta makanan formula.

-->

Udang Mantis

mantis shrimp

Udang mantis (akuariumhias) -Yaitu jenis krustasea laut,.jenis udang ini memiliki habitat terutama di karang dan di lubang lubang gua.

Mereka mempunyai nama mantis dikarenakan mereka terlihat tampak seperti sedang berburu,ciri-cirinya menyerupai serangga belalang sembah. Ada lebih kurang 400 spesies udang mantis yang ada didunia, seluruh spesies ini  hidup di subordo unipeltata.
mantis shrimp
Udang mantis yaitu makhluk laut agresif serta umumnya soliter menggunakan sebagian besar waktu mereka untuk bersembunyi di formasi batuan atau menggali lorong-lorong rumit dalam dasar laut. Mereka menanti mangsa di dalam lubang, layaknya umumnya krustasea, mereka suka berburu serta membunuh mangsa yang lebih kecil. Mereka jarang meninggalkan rumah mereka jika mencari makan biasanya pada malam hari, bergantung pada spesies. beberapa besar spesies hidup di laut tropis serta subtropis ( hindia serta samudra pasifik pada afrika timur serta hawai ).

mantis shrimp

Ada dua kelompok jenis udang mantis, yang spearers serta smashers. Spearers menggunakan cakar-seperti tombak mereka untuk diam-diam menusuk mangsa dengan perlahan.Smashers menggunakan cakar kuatnya, amat menarik bahwa kemampuan smashers. kecepatan cakarnya  bisa membuahkan menyerupai kecepatan  peluru kaliber 22 serta populer dikenal sebagai jempol splitter. 

Banyak orang menyebutkan bahwa dikarenakan kemampuan besar dari hewan-hewan ini, mereka dapat memecahkan kaca akuarium. Smashers menggunakan kekuatan ini untuk siput, kepiting, moluska serta tiram batu untuk menyerang, Smasher dapat mencengkram mereka hingga memecahkan cangkang mangsanya . 

-->

Jumat, 24 Mei 2013

Ikan Frontosa cichlid


ikan-frontosa-cichlid

Ikan Frontosa cichlid (akuariumhias) -Dikenal juga sebagai humphead cichlid merupakan ikan dari keluarga cichlide yang asli ditemukan di danau tanganyika, Afrika Timur. Di alam aslinya, frontosa bisa tumbuh sampai 35 cm namun di aquarium cuma dapat berukuran 20 – 30 cm. Ikan ini berwarna terang dengan pita hitam besar vertikal sejumlah 6 – 7 buah berwarna hitam kebiruan. sirip, ekor serta kepala juga berwarna biru. Ikan ini memerlukan akuarium yang lebar untuk perawatan serta berbentuk tidak terlampau agresif bila dalam kelompok. Frontosa berbentuk karnivora lantas janganlah dipelihara berbarengan ikan yang lebih kecil dikarenakan ikan ini dapat membuatnya sebagai santapan. Meskipun terlihat tak ada problem dalam kelompoknya, sebenarnya ikan ini dapat berbentuk teritorial untuk mendapatkan area yang pas.

Ikan frontosa hidup di air dalam, apalagi lebih dalam di banding ikan yang biasa menghuni rongga. mereka hidup pada kisaran suhu 23 – 29 derajat celcius,serta ph 7 – 8,9 dengan kedalaman 10 – 50 m. Ikan ini berbentuk monomorfik yakni nyaris identik atau tak ada perbedaan fisik pada jantan serta betina. Jantan umumnya memiliki “jenong” ( punuk diatas kepala ) di banding betina tetapi ini tidak senantiasa. Ikan frontosa merupakan perenang lambat serta tidak melepas banyak daya untuk berburu mangsa, hingga perburuan condong dikerjakan malam hari. sebagai mouth-brooder, frontosa berbentuk polygamous atau jantan tidak dalam cuma satu pasangan waktu bertelur. 

ikan-frontosa-cichlid

Tehnik breeding ikan frontosa tidak terlampau sulit di akuarium. Letakkan satu jantan serta sebagian betina dalam satu tangki. waktu melakukan aktivitas seksual, jantan dapat beralih jadi lebih biru terlebih pada hidungnya. Sesudah memililih betina, jantan dapat memastikan area serta merilis semen untuk mengisyaratkan di mana dia pergi. area yang dipilih umumnya berbatu untuk betina melepas telur. betina dapat melepas telur serta mengulangnya berapa kali serta sebenarnya semen jantan cukup dapat membuahi seluruh telur betina beberapa menit sesudah telur dikeluarkan. Betina dapat letakkan 50 telur yang sudah dibuahi di mulutnya serta menahannya sepanjang 5 minggu. anak ikan yang dirilis mesti segera dipisahkan dari dewasa dikarenakan anak ikan yang berukuran kurang dari 3 inci dapat dimakan oleh dewasa.

-->

Ikan boesemanis rainbowfish


 Boeseman's Rainbowfish

Ikan boesemanis rainbowfish (akuariumhias) -Yang dalam bahasa lainnya disebut melanotaenia boesemani  yaitu spesies ikan dari famili melanotaeniidae yang disebut satwa endemik dari danau ayamuru, di tempat pegunungan vogelkop peninsula, Papua. ikan ini mempunyai warna yang amat bagus ( colorful ) hingga banyak dipakai sebagai ikan hias akuarium.


Boeseman's Rainbowfish

Ikan jantan memiliki warna biru keunguan pada kepala, dada serta punggung sisi depan, namun ekor serta punggung belakang berwarna kuning cerah sampai orange tua. Ikan betina biasanya mempunyai warna yang kurang menarik, dengan warna condong keperakan di seluruh tubuhnya. Biasanya keluarga rainbowfish, ikan boesamani rainbowfish memiliki bayangan garis tubuh berwarna gelap keperakan dari insang sampai ekor, mata serta mulut yang cukup besar, serta juga memiliki dua sirip punggung. mereka hidup pada suhu 23 – 26 derajat celcius serta ph 7 – 8, berbentuk omnivora serta bisa memiliki panjang tubuh sampai kian lebih 10 cm.



-->

Rabu, 22 Mei 2013

Pemijahan lobster air tawar

Pemijahan lobster air tawar

Pemijahan lobster air tawar (akuariumhias) -Yang dibutuhkan untuk lakukan pemijahan lobster air tawar yaitu induk yang berkwalitas. Di Indonesia, untuk indukan lobster air tawar dijual per set dengan jumlah lobster yang beragam. Umumnya set indukan diisi 6 jantan serta 4 betina seharga minimal Rp. 320.000.

Sistem pembenihan

Pembenihan bias dikerjakan didalam akuarium ( ukuran 100x50x25cm ) diisi set indukan lobster atau kolam semen ( ukuran 2x1m ) diisi 5 set induk lobster. makin banyak jumlah set indukan lobster yang diletakkan dalam satu kolam dapat makin bagus dikarenakan karakter lobster betina yang amat selektif saat memilih pejantan. berarti, bila didalam satu kolam ada banyak pejantan maka kemungkinan berlangsungnya perkawinan juga makin besar. Tanda-tanda induk betina yang baik yaitu ukuran kepala yang lebih kecil dari pada ukuran badannya. sebailiknya pejantan semakin bagus yang kepalanya semakin besar dari pada badannya.

Sepanjang 2-3 minggu dapat berlangsung sistem perkawinan indukan. Sinyal tanda induk betina bertelur yaitu ekornya melengkung sampai kaki pertamanya. Sesudah tampak sinyal tanda bertelur, pindahkan induk betina tersebut ke akuarium yang lain. upayakan akuarium ( ukuran 100x50x25cm ) diisi induk betina dengan ukuran air 20-25cm. perihal ini untuk hindari pertengkaran pada lobster betina yang bisa menyebabkan kerontokan telur.

Satu induk lobster betina bisa membuahkan 200-300 telur lobster. sistem pengeraman telur lobster memerlukan waktu 30-35 hari. Untuk penetasan telur lobster, memerlukan waktu 3-4 hari. Sesudah telur menetas, segera ambillah induknya. bila induk tidak di ambil kian lebih 1 minggu, induk dapat memangsa anaknya sendiri.

Sesudah induk dipisahkan dari anaknya, pisahkan induk dari lobster dewasa yang lain. Untuk sistem perkawinan setelah itu, baiknya tunggulah lobster betina tersebut minimal 2 minggu atau sampai bertukar kulit. waktu 2 minggu tersebut yaitu waktu istirahat untuk lobster betina sesudah bertelur. Induk lobster air tawar bias hidup sampai umur 3-4 tahun dengan panjang 20-25cm serta berat meraih 0, 5 kg. Pada umur itu, lobster dapat makin banyak membuahkan telur, apalagi jumlahnya bias meraih beberapa ribu. Semakin tua lobster, maka jumlah telurnya dapat makin banyak., dikarenakan badannya senakin besar, kuat, serta panjang.

Pemeliharaan benih

Sesudah telur menetas jadi benih, sebulan lantas pilah benih yang berukuran besar, tengah serta kecil. sesudah dipilah, pisahkan benih lobster tersebut sesuai ukurannya lantas pindahkan dari akuarium ke kolam semen. kolam semen semakin bagus untuk pembenihan dikarenakan naik turunnya suhu dalam kolam semen tidak terlampau mencolok atau suhunya bias dijaga apabila dibanding di akuarium. suhu yang sesuai untuk benih lobster air tawar yaitu 25-300c.

Untuk tambahan hawa, berikanlah aerator ukuran tengah ( 8 titik hawa ) dalam kolam semen (ukuran 2x1m). Sesudah 2 bln., benih lobster yang perubahannya bagus dapat berukuran 2” ( 5cm ) serta siap untuk dijual. Lamanya waktu usaha pembenihan dengan total lebih kurang 6 bln. dari mulai sistem perkawinan indukan sampai umur benih meraih 2 bln.. efek kematian benih waktu pemeliharaan ini lebih kurang 20%.

Pakan yang pas untuk benih lobster yaitu pelet spesial lobster, sayuran ( contohnya tauge serta wortel ), serta protein fresh ( contohnya cacing sutera serta cacing beku ). untuk pembenihan lebih disarankan diberi pakan cacing dikarenakan kandungan proteinnya lebih tinggi. untuk sayuran, sebelum saat diberikan pada bibit lobster mesti direndam dulu tanpa dicacah atu dipotong-potong.

Lobster yaitu jenis hewan yang hidup di basic kolam, hingga seluruh makanan mesti ada di basic kolam. bila makanan mengambang, lobster tak lagi memakannya. dalam 1 hari, benih lobster diberi makan 2x, yakni saat pagi hari ( jam 07. 00-09. 00 ) serta sore ( jam 17. 00-20. 00 ). Porsi ideal untuk makan pagi ekor lobster yaitu ¼ sendok teh pelet serta untuk makan sore sejumlah ½ sendok teh. untuk cacing sutera atau beku, umumnya liter cacing dapat dihabiskan kurun waktu minggu untuk 1000 benih lobster.

Pemberian pakan berbentuk cacing, sayur serta pelet bias dikerjakan dengan bergantian. pelet yang umumnya dipakai yaitu pelet merk pokphand dikarenakan kandungan proteinnya tinggi, yakni lebih kurang 30%.

Pencegahan penyakit benih

Penyakit yang biasa menyerang benih lobster yaitu parasit yang hidup di kepala serta badan lobster. parasit tersebut berwarna putih susu serta bias berkembang biak didalam tubuh serta kepala lobster. ciri lobster yang terkena parasit yaitu nafsu makannya menyusut serta tidak lincah hingga bias menyebabkan kematian.

Untuk menangani penyakit ini, rendam benih lobster yang terkena penyakit tersebut pada air garam dengan kandungan garam 30 ppt ( satuan kandungan garam ). rendam benih lobster dalam air tersebut sepanjang 10-14 hari serta tiap-tiap 3-4 hari sekali ubah air dengan air garam yang baru. Waktu direndam, umumnya benih lobster dapat melompat-lompat serta pada waktu tersebut telur parasit dapat mati.

Yang perlu di perhatikan dalam pembenihan lobster yaitu pemberian makan serta kualitas air. Umumnya penggantian air bisa dikerjakan sebulan sekali, tetapi, penggantian air bias lebih cepat atau lebih lama dari yang dibutuhkan. perihal ini bergantung dari tingkat kotoran dalam air. bila kandungan kotoran sisa makanan semakin besar dibanding dengan kandungan kotoran dari bibit lobster sendiri, maka air dapat beracun. ciri air yang sudah beracun yaitu warna air beralih jadi keruh serta baunya tidak enak. racun tersebut dihasilkan dari sisa makanan yang membusuk dalam air. oleh karena itu upayakan supaya makanan senantiasa habis untuk sekali makan hingga tidak meninggalkan sisa dalam air.

-->

Minggu, 19 Mei 2013

Ikan Kribensis


ikan kribensis

Ikan kribensis (akuariumhias ) -Merupakan ikan golongan cichlide yang endemik dari sungai – sungai di afrika barat ( nigeria serta kamerun ). ikan ini amat popular sebagai ikan hias aquarium dikarenakan tak hanya warna tubuh yang menarik juga ukuran tubuh yang relatif kecil yaitu 8 – 10 cm.

Sisi punggung berwarna kecoklatan dengan kemilau biru serta perut berwarna putih dengan pola ungu yang cukup lebar. insang ditutupi dengan pola coklat yang berwarna merah diatas serta biru dibawah. tubuhnya memiliki stripe hitam yang membujur dari pangkal ekor sampai ke mulut. mulut kribensis berwarna pink sampai merah. ukuran tubuh ikan betina biasanya lebih kecil serta lebih bulat di banding jantan.

Ikan kribensis berbentuk omnivora memakan apa saja terhitung cacing, alga, crutacea serta serangga. di habitat aslinya, kribensis hidup pada sungai bersuhu hangat yaitu 24 – 26 derajat celcius,serta ph 5, 6 – 6, 2. Membedakan ikan jantan serta betina tak hanya bisa dilihat dari ukuran tubuh, bisa dilihat dari sirip panggulnya. sirip panggul ikan jantan berupa meruncing namun pada betina berupa bulat.

ikan kribensis

Tehnik reproduksi atau breeding tetap sedikit diketahui tetapi di alam bebas ikan dapat bertelur gali lubang dibawah tanaman air. lubang buatan di tangki kemungkinan juga bisa dipakai sebagai area bertelur meskipun ikan dapat condong tetap menggali juga untuk letakkan telur.

Betina dapat menentukan jantan yang sangat kuat di grupnya dengan langkah mencerahkan warna ungu di perutnya serta menggetarkan badannya didepan si jantan sebagai sinyal siap bereproduksi. telur umumnya ada di permukaan lubang dengan jumlah 50 sampai 300 butir di sarangnya. telur yang berwarna cokelat kemerahan tersebut dapat menetas sesudah 2-3 hari serta ke-2 induknya selalu melindungi anakan ikan tersebut umumnya sampai 28 hari.
ikan kribensis

Anakan ikan dapat bebas berenang sesudah 4 hari serta bisa diberi makanan berukuran mini layaknya artemia atau pellet. perawatan di aquarium suka setting dengan banyak tanaman meskipun kribensis tak lagi menyentuhnya, disamping itu keberadaan kayu serta batu dapat bikin ikan ini lebih nyaman. kribensis bukannlah ikan agresif hingga bisa dipelihara dengan ikan lain yang seukuran layaknya cichlid kecil, barb serta tetra.


-->

Sabtu, 18 Mei 2013

Selamatkan habitat asli ikan arwana


Selamatkan habitat asli ikan arwana (akuariumhias) -Warga desa Serapung kabupaten Pelalawan, Riau, merencanakan mengelola rimba desa untuk menyelamatkan habitat ikan arwana yang keberadaannya terancam punah.
Kami berbarengan sebagian pihak pingin lakukan revitalisasi ikan arwana di rimba desa, kata direktur yayasan mitra insani ( YMI ) Zainuri Hasyim pada pada di Pekanbaru.
Rimba desa segamai ada di kecamatan teluk meranti, namun desa serapung ada di kecamatan kuala kampar.

Ia menjelaskan, YMI merupakan pendamping warga setempat berbarengan sebagian LSM lingkungan yang lain turut menginisasi pengusulan dua rimba desa di tempat itu, yaitu rimba desa serapung serta desa segamai.


Menurut dia, habitat ikan arwana ada di sesuatu tasik (danau) di dalam rimba desa serapung. Warga setempat telah lama tahu keberadaan arwana type perak di area itu, serta melalui pengelolaan rimba desa dapat dicoba untuk dilestarikan. harapannya, populasi ikan tersebut dapat terus jadi tambah serta dapat dibudidayakan dengan alami supaya berikan kesejahteraan untuk warga setempat.
Dari dinas perikanan serta kelautan pelalawan juga mulai lakukan pemetaan potensi arwana disana, tuturnya.

Warga setempat dengan pertolongan ymi mulai mengusulkan status rimba desa di desa serapung serta segamai sejak dua tahun lantas. walau dalam perjalanannya alami banyak hambatan, tetapi selanjutnya menteri kehutanan ( menhut ) mengeluarkan SK menhut nomer 154 serta 155/menhut-ii/2013 perihal penetapan areal kerja rimba desa segamai serta serapung.

SK persetujuan untuk rimba desa seluas 4. 000 hektar itu di tandatangani pada 8 maret 2013, hingga berikan keabsahan atas hak kelola masyarakat yang pertama di provinsi riau.

Menurut dia, warga setempat kelak dapat membentuk instansi pengelola dapat koperasi. lantas, gagasan pengelolaannya dapat segera disepakati yang di antaranya dapat berbentuk revitalisasi habitat ikan arwana di rimba desa serapung.

Menurut Zainuri, gagasan pengelolaan dua rimba desa itu kedepannya dapat dikelola berbarengan serta keuntungannya untuk keperluan komunal warga yang turut melindungi kelestarian rimba desa itu. dengan spesifik, zainuri menyebutkan gagasan pengelolaan dapat berbasis pertanian layaknya penanaman kebun karet serta juga tanaman jelutung.

Warga juga telah menanami 6. 000 bibit jelutung apalagi sebelum saat memperoleh SK menhut, tuturnya.

Penanaman beberapa ribu pohon jelutung itu merupakan bentu usaha merehabilitasi lokasi rimba serta kedepannya dapat di dukung dengan langkah penutupan kanal di tempat gambut dengan pembuatan bendungan ( dam ).

Tanaman jelutung itu kelak dapat membuahkan dikarenakan getahnya layaknya karet serta dapat dipanen 1 minggu sekali, tuturnya.

Tetapi, sebelum saat itu zainuri menyebutkan pihaknya membidik pada tahun ini bisa beroleh hak pengelolaan rimba desa dari gubernur riau. pengusulan hak pengelolaan rimba desa itu dapat diserahkan melewati bupati pelalawan.

Penyebab, bila sampai dua tahun tidak diterbitkan hak-hak pengelolaan rimba desa, maka izin rimba desa dari menhut dengan otomatis dapat dicabut, tuturnya.

Namun, jika seluruh kriteria dapat dipenuhi, maka warga setempat dapat mengelola dua rimba desa itu sepanjang 35 tahun sesuai ketetapan yang berlaku.

Rimba desa ini dapat mengembalikan marwah kami sebagai masyarakat yang hidupnya tidak dapat terlepas dari rimba, tetapi sebenarnya sekarang ini tidak mempunyai rimba, kata kepala desa serapung, jasman.

Ia menyebutkan, warga setempat selalu beri dukungan pengelolaan rimba tersebut untuk kehidupan periode saat ini serta anak-cucuk mereka dimasa depan.

Kamis, 16 Mei 2013

Jenis Arwana dan sebarannya

Jenis Arwana dan sebarannya (akuariumhias) -Ikan arwana atau dikenal juga arowana yaitu ikan bernama latin iscleopages sp. Di Indonesia sendiri ikan ini juga di kenal dengan nama ikan naga. Beberapa orang yakin, bila memelihara ikan ini sebagai ikan hias, maka dapat mendatangkan banyak keberuntungan. tidak heran bila ekor arwana dewasa harga nya bisa meraih sampai jutaan rupiah.

Jenis dan type model ikan arwana serta asal muasalnya :
Red tail golden arwana
arwana red tail golden
Arwana type ini datang dari Indonesia, sumatera di lokasi pekan baru. red tail golden arwana, mempunyai warna yang bermacam layaknya, golden, blue, serta green.

Super red arwana
arwana super red

Tetap datang dari Indonesia, ikan ini di kenali ada di kepulauan kalimantan, sungai kapuas serta danau sentarum. super red arwana diketahui mempunyai sebagian variasi warna yakni, merah-orange, merah-darah, serta merah-cabe.
 

Cross back golden arwana
arwana cross back golden

Cross back  golden asalnya dari Malaysia, penyebaranya di sekitar johor, perak, trengganu serta bukit merah. di sebut cross back dikarenakan sisiknya yang berwarna hitam melingkar sampai melalui di bagian punggung ikan.

Green arwana
arwana green

Silver arwana
arwana silver
Bentuk tubuh serta siripnya yang panjang, bikin arwana type ini tidak sama dengan yang lainya. panjang tubuh silver arwana dapat meraih pada 50-60cm. serta ikan ini datang dari Amerika selatan.

Biasa di sebut arwana pino untuk beberapa hobbies ini, memiliki warna basic hijau. penyebaran ikan ini dapat di temui di kamboja, malaysia, indonesia, myanmar serta thailand.

Jardini arwana
arwana jardini
Ikan arwana jardini, asalnya dari australia. tetapi belakangan penyebaranya juga sampai di lokasi irian. ikan ini mempunyai 2 type warna, yang pertama yaitu type scleropqges leichharti yang punya warna agak terang. serta ke-2 yaitu type scleropqges jardini yang warna tubuhnya lebih gelap.

African arwana
arwana african

Dari namanya telah dapat di tebak dari tempat mana asalnya. kepala african arwana, berupa bulat dengan tubuh melonjong berwarna perak.

Black arwana
arwana black
Ikan ini bersaudara dengan silver arwana, ikan ini memiliki warna silver yg menyeluruh jika di bagian ekornya yang mempunyai warna hitam. bila ikan ini telah meraih dewasa, makin lama warna hitam pada ekornya dapat memudar.

-->

Ikan seluang

Ikan seluang (akuariumhias) -Merupakan di antara bagian ikan dari genus rasbora. ikan type ini mempunyai tubuh memanjang, agak pipih, bersisik tidak tebal, warna tubuh putih kekuningan serta memiliki sepasang mata jernih, pada sebagian spesies ada garis kehitaman dibagian sedang badan.

Banyak type ikan rasbora bisa ditemukan di indonesia, di antaranya rasbora bankanensis, ikan seluang dari pulau bangka, sumatera, mempunyai panjang tubuh 10 cm dengan garis kebiruan dari pangkal ekor sampai ke pertengahan tubuh.

Sekarang ini, rasbora telah umum jadikan ikan hias, dikarenakan warna keperakan mereka yang sesuai dengan tanaman air ( untuk aquascape ) serta perawatannya gampang. sebagian spesies rasbora yang kerap jadikan ikan hias aquascape diantaranya : red-tail rasbora, eye-spot rasbora, scissortail rasbora, serta harlequin rasbora.

Habitat
Ikan seluang bisa ditemukan di lokasi asia tenggara serta afrika. seluang hidup di sungai serta rawa berair tenang didalam rimba. populasi seluang di perairan umum telah jarang ditemukan. di alam bebas, seluang umumnya hidup begerombol di bagian permukaan sampai sisi sedang perairan.

Waktu curah hujan tinggi serta permukaan air meningkat, seluang lebih gampang ditemukan dikarenakan mereka bergerak bebas di permukaan air mengejar makanan. tetapi, saat suhu air meningkat terlebih pada musim kemarau, seluang dapat condong berkumpul serta berteduh dibawah pohon. seluang dapat bertahan hidup pada suhu air pada 22 sampai 26°c.

Waktu berkembang biak, ikan seluang dapat melekatkan telur-telurnya pada tumbuhan air. ikan seluang yang tetap berukuran kecil bercorak putih keperakan dengan garis-garis kehitaman yang membentang di ke-2 segi tubuhnya. tetapi waktu membesar, warnanya dapat memudar jadi putih kekuningan.

Makanan
ikan seluang yaitu ikan omnivora. makanan mereka bermacam dimulai dari zooplankton, lumut, crustacea kecil ( layaknya kutu air ), telur ikan ( terhitung telur dari type mereka sendiri ), serangga, sampai cacing tanah.

Kerabat
Seluang/rasbora juga mempunyai kerabat dari satu keluarga/family cyprinidae yang mempunyai cii-ciriistik nyaris sama, yakni danio, devario, puntius, serta boraras.

-->

Selasa, 14 Mei 2013

Memilih ikan cupang hias kontes


 

Memilih ikan cupang kontes (akuariumhias) -Menjaga ikan cupang hias siap kontes tidaklah sukar, yang dibutuhkan hanya ketekunan serta kecermatan pemeliharaan ikan cupang tiap-tiap harinya, contohnya permberian pakan yang teratur, penggantian air akuarium yang teratur, serta tidak lupa juga melatih mental ikan cupang. tidak jarang peternak menggunakan waktu dari pagi sampai malam untuk mengontrol situasi ikan cupang.

Cupang hias diberi pakan alami layaknya kutu air. permberian pakan 2x dalam 1 hari, pada saat jam 07. 00 serta 17. 00, berikanlah pakan yang secukupnya. terlampau banyak pakan tidak bagus terutama pada kebersihan air di akuarium ( di kuatirkan dapat mengendap serta membusuk di basic air) pemakaian takaran, layaknya sendok teh dapat mengontrol jumlah pemberian pakan. Botol air mineral yang diberi selang juga dapat digunakan untuk pemberian makanan cupang. alat itu tak hanya murah juga gampang dioperasikan. kutu air dimasukan ke botol lantas disemprotkan satu per satu ke dalam akuarium. Kutu air yang sudah dibekukan didalam pemberiannya cukup sedikit demi sedikit.

Jentik nyamuk bisa diberikan sebagai selingan tiap-tiap 2 hari sekali, dapat juga diberikan untuk makanan pokok. toh, ikan cupang yang berusia . 5 bln. telah dapat makan makanan yang berukuran besar. cuk baiknya di ambil yang teidak bengkok atau tua.

Ada langkah untuk menyeleksi cuk. jentik nyamuk yang di ambil dari selokan atau empeng umumnya tetap kotor serta bercampur dengan larva hewan lain. masukkan cuk ke air es, dengan otomatis mereka dapat teler, cuk dapat mengendap ke basic namun non-cuk dapat mengambang. cuk di ambil dengan saringan halus, lantas dimasukan ke dalam air yang sudah ditetesi pk, dosis 1/2 tetes untuk ember ukuran 15 liter, ini untuk membangunkan cuk, sesudah itu cuk dicuci dengan air bersihdan siap disajikan.

Bila tetap sulit didapatkan, cacing cutra, cacing rambut, atau cacing darah juga dapat diberikan, tetapi penggunannya kadang-kadang bikin cupang jadi kembung. baiknya cacing dibersihkan berulang-ulang dengan air bersih sebelum saat siap disajikan.

Pengolahan air amat penting supaya cupang terus sehat. ubah air 50% baiknya dikerjakan tiap-tiap hari, makin kerap air diganti perkembangan ikan cupang dapat makin cepat. batas optimal perubahan air 3 hari. langkahnya cukup menyedot dengan selang plastik.

Biasakan 1 minggu sekali air diganti keseluruhan. botol atau akuarium dicuci bersih lantas dijemur supaya kuman-kumannya mati. langkah lain untuk membunh cendawanatau bakteri dengan merendam wadah itu dengan larutan pk dosis tinggi sepanjang 1-2 jam. sesudah itu wadah dicuci dengan bersih serta dijemur. terlambat ganti air mengakibatkan penyakit. sisa pakan serta kotoran cupang yang mengendap di basic air bisa mengakibatkan penyakit. 

Pada waktu kita menentukan ikan untuk di turut sertakan dalam kontes ikan cupang yang butuh kita mesti cermati adalah ikan yang sehat, badan serta sirip tampak bersih, tak ada cacat, sisik tampak rapi serta yang tentu mempunyai mental yang berani. tulang sirip melengkung rapi atau tampak lurus. sirip berdiri tegak serta tutup insang terbuka lebar waktu ngedok, tampak agresif & lincah pada waktu lihat lawannya.
Di bagian tubuhnya bila kita tarik garis sedang, ciri cupang untuk kontes menunjukkan bayangan yang simetris pada sisi atas serta bawahnya. cupang kontes memiliki bentuk yang seimbang pada ukuran tubuh & siripnya. badan agak mengecil sedikit di bagian pangkal ekor.

Bentuk, lebar & ukuran sirip punggung ( dorsal ) mesti mendekati bentuk, lebar & ukuran sirip bawah ( anal ). bukaan ekor ( caudal ) membentuk sudut 180 derajat yang di ukur dari tulang ekor pertama sampai tulang ekor paling akhir. sisi luar dari ketiga sirip ( sirip ekor, punggung, & bawah ) membentuk lingkaran yang saling menutupi serta tak ada sepasi diantaranya umumnya tulang ekor pada cupang serit berjumlah minimal 11 batang tulang ekor, sirip tampak lebar serta overlapping di tiap-tiap ujungnya. pencabangan tulang sirip sekunder serta tampak mempunyai jarak yang sama panjang pada tulang siripnya atau rata.

Pada gambar di samping kanan layar saya tunjukkan ikan cupang type serit warna merah yang kurang baik untuk dipilih untuk cupang kontes, dikarenakan ia memiliki sirip yang tidak lengkap, pada sirip analnya ada sirip yang patah barangkali di sebabkan jamur yang menyerang siripnya, seritnya tidak tersusun dengan rapi & kurang agresif.

Pada cupang kontes yang ideal mempunyai warna yang indah dengan identitas yang sama. pada kelas warna basic solid, tak ada warna lain tampak pada sirip serta tak ada noda warna lain di dalam badannya. pada kelas warna gabungan cupang mesti mempunyai warna gelap serta terang yang mempunyai warna kontras. dengan total tampilan warna mesti terlihat menarik, indah serta mengkilap.

-->

Pemijahan ikan koi



Pemijahan ikan koi (akuariumhias) -Area pemijahan yaitu kolam tanah atau bak semen. Kolam tanah seluas 300-500 m contohnya, bisa dipakai untuk area pemijahan, penetasan, sekalian area pemeliharaan benih. bak semen untuk pemijahan minimum berukuran 2 m x 3 m serta cuma cukup untuk sepasang koi yang terdiri dari seekor induk betina berat lebih kurang 2, 5 kg serta ekor induk jantan. Pemasukan air ke didalam kolam atau bak sepanjang sistem pemijahan mutlak dibutuhkan.

Area penempel telur yang sangat umum yaitu kakaban lebar 40 cm serta panjang 120 cm. Jumlah kakaban sesuai dengan ukuran induk. betina. sebagai perumpamaan, 4-5 buah kakaban untuk betina yang beratnya kg. Penyediaan kakaban kian lebih itu dapat tambah baik dikarenakan telur tidak tersebar dengan teratur, memperluas permukaan kakaban bermakna jadi besar peluang penyebaran telur lebih merata. Bahan lain sebagai penempel telur yaitu tumbuhan air. pemakaian Hydrilla sebagai penempel telur menurut pengalaman sebagian petani pembenih nyatanya berikan hasil sampai 2 kali lipat semakin banyak dibanding dengan hasil pemijahan memakai kakaban.

Induk yang telah dipilih dilepaskan ke didalam kolam pemijahan dengan per­bandingan 1 : 3, yakni 1 ekor betina de­ngan 3 ekor jantan. dari segi berat, per­bandingannya mesti seimbang jadi : , didalam makna ekor betina dengan berat 3 kg contohnya, jantan lalu mesti 3 kg beratnya, namun barangkali jumlahnya 2 3 ekor.

Pelepasan induk dikerjakan pada sore hari jam 16. 00-17. 00. Pemijahan dapat berlangsung rnalam sampai pagi hari. telur yang sudah dibuahi menempel pada tumbuhan air atau kakaban yang tenggelam ataupun melayang didalam air. dengan otomatis, sistem penetasan diawali sejak telur dibuahi sperma. agar tidak percuma, segera setelah pemijahan selesai, telur yang melekat pada kakaban atau tanaman air diangkat lantas ditetaskan di area spesial, sesaat induk dipindahkan ke kolam induk awal mulanya. Aliri area penetasan dengan air bersih serta bebas dari bibit penyakit.

Telur dapat menetas jadi larva sesudah 2-3 hari bergantung situasi suhu. suhu maksimal untuk penetasan yaitu 25-27° c. pada hari 3-4, larva tetap melekat serta sembunyi pada kakaban atau tanaman air. Sesudah hari ke-5, kakaban bisa diangkat perlahan­lahan lantas dibilas sembari digoyang­goyang didalam area penetasan sampai tak ada lagi larva yang nyangkut. sepanjang didalam area penetasan, larva tak perlu diberi pakan. menyambut kantong kuning telur habis, pada hari ke-7, larva mesti dipindahkan ke area pendederan yang memiliki kandungan banyak pakan.




-->

Minggu, 12 Mei 2013

Penyakit pada ikan guppy


Penyakit pada ikan guppy (akuariumhias) -Penyakit yang umum menimpa guppy yaitu jamur. Butuh dipahami jamur tumbuh dengan langkah yang tidak sama dari bakteri. Jamur tumbuh dengan spora serta senantiasa tumbuh dengan situasi spesifik. mereka berkembang memiliki siklus spesifik berbentuk sporakemudian beralih jadi organisme yang dimaksud miselium.

Jamur ini bisa berkembang biak amat cepat, berupa layaknya benang/ulir serta membentuk jaringan-jaringan layaknya susunan yang tidak tebal. namun bakteri yang biasa menyerang guppy yaitu mycobacterium piscium, juga sebagian pemicu yang lain.

Butuh di perhatikan untuk lakukan penyembuhan dengan efisien mesti lakukan diagnosa yang akurat, hingga bisa menangani penyakit yang sering kali timbul. Penyakit yang sering sekali timbul dan menyerang ikan guppy yaitu :

a. Saprolegnia.
Tanda-tanda ikan yang diserang yaitu bercak-bercak putih pada kulit ikan. perawatannya teteskan alkohol metapen dalam area sejumlah 2 tetes didalam satu galon air/4 , 12 ) liter air. langkah setelah itu berikanlah garam serta biarlah sebagian waktu.

Berikanlah hydrogen peroksida untuk membunuh bakteri yang menempel pada jaring ikan sepanjang 15 sampai 30 detik. atau dapat juga dipakai malachite green atau methyline blue atau acriflavin sebagai disinfektan. langkah perawatan ikan yang terkena infeksi bakteri baiknya diberi tambahan area sebelum saat menyembuhkan.

b. Penyakit bengkak atau bloat
Ikan terlihat gelisah, badan terlihat semakin besar dikarenakan kembung. ini dikarenakan dikarenakan peradangan usus ikan. isolasi ikan yang terkena, lantas masukkan ke didalam satu galon air yang sudah dibubuhi 2 sendok penuh garam inggris. biarlah sepanjang 4 atau 6 jam, lantas imbuhkan air sepanjang 12 jam. sesudah pulih bisa dikembalikan ke area asal.


-->

Jumat, 10 Mei 2013

Penyakit pada ikan cupang


Penyakit pada ikan cupang (akuariumhias) -Penyakit yang menyerang cupang biasanya penyakit parasiter serta nonparasiter. penyakit parasiter dikarenakan parasit berbentuk jamur, bakteri, virus yang menyerang organ didalam serta luar tubuh. sesaat penyakit nonparasiter bersumber dari factor lingkungan, contohnya ph serta dh yang tidak stabil, air kotor sampai mengakibatkan minimnya oksigen yang terlarut di dalam air.
Whitespot
Pemicunya yaitu cendawa ichthyopthirius multifiliis. ikan dapat berenang layaknya tersentak-sentak, ikan kerap mengosok-gosokan tubuhnya kedinding wadah serta tubuh ada banyak titik putih layaknya butiran garam dapur.
Perendaman dengan air yang kemudian dilarutkan dengan mythylene blue selama kurang lebih 5 hari serta penjemuran matahari pagi dapat menangani penyakit ini.

Velvet

Pemicunya parasit famili dinoflagellate, yakni oodinium pillularis yang berukuran di bawah 15 mikron. ikan dapat seringkali berdiam diri dipermukaan air, ekor menguncup, tubuh diselaputi lendir serta tubuh pucat. Perendaman dengan air yang terlarut dengan menggunakan obat antibakteri bisa menghindar serta mengobati penyakit ini.

Dropsy
Pemicunya yaitu salmonella sp serta virus-virus yang sulit sekali dikenali. yang terbawa oleh pakan yang kurang higienis atau air yang kurang bersih. tanda-tanda umum sisik ikan layaknya berdiri layaknya kulit biji salak serta ikan dapat kesusahan bikin kotoran sampai perut ikan dapat membesar. Sulit mengobati ikan yang diserang penyakit ini.

Cacingan
Pemicunya parasit golongan cacing nematoda, yakni ascaris lumbricoides. yang tertular melewati pakan yang kurang higienis. Perendaman dengan obat anti cacing layaknya wormx dsb sepanjang 4-7 hari bisa mengobati penyakit ini.

Rabu, 08 Mei 2013

Ikan Serpae Tetra


Serpae tetra atau red minor serpae tetra ( hyphessobrycon eques ) merupakan ikan characin dari amerika selatan terutama sungai amazon, peru, brazil, paraguy serta argentina. serpae tetra merupakan ikan kecil yang meraih panjang tubuh 4 cm. ikan ini mempunyai warna merah brilian atau cokelat kemerahan, oleh dikarenakan warna tubuhnya terkadang ikan ini dimaksud juga tetra darah.


Pada tubuhnya, memiliki bintik hitam besar yang terdapat pada belakang insang, di mana ukuran bintik tersebut dapat menyusut bersamaan pertambahan umur. serpae tetra juga memiliki sirip punggung berwarna hitam dengan ujung putih serta terkadang kemerahan, namun sirip yang lain terhitung ekor biasanya berwarna merah. di alam bebas, serpae tetra diketahui mengonsumsi invertebrata kecil. ikan ini merupakan type ikan yang senang berkelompok dengan jumlah bagian lebih kurang 6 – 10 ekor. mereka hidup pada situasi air yaitu ph 5, 5 – 7, 5 serta suhu 75 to 82°f ( 24-28°c ).

Ikan jantan biasanya lebih ramping di banding betina namun betina keliatan lebih gemuk serta tegap. untuk breeding, siapkan area reproduksi dengan rerumpunan layaknya java moss atau area bertelur untuk ikan letakkan telur mereka. tangki reproduksi diberi jaring dengan ukuran lubang yang cukup besar supaya telur ikan dapat melewatinya, namun juga cukup kecil untuk dewasa supaya tidak bisa menggapai telur tersebut ( ikan dewasa senang mengonsumsi telur mereka ). situasi air sebaiknya condong asam yaitu dengan ph 5, 5 – 6, 5.

Ada sebagian tehnik pembreedingan, di antaranya letakkan sebagian pasang jantan serta betina pada tangki terpisah, lantas seleksi calon indukan yang siap bertelur yaitu betina yang terlihat penuh telur serta jantan yang berwarna menyolok. hasil seleksi masukkan pada tangki breeding saat malam hari serta mereka dapat bertelur saat pagi harinya. telur dapat menetas sesudah 24 – 36 jam serta anakan ikan dapat siap berenang sesudah 3 – 4 hari. anakan ikan dapat diberi makan infusoria serta sesudah sekian hari siap diberi makan microworm serta brine shrimp. telur serta anak ikan amat peka pada sinar, hingga butuh dijaga didalam area yang cukup gelap.

-->

Senin, 06 Mei 2013

Metode memelihara ikan mas koki


Metode memelihara ikan mas koki (akuariumhias) -Metode pemeliharaan ikan maskoki dapat bermacam macam, meskipun dengan prinsipnya, layaknya pemeliharaan ikan hias yang lain, cuma ada cara yakni memelihara kualitas air.

Ikan maskoki mempunyai ciri-ciri yg khas yakni amat rawan pada kandungan ammonia terlarut di dalam air. perihal inilah yg kerapkali bikin persepsi di kelompok umur pengagum ikan hias bahwa memelihara ikan maskoki tersebut sulit, gampang mati.

Untuk menangani problem karena kadar amonia terlarut tersebut, ada 2 hal yang bisa dikerjakan :
- Menetralisirnya, atau mengganti airnya. menetralisir kandungan ammonia bisa  menggunakan biofiltrasi 
- Menumbuhkan lumut air, yg dapat menyerap zat yg bisa meracuni ikan tersebut.

Sebagian tehnik ini telah biasa dipakai oleh para pehobis, serta sudah dibuktikan oleh mereka yaitu sebagai berikut :

1. Biofiltrasi

Tehnik biofiltrasi yg baik datang dari penggemar ikan koi. kunci dari tehnik ini.Yaitu pemakaian media filtrasinya. di antara media terbaik yaitu menggunakan matt sintetis buatan jepang, yg sekarang ini banyak didapati di toko ikan hias. Fungsi dari media ini dapat melakukan penyaringan kotoran ikan dan menahannya, hal ini dapat merangsang perkembangan dari bakteri nitrobacter didalamnya. 

Aerasi yang digunakan mesti cukup banyak serta waktu biofilter tersebut sudah berjalan, maka environment akuarium/ kolam ikan tersebut telah jadi stabil. Untuk hobiis yg malas menguras air akuarium, metode ini pastinya amat pas, dikarenakan tidak membutuhkan pengurasan air sekalipun. tetapi demikianlah kelemahan yg ada yaitu bahwa dengan air tidak dulu diganti, mengakibatkan zat/mineral yg dibutuhkan ikan menjadi kurang, karena zat tersebut ada di dalam air yang masih baru, sehingga bisa mengakibatkan ikan warnanya jadi kurang cerah. Tehnik ini dapat disertai dengan penggantian air parsial dengan teratur.

2. Air hijau/ greenwater method

Tehnik ini yaitu tehnik yg biasanya digunakan di farm ikan maskoki dimanapun. ini yaitu metode yg sering digunakan, yaitu ikan dibiarkan di dalam kolam sampai airnya menjadi berwarna hijau ( hal ini krn perkembangan lumut ). Yang perlu perhatikan bahwa lumut dapat  tumbuh yaitu lumut air, bukan hanya lumut yang ada dinding kolam. Umumnya di pembudidayaan, sesudah air jadi hijau, maka air tersebut dapat langsung diganti keseluruhan dengan air baru. Metode ini bisa tepat  dikembangkan dengan berupaya untuk dengan konsisiten melindungi pada tingkat kehijauan nya, lewat cara pada waktu air akan diganti, disimpan ember air lama untuk kedepannya dicampurkan dengan air baru. 

Karena diinginkan perkembangan lumut bisa berlangsung lagi segera sesudah kolam baru dikuras. keuntungan lain dari metode ini yaitu menjaga tingkat air hijau tadi, maka warna ikan jadi lebih cerah, yg dikarenakan dikarenakan ikan mengonsumsi lumut yg ada di air tersebut. Metode jenis ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ikan, tetapi tidak menjadi pilihan favorit di pehobiis, dikarenakan dengan air hijau tersebut, ikan maskoki tidak bisa dilihat.

3. Mekanikal filtering

Mekanikal filtering yaitu menyaring kotoran padat yg ada di kolam/ akuarium, hingga air senantiasa tampak jernih. Metode jenis ini tidak menyaring kotoran terlarut di dalam air, sehingga banyak pehobiis terjebak dalam kondisi air yang jernih, namun kandungan amonia tinggi, yang bisa mengakibatkan ikan sakit/ mati. Jenis filtering mechanical filtering ini harus diimbangi dengan penggantian air yang teratur, dapat dengan penggantian 2 % tiap-tiap hari serta diimbangi dengan pencucian media filter.

4. Ubah air (mengganti air)

Dikarenakan kandungan amonia di air dikarenakan oleh kotoran ikan, maka tehnik yg dapat digunakan yaitu membuang kotoran ikan tersebut dengan cara di siphon, dan dikerjakan penggantian air dengan teratur. Di antara hobiis di Jakarta memakai tehnik ini, yakni lakukan siphon; penggantian air 80% sebanyak  2 kali 1 hari. Tehnik ini jalan dengan baik sekali serta perkembangan ikan didalamnya relatif tambah baik dari metode2 yg digunakan oleh hobiis yg lain.


-->

Membuat sendiri akuarium


Membuat sendiri akuarium (akuariumhias) -Konstruksi wadah akuarium amat bergantung pada design yang dapat ditangani menurut bentuk akuarium yang di idamkan. Bentuk akuarium yang biasa dipakai sebagai wadah budidaya ikan diantaranya yaitu akuarium segiempat, akuarium trapesium, akuarium segidelapan, akuarium segienam, akuarium botol serta akuarium ellips. yang dapat kita ulas didalam langkah bikin akuarium ini yaitu akuarium segi empat.

Sesudah berencana bentuk akuarium kaca yang dapat dibikin, langkah setelah itu memastikan ukuran kaca yang dapat dipergunakan untuk bikin akuarium. Ukuran kaca yang dapat dipakai umumnya berkisar pada 3 mm – 16 mm. sebagai acuan didalam langkah bikin akuarium, ukuran kaca yang dapat dipakai bisa dilihat pada tabel . untuk kaca yang dapat dipakai sebagai basic akuarium baiknya ketebalannya ditambah – 2 mm.

Perbandingan pada ukuran akuarium dengan ketebalan kaca untuk bikin akuarium.




Sesudah memastikan bentuk serta ukuran kaca yang dapat dipergunakan untuk langkah bikin akuarium maka langkah setelah itu yaitu memotong kaca. Kaca yang dipergunakan untuk bikin akuarium tetap didalam bentuk lembaran kaca. ada sebagian langkah yang perlu di perhatikan saat memotong kaca diantaranya yaitu:

1. Tempatkan lembaran kaca pada meja kerja, meja kerja mesti didalam situasi datar serta bersih. perihal ini untuk hindari berlangsungnya keretakan kaca yang dapat dipergunakan waktu sistem bikin akuarium.


Langkah meletakan lembaran kaca

2. Ukuran kaca yang dapat dipotong ini sesuai dengan bentuk akuarium yang dapat dibikin. saat membuat potongan potongan kaca, lembaran kaca dibikin polanya terlebih dulu gunakan spidol serta penggaris besi. pola yang telah dibentuk bisa segera dipotong. ( langkah bikin kaca akuarium )



Mengukur kaca

3. Untuk memotong kaca pakai alat pemotong kaca yang banyak dijual di toko besi.


Memotong kaca waktu bikin akuarium

4. Sesudah kaca terpotong, sisi tepi dari potongan-potongan kaca mesti dihaluskan dengan gerinda atau batu asahan karborondum.


Langkah menghaluskan sisi tepi kaca

Sesudah kaca yang diperlukan untuk bikin akuarium tersebut disediakan langkah setelah itu didalam langkah bikin akuarium sendiri ini yaitu melakukan perakitan akuarium. saat merakit akuarium diperlukan kecermatan serta ketepatan saat merangkainya.
Kaca sebagai bahan utama didalam langkah bikin akuarium bisa didapatkan dengan langkah beli lembaran kaca atau beli potongan kaca sesuai dengan ukuran yang pas. akuarium sebagai di antara wadah yang bisa dipakai untuk membudidayakan ikan baik ikan hias ataupun ikan mengonsumsi yang datang dari perairan tawar serta laut bisa didapatkan dengan langkah beli segera ditoko atau membuatnya sendiri.

Membuat akuarium sendiri dapat didapatkan keuntungan diantaranya yaitu harga nya relatif lebih murah, ukuran sesuai dengan keperluan serta kaca yang dipakai memiliki ketebalan sesuai dengan luasan akuarium yang dibikin. ( leuntungan dari langkah bikin akuarium sendiri )

Didalam langkah bikin akuarium, ada banyak hal yang perlu dikuasai supaya akuarium yang dibikin tidak bocor serta tahan lama, yakni merancang/mendesain akuarium, memotong kaca, merakit akuarium serta lakukan uji cobalah pada akuarium tersebut. Akuarium yang dapat dirakit sendiri, langkah awal yang perlu dikerjakan yaitu menyiapkan kaca sebagai basic utama langkah bikin akuarium sendiri. kaca yang dapat dirakit jadi akuarium ini telah didalam bentuk potonganpotongan kaca yang ukurannya sesuai dengan ukuran akuarium yang dapat dibikin.

Sebelum saat dirakit kaca-kaca tersebut baiknya dikerjakan penggosokan gunakan batu asahan karborundum atau gerinda. perihal ini mempunyai tujuan supaya didalam langkah bikin akuarium tidak beresiko untuk pemakainya.

Kaca-kaca yang sudah dihaluskan seluruh sisi tepinya dengan gerinda ini sudah siap untuk dirakit. langkah setelah itu yaitu menyiapkan alat serta bahan yang lain yakni lem kaca silikon, alat tembak lem, lakban besar serta cutter. lem kaca yang dipakai yaitu lem silikon yakni lem spesial buat merekatkan kaca supaya menempel dengan baik supaya saat membuat akuarium tidak bocor. alat tembak lem silikon ini berperan untuk meringankan si pembuat akuarium saat merakit akuarium, bentuk alat tembak ini layaknya pistol hingga dimaksud alat tembak.
 



Lem silikon serta alat tembak lem yang dipergunakan didalam langkah bikin akuarium sendiri


Pemakaian alat tembak lem

Namun lakban yang dipakai didalam langkah bikin akuarium sendiri baiknya lakban plastik yang berwarna coklat atau hitam dengan ukuran lebar lakbannya yaitu 5 cm. lakban ini berperan untuk menolong berdirinya kaca dengan kaca yang lain supaya tidak berubah yang meringankan didalam pemberian lem kaca waktu bikin akuarium sendiri.

Plakban pada kaca

Pada waktu tempelkan lem silikon ke kaca waktu bikin akuarium sendiri baiknya ketebalan lem pada seluruh permukaan kaca sama. perihal ini dapat bikin ketebalan lem sama pada tiap-tiap sudut. sesudah seluruh kaca terakit jadi akuarium, langkah setelah itu yaitu mengeringkan akuarium tersebut minimal sepanjang 24 jam supaya lem silikon tersebut betul-betul kering.


Mengeringkan akuarium

Langkah paling akhir saat merakit akuarium yaitu melakukan uji cobalah pada akuarium tersebut. ujicoba tersebut dikerjakan isi air ke didalam akuarium sepanjang 24 jam serta cermati adakah sisi yang bocor. untuk beroleh akuarium yang rapi sesudah diuji cobalah bersihkan lem yang tidak rapi gunakan cutter. (langkah membuat akuarium selesai)

-->