Minggu, 21 Juli 2013

Penyakit Umum Pada Ikan Discus


Penyakit Umum Pada Ikan Discus (akuariumhias) -Menurut pengalaman para hobiis dan para peternak umumnya penyakit ikan discus yaitu dikarenakan parasit/microorganisme layaknya di bawah ini : 

1. Penyakit insang 
Banyak peternak yang alami kegagalan dikarenakan serangan penyakit insang ini, discus yang diserang tidka tunjukkan tingkah laku yang mencurigakan, penyakit bisa diketahui bila kita jeli mengamati kegiatan pernafasan ikan, layaknya gerakan menutup insang serta mulut ikan. ikan yang sehat dapat buka tutup insan serta mulutnya dengan ritme yang sama serta enjoy. namun yangn terkena tanda-tanda penyakit ini, dapat tampak bernafas terengah-engah. penyembuhan yang biasa ampuh yaitu melarutkan formalin dengan dosis 4ml/100 lt serta dibairkan 24 jam. tiap-tiap hari diganti air baru serta larutkan formalin diulang hingga 3 hari. disamping itu juga larutkan garam dapur ( nnacl ) dengan dosis 500 g/100lt, air diberi aerasi yang kuat agar cepat larut. serta paling akhir bila tetap membandel imbuhkan larutan pk, hanya mesti hati2 dikarenakan bila salah penyembuhan ikan bisa mati. dosis 1g/175 lt ditambah aerasi kuat sepanjang 2jam-an. 

2. Penyakit NDD ( New Discus Disease) 
Penyakit ini sangat ditakuti peternak discus dikarenakan amat gampang menular. Jika setetes air terkontaminasi maka penyakit ini segera menular. Karenanya tiap-tiap akuarium mesti memiliki perlaatan sendiri. Pemicunya yaitu ph air yang terlampau tinggi, banyak memiliki kandungan logam berat atau air kurang diinapkan. 

Suhu air di bawah angka 28 celcius juga mengakibatkan daya tahan discus alami penurunan mencolok, disamping itu pakan alam juga dapat jadi pembawa microorganisma penyakit tersebut. Tanda-tanda penyakit ini terlihat dari tingkah discus yang layaknya stress, warna lantas gelap atau hitam, seluruh sirip serta ekor menguncup. 

Dapat nampak selaput putih yang semakin menebal serta melebar keseluruh tubuh. Serta parahnya discus dapat kerap merebah didasar, disudut atau apalagi dipermukaan aquarium. Apabila tidak segera diobati discus tubuhnya aka membengkak serta berakhir dengan kematian. 

Penyembuhan penyakit ini dengan melarutkan gabungan chlorampenicol (antibiotik) degan dosis 2 gram ditambah acriflavine (antiprotoza) dengan dosis 0, 3 gram serta garam dapur dengan dosis 5 sendok makan. seluruh obat dilarutkan dengan aerasi yang kuat serta didalam suhu 32 celcius. Jika ikan telah didalam stadium kronis baiknya air dikuiras keseluruhan tiap-tiap 3 hari sekali, sembari diberi obat gabungan layaknya tersebut di atas. 

3. Mata berkabut ( cloudy eye ) 
Dikarenakan jamur yang menyerang mata. mata ikan dapat terlihat memutih layaknya tertutup selaput. lama kelamaan selaput itu semakin menebal serta mencukupi semua permukaan retina mata ikan. Jika dilewatkan pupil mata ikan dapat mngecil serta discus dapat alami kebutaan. 

Penyembuhan : larutkan gabungan chlorampenicol dengan dosis 1.5 gram /100 lt air dengan acriflavine dosis 0, 3 gram/100 lt sepanjang 5 - 7 hari. 

4. Berak putih 
Gejalanya ikan tunjukkan turunnya nafsu makan. setelah itu usus discus akna terinfeksi oleh bakteri flagelata spironucleus. Efek parahnya pencernaan discus terganggu hingga tubuhnya jadi kurus, serta apabila dilewatkan perutnya dapat membuncit, kotorannya dapat berwarna putih layaknya pita memanjang serta jadi terputus putus.

Penyembuhan penyakit ini mengonsumsi waktu lama, jikalau pulih ikan discus dapat jadi mandul. penyembuhan larutkan metronidazole dosis 2 gram/100 lt,. dengan suhu air stabil 32 celcius. 

Ikan Hias Paling Cantik : Ikan Discus


Ikan Hias Paling Cantik : Ikan Discus (akuariumhias) -Kekayaan hayati indonesia sudah banyak dikenal. di dalam usaha ikan hias dunia, product ikan hias dari Indonesia dikenal memiliki beragam jenis, baik ikan hias untuk air tawar maupun ikan hias untuk air laut. Dari 1. 100 spesies ikan hias air tawar yang ada di dunia, 400 spesies salah satunya datang dari Indonesia. Potensi ini membanggakan karena karena Indonesia dikenal sebagai produksi ikan hias terbesar di dunia. 

Pada saat ini peminat ikan hias terus lantas makin dan semakin menyebar ke semua susunan masyarakat. walau kemampuan daya belinya bermacam, masyarakat perkotaan di Indonesia melengkapi rumahnya dengan akuarium-akuarium yang diisi berbagai ikan hias diantaranya ikan discus. ikan discus ( symphysodon discus ) ini memiliki habitat asli di rio negro dan perairan tenang sungai amazon. Ciri-cirinya omnivora. gerakannya sangat halus. Ikan ini lantas popular sebagai rajanya ikan akuarium. Banyak orang menyebut ikan ini discus karena bentuk dari tubuhnya bulat mirip cakram. 

Ada empat spesies ikan discus yang dibudidayakan, walau semuanya dikatakan sebagai discus, yaitu heckel discus (symphysodon discus), brown discus (symphysodon aequifasciata axetrodi), green discus (symphysodon aequifasciata aequifasciata), dan blue discus ( symphysodon aequifasciata haroldi ). Oleh karena penggemarnya sangat banyak, maka dibutuhkan kreativitas peternak dan para hobiis sangat diperlukan untuk ikut memunculkan varietas baru yang makin bagus. Hingga saat ini ini ada banyak varietas discus, misalnya : marlboro, brown discus, red pigeon dan cobalt. 


Discus yang di juluki ratu ikan hias air tawar ini telah memulai perjalannya dari habitat aslinya ke akuarim di area tinggal kita. Aslinya ikan ini datang dari pedalaman rimba amazon, brazil yang popular kaya bisa berbagai species tumbuhan dan binatang. Discus yakni diantara ikan hias air tawar yang banyak yang berminat. tentang sistematikanya ada sedikit pembicaraan, sebagian orang mengklaim menurut area asal, warna dan bentuk luarnya.

Ikan yang berbentuk layaknya kue dadar ini di lengkapi dengan keindahan warna dan bentuk tubuhnya. apabila umumnya ikan hias mempunyai bentuk tubuh memanjang, discus tidaklah demikian. bentuk discus unik layaknya cakram atau kue dadar. warnanya sangat unik dan manarik pas dengan strain dan keturunannya. 

Ciri-ciri 
Ikan discus umumnya memiliki ciri khas layaknya pada bentuk tubuh yang pipih bundar sama ikan bawal. warna basic yang coklat kemerahan dan memiliki garis berombak bermacam rupa tidak teratur diawali dari dahi sampai perut. pada kepala dan tubuhnya terpotong sembilan garis tegak. Tiga salah satunya tampak jelas, sedang sisanya samar-samar. ciri mencolok yang membedakan dari kerabat dekatnya yakni dari matanya yang selalu berwarna merah dan garis tengah tubuhnya amat besar 15 cm. 


Jumat, 19 Juli 2013

Asal Mula Ikan Mas Koki



Asal Mula Ikan Mas Koki (akuariumhias) -Keberadaan mas koki yang bisa kita dapatkan saat ini ini dikarenakan oleh mutasi dengan besar-besaran, hingga ikan crucian carp sebagai nenek moyangnya beralih wujud jadi mas koki yang dikenal saat ini ini. kejadiannya telah lama sekali, diperkirakan sejak 1000 th. atau 8000 th. 

Sebelum saat masehi, yakni pada zaman sung di negeri china. pergantian wujud pertama, juga berlangsung di negeri ini yang membuahkan ikan crusian carp pertama yang berwarna merah, tepatnya di distrik chiang su cheng serta che chiang chen. 

Sukar dilacak perihal pergantian wujud ikan ini, dikarenakan itu dikira sebagai evolusi saja. Meskipun demikian tidak tidak mungkin apabila pergantian tersebut berlangsung oleh disebabkan radiasi cahaya matahari, dampak unsur-unsur kimia, atau barangkali juga dikarenakan serangan virus. 


Menurut perkiraan mutasi yang berlangsung dari crusian carp dimulai dengan pergantian warna tubuh jadi keemasan, maka muncullah turunan pertama yang dimaksud scarlet crucian yang berwarna merah keemasan. sistem pergantian warna tubuh ikan ini diawali dari pergantian warna hitam pada crucian carp jadi warna kuning berbintik-bintik di selang-seling warna hitam yang tetap dominan. 

Setelah itu semua tubuh ikan berwarna kuning yang beralih cepat jadi warna oranye. paling akhir oranye beralih kegelapan, sampai warna tubuh ikan jadi kemerah dan keemasan. Penyimpangan warna barangkali berlangsung, sampai warna putih seringkali juga nampak dengan sendirinya, maka tidak heran bila nampak individu berbintik putih atau individu berwarna pucat. Mutasi setelah itu berbarengan dengan pergantian sirip, yakni sirip ekor jadi terbuka. Jenis serta wujud sirip ekor yang berlangsung bergantung daya pembentuk sirip, hingga nampak juga mas koki yang memiliki sirip ekor berlapis tiga, empat, apalagi tidak tidak mungkin dapat dihasilkan maskopki yang siripnya terpisah.

Selasa, 16 Juli 2013

Menghindari Ikan Koi Mati Mendadak



Menghindari Ikan Koi Mati Mendadak (akuariumhias) -Momok yang cukup menakutkan untuk penggemar ikan koi yaitu kematian mendadak didalam jumlah besar. kematian massal pada ikan koi sering dihadapi pembudidaya ataupun penghobi ikan koi. Bermacam pertanyaan serta kebimbangan kerap menghinggapi beberapa penghobi tentang pemicu kematian mendadak ikan koi didalam jumlah besar tersebut. belum hilang stress disebabkan musnahnya ikan-ikan koi yang paling disayangi, pertanyaan tentang pemicu matinya koi juga sukar untuk didapatkan jawaban tentunya.

Pengalaman saat menangani perihal kematian serta penyakit koi jadi pelajaran bernilai yang mutlak dimiliki oleh penghobi koi. ada beragam jenis karena yang menyebabkan ikan koi mati mendadak didalam jumlah besar. umumnya orang memvonisnya dengan penyakit yang dikarenakan oleh virus herpes pada koi ( khv ). Penyakit menakutkan pada koi yang sanggup memusnahkan semua ikan koi tanpa sisa. Tetapi sesungguhnya tidak tiap-tiap kematian massal ikan koi dikarenakan oleh khv tersebut.


Sebelum saat memvonis pemicu kematian ikan koi dengan mendadak didalam jumlah besar tersebut sebaiknya kita memeriksa banyak hal yang barangkali menyebabkan koi sakit sampai selanjutnya mati.

Biasanya penyakit pada ikan koi dapat menjangkit pada waktu kehadiran ikan-ikan baru, baik semasa karantina atau sesudahnya. didalam sebagian masalah, mutu air (terlebih ammonia, ph, suhu serta racun lain) dan kepadatan ikan belebih, berkontribusi positif saat memperparah kisah penyakit ini. penyakit ini makin besar kemungkinan berlangsungnya pada situasi air dengan tingkat kesadahan yang tinggi (gh/general hardness tinggi).

Untuk mengantisipasi penyakit sebaiknya senantiasa lakukan karantina serta berikan perhatian pada ikan baru atau pergantian musim. Dikarenakan periode inkubasi penyakit pada ikan koi umumnya pada 2 hingga 3 minggu. Namun jika ada ikan yang telah membawa penyakit dari area pada mulanya, maka didalam periode waktu kurang dari 12 jam tanda-tanda klinisnya mulai terlihat.

Gejala-gejala klinis penyakit koi

Untuk mendeteksi penyakit pada koi kita dapat mengamati tanda-tanda klinis awal yang berlangsung hingga penanganan dapat lebih cepat. Dengan umum tanda-tanda serta sinyal awal, ikan terlihat malas-malasan, nafsu makan hilang, gerakan pernafasannya lebih cepat, serta condong menentukan ada di basic kolam atau diam mengambang di dalam kedalaman kolam.
Pada tanda-tanda awal ini produksi lendir terlihat semakin banyak, serta sesekali tampak lendir keluar dari insang serta terus melekat. Lendir berlebih ini cuma step awal saja yang mengakibatkan sisik terlihat semakin kemilau. Bila tetap bertahan hidup, lendir dapat berhenti berproduksi serta kulit mulai terlihat normal lantas kusam serta selanjutnya kering. Tanda-tanda umumnya diawali di lebih kurang pangkal ekor, lebih kurang dada serta perut sisi bawah, yang pelan-peln jadi makin kasar serta terkadang terlihat layaknya bertabur pasir.

Pemicu penyakit koi

Dari beragam jurnal ikan internasional yang terbit, beragam type bakteri dilihat didalam masalah ini, terhitung aeromonas hidrophila, asorbria, acavide, asalmonicida serta flavobacterium psychophila. tidak satupun dari mereka ditemukan didalam masalah penyakit ini, baik pada jaringan korban yang di cermat ataupun hasil pengamatan mikroskop electron.

Rangkuman dari sebagian negara yang menghiraukan dengan tragedi penyakit ini, menyimpulkan indikasi awal penanggung jawab perihal penyakit ini yaitu infeksi sejenis virus (viral infection). Studi perihal penyebaran sumber penyakit ini telah dikerjakan oleh beberapa pakar di Jerman serta USA, terhitung diantaranya university of california. tetap harus belum jelas dikarenakan lain lokasi lain juga virus pemicunya.

Penanganan penyakit koi

Hingga saat ini belum ada satu obatpun yang bisa menangani efek penyakit ini. Menambahkan garam ikan kedalam air lebih berguna pada pencegahan berlangsungnya serangan seconday diseases. Tanda-tanda klinis cuma berlangsung pada ikan-ikan yang terinfeksi yang alami pergantian suhu air dengan mencolok pada 18-26 derajat celc.
Memanipulasi suhu air, yang diinginkan dapat berikan hasil yang tambah baik. menaikan suhu air diatas 26 derajat celc hingga kematian koi tidak berlangsung lagi, serta lantas dengan bertahap turunkan suhu dapat meminimal angka kematian.
Dikarenakan cukup bukti bahwa ikan yang ada pada suhu 18-26 derajat celc punya potensi alami serangan akan penyakit ini, maka factor suhu dikira mempunyai andil besar didalam ledakan penyakit ini.

Di negara israel, beberapa petani koi menambah kekebalan ikan dengan langkah manipulasi suhu air dengan regular. mereka menyebut ikan-ikan yang lulus ujian ini sebagai “ikan berkekebalan alami”( naturally immune fish) dan dapat dibuktikan tingkat kematian yang umumnya meraih 80% hingga semakin dapat turun amat fantatis dibawah 5%.

Senin, 15 Juli 2013

Posisi Pompa Air Kolam Koi


Posisi Pompa Air Kolam Koi (akuariumhias) -Memastikan letak pompa pada kolam koi dapat merujuk kita untuk memilih jenis filter serta design kolam koi yang dapat dibikin. Bila kolam koi telah terlanjur dibikin serta telah running tetapi belum mempunyai sistem filter yang cukup, pastinya sedikit merepotkan untuk bikin design filter kolam yang cukup ideal. tetapi ada trick yang dapat dikerjakan supaya sistem filter terus dapat jalan dengan baik dan berfungsi dengan ideal.

Membangun sistem filter kolam koi ada kaitannya dengan di mana meletakkan pompa didalam sistem filter. biasanya ada dua pilihan untuk meletakkan pompa didalam sistem, yakni pada kolam serta pada chamber paling akhir filter.

Penempatan pompa pada kolam koi adalah langkah yang cukup gampang dikerjakan. Hal ini umumnya dikerjakan bila kolam koi telah terlanjur dibikin atau tidak didesain memakai sistem filter yang cukup cukup. langkah kerjanya pompa ditempatkan di kolam koi serta air dapat dipompakan ke didalam filter dengan posisi yang lebih tinggi dari kolam. air dari filter dapat dikembalikan ke kolam dengan gravitasi.


Dikarenakan posisi filter lebih tinggi maka keluaran dari filter dapat dibikin air terjun yang masuk ke kolam koi. kelemahan dari sistem ini yaitu pompa ada kolam koi dapat menyedot air kotor, hingga membutuhkan maintenance serta pembersihan yang seringkali. Bila tidak kerap dibersihkan dapat menghalangi kerja pompa apalagi rusaknya pompa. disamping itu posisi pompa yang ada didalam kolam beresiko membahayakan koi didalam kolam.

Langkah ke-2 saat menempatkan pompa yaitu pada chamber paling akhir filter kolam koi. Penempatan pompa pada chamber paling akhir bikin maintenace serta pembersihan pompa lebih jarang dilakukan( minimum biaya ), dikarenakan air yang dipompa adalah air yang bersih yang telah melalui filter.

Di basic kolam koi mesti dibikin bottom drain, berbentuk pipa yang tergubung ke filter kolam koi memanfaatkan grafitasi. Sesudah air memasuki sistem filter serta hingga chamber paling akhir di mana pompa ditempatkan, air dipompakan kembali ke kolam.

Langkah ini membutuhkan design kolam yang masak pada mulanya, serta telah dibikin sedemikian rupa pada mulanya. ini memanglah sedikit rumit dikarenakan terkait dengan konstruksi kolam koi, anda mesti mendesain serta bikin pada kolam koi anda sendiri. tidak dapat memakai filter yang telah ada di pasaran.

-->

Jumat, 12 Juli 2013

Mendesain Filter Kolam Ikan


kolam ikan minimalis
Mendesain Filter Kolam Ikan (akuariumhias) -Sesuatu sistem filter yang baik serta pas jadi kunci untuk kolam koi yang cukup. terdapat banyak factor yang perlu dipertimbangkan saat merancang sesuatu sistem filter. Kadang-kadang cost untuk sistem filter justru lebih mahal dibanding dengan cost untuk kolam koi. Seluruh komponen mesti dikoordinasikan untuk meyakinkan manfaat yang pas. 

Terdapat banyak variasi design filter untuk kolam koi, pada masing-masing kolam dapat tidak sama bergantung pada banyak factor. Factor yang memastikan design filter kolam koi yaitu cost, wujud serta ukuran kolam, jenis serta lain sebagainya. Apa pun variasinya design filter kolam koi mesti dapat mengakomodasi manfaat utamanya yakni jadikan air kolam koi terus bersih, jernih serta sehat.

Pada prinsipnya saat membuat design filter kolam koi, diusahakan supaya berperan dengan baik tetapi tidak cepat kotor. bila kotor langkah membersihkannya gampang serta praktis. perihal ini mutlak dipertimbangkan dikarenakan pekerjaan bersihkan filter kolam koi membutuhkan effort yang cukup besar serta menjemukan. banyak hal yang butuh jadi pertimbangan sebelum saat mendesain sistem filter kolam koi yaitu seperti berikut:

kolam ikan minimalis
Ukuran serta volume kolam
Sebagian orang merekomendasikan ukuran panjang kolam koi yaitu 2. 5 kali ukuran lebarnya. ukuran kolam dapat memastikan juga ukuran filter serta media yang digunakan.

Wujud kolam
Wujud kolam simpel serta rata membutuhkan filter kolam yang tidak sama dengan kolam yang berbelok-belok.

Ukuran pipa serta konfigurasinya
Ukuran pipa disesuaikan dengan besar dan kecilnya kolam ikan yang dibuat, jika volume airnya besar maka pipanya juga harus disesuaikan.

Mesin pompa air yang digunakan.
Untuk mengimbangi aliran debit air yang melewati pipa maka gunakanlah pompa air yang sesuai.
 Komponen-komponen filter
  • flow rate pompa
  • keseluruhan head pressure
  • sirkulasi yang benar
  • aerasi
  • ukuran uv clarifier
  • backwashing
  • overflow 
Demikian ulasan singkat untuk mendesain filter kolam ikan, semoga bermanfaat. 

-->

Mesin Pompa air untuk Kolam Ikan Mini


Mesin Pompa air untuk Kolam Ikan Mini (akuariumhias) -Untuk beberapa penggemar koi mempunyai kolam mini bukan hanya bermakna tidak dapat memaksimalkan performa kolam serta ikan didalamnya. Walau kolam mini kadang-kadang cuma digunakan sebagai kolam karantina tetapi butuh dipertimbangkan juga pompa air yang cukup. Berikan pompa air yang berkapasitas besar sesungguhnya tidak problem tetapi pasti daya listrik yang digunakan akan besar. untuk kolam mini pompa air dapat menggunakan pompa yang kerap digunakan untuk aquarium. umumnya jenis pompa dengan debit air yang kecil memakai jenis pompa submersile atau pompa celup.

Memanglah tak ada definisi seberapa ukuran kolam mini, tetapi didalam catatan ini dapat dibicarakan sebagian pompa yang mempunyai flow rate lebih kurang 3000 liter/jam. Dengan anggapan ini maka volume kolam koi mini lebih kurang 3000 liter. Dengan volume air kolam 2500 liter contohnya maka bila memakai pompa air berkapasitas 3000 l/jam maka didalam satu jam air dapat masuk filter sekurang-kurangnya satu kali siklus.
 Tersebut dibawah ini sebagian daftar pompa kolam koi mini/aquarium yang dapat jadikan referensi :

1. Resun sp 5200

Pompa mini buatan china ini membutuhkan mengonsumsi daya listrik : 60 watt dengan output flow rate maksimum : 2800l/h serta ketinggian maksimum : 3. 2 mtr..

Pompa air resun sp-5200

Terbuat berbahan yang memakai stainless steel shaff serta magnetic rotor yang tahan lama. disamping itu dilengkapi pengatur arus air hingga dapat sesuai dengan keperluan. pompa air ini diklaim mempunyai noise rendah hingga tidak berisik, efisiensi energy yang baik serta low maintenance
Pompa resun sp 5200 dijual di pasaran pada kisaran harga Rp. 220.000. di toko yang tidak sama barangkali mempunyai harga yang tidak sama juga.

2. Atman at-105

Pompa kolam mini dengan mengonsumsi daya listrik lebih kurang 50 watt ini mempunyai flow rate air yang lumayan lebih tinggi dibanding pompa resun diatas yakni lebih kurang 3000liter/jam dengan ketinggian maksimum 3 mtr..


pompa atman at 105


Dilengkapi dengan karet yang bisa melekat di seluruh ukuran aquarium serta kolam hingga cukup fleksibel. disamping itu pompa ini tidak berisik serta gampang didalam pengoperasian. di pasaran dijual pada kisaran harga : Rp. 200. 000.

3. Aquila p5200
Aquila p5200 mengonsumsi daya listrik 50 watt dengan output optimal yang lumayan besar yakni lebih kurang 3200liter/jam dengan ketinggian optimal 2. 8 mtr.. di pasaran dibandrol pada harga skitar Rp 200.000.


aquila p3900

4. Lifetech ap5300

Pompa lifetech ap5300 ini memanglah relatif besar saat mengkonsumsi daya listrik yakni lebih kurang 80 watt, dengan flow rate optimal 2800 liter/jam serta ketinggian optimal 2. 8 mtr.. harga pompa ini juga relatif cukup tinggi dibanding pompa merk lain di kelasnya yaitu lebih kurang Rp. 300.000.


life tech ap5300

Demikian sedikit ulasan tentang mesin pompa air yang paling banyak digunakan di pasaran untuk ukuran kolam mini yang bisa untuk memelihara ikan koi atau ikan hias jenis lainnya.

-->

Selasa, 09 Juli 2013

Ikan Bluefin Nothobranch


Ikan Bluefin Nothobranch (akuariumhias) -Merupakan ikan grup killifish yang datang dari mozambique, Afrika Selatan. dia yaitu ikan yang amat cantik dengan panjang tubuh bisa meraih 6 cm. Ranchow’s nothobranch mempunyai variasi warna orange serta biru yang amat indah, serta apalagi beberapanya mempunyai corak warna yang sedikit tidak sama, layaknya nothobranchius rachovii black memiliki warna yang agak gelap serta nothobranchius rachovii var. red yang memiliki kepala merah dengan sorotan biru kehijauan. 

Biasanya pejantan lebih berwarna menarik serta bersirip lebih panjang di banding betina. ranchow’s nothobranch jantan memiliki karakter aggresif pada sesama jantan serta betina umumnya hidup berkelempok kecil dengan jumlah 2 – 3 ekor per ekor jantan. 

Ikan Bluefin Nothobranch yaitu karnivora yang bisa terima sebagian type makanan kecil hidup layaknya larva nyamuk, daphnia, cacing darah serta sebagian makanan komersil yang lain. Sebagai ikan tropis, ranchow’s nothobranch hidup pada air dengan PH 6 – 7 serta suhu 20 – 24 derajat celcius. Ikan ini dikenal dengan umur hidup yang pendek dikarenakan sistem metabolisme tubuhnya yang cepat. 


Dialam bebas, ranchow’s nothobranch hidup pada danau serta kolam yang jadi kering pada musim panas. sebelum saat air jadi kering, ikan ini dapat letakkan telur di lumpur, ikan dewasa dapat mati waktu air jadi kering tetapi telur bertahan sepanjang musim panas. Waktu musim hujan datang serta danau terisi air kembali, telur ranchow’s nothobranch dapat menetas. 

Breeding di aquarium bisa dikerjakan dengan menyimpan substrat tanah setebal 2 – 3 inci untuk area telur mereka. sesudah bertelur, pisahkan substrat yang diisi telur dari air serta taruh di plastik, sesudah 3 – 4 bln. taruh kembali substrat tersebut serta telur ranchow’s nothobranch dapat menetas.

-->

Minggu, 07 Juli 2013

Cara Menentukan Pejantan Arwana



Cara Menentukan Pejantan Arwana (akuariumhias) -Memastikan type kelamin arwana tetap merupakan pekerjaan yang “sulit” terlebih yang berukuran kecil serta tetap umur belum masak kelamin (2 thn) tak ada aturan baku atau tentu dalam penentuan type kelamin arwana. dengan kata lain tak ada jaminan tentu untuk mengetahuinya terkecuali apabila arwana telah bertelur. petani arwana yang memiliki pengalaman lalu cuma berani berikan jaminan ( 70%-80% ). 

Di antara metode yang kerap dipakai untuk penentuan type kelamin arwana yaitu membedakan wujud kepala arwana. nyaris 90% arwana jantan memiliki wujud kepala yang semakin besar serta dan “kekar” dan wujud rahang yang lebih dalam serta luas. Perihal ini terkait dengan tugas arwana jantan yang bertanggung jawab untuk mengerami telur ( mouthbrooder ) mulai dibuahi sampai jadi burayak. disamping itu jantan mempunyai sirip semakin besar serta badan lebih pipih. namun betina wajahnya lebih pipih, wujud kepala lebih kecil, serta wujud badan lebih bulat. 


Disamping itu, ada juga satu metode penentuan type kelamin arwana yang unik yang lahir dari hubungan kerja riset yang dikerjakan oleh qian hu serta alex chang dari ngee ann polytechnic. riset tersebut membuahkan metode arowana gender index. Yang menarik dari metode ini yaitu menawarkan suatu hal yang simple, murah serta efektif. 

Penentuan type kelamin dengan agi yaitu melalui pengukuran garis-garis linear pada arowana dewasa ( umur tahun atau lebih ). menurut si perancang, probabilitas kesuksesan pembedaan arowana yaitu 70%. dengan catatan, bahwa pengukuran mesti dikerjakan pada arowana normal, tidak berlaku untuk aro bongkok atau bonsai.

-->

Ikan Arwana Asia


Ikan Arwana Asia (akuariumhias) -Yaitu di antara spesies ikan air tawar dari asia tenggara. ikan ini mempunyai badan yang panjang, sirip dubur terdapat jauh di belakang badan. Ikan arwana asia biasanya mempunyai warna keperak-perakan. arwana mempunyai beragam julukan seperti : ikan naga (dragon fish), aruwana, atau arowana,saratoga,pla tapad,barramundi,kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese,bergantung dari tempatnya. 

Sebagai ikan purbakala, arwana mempunyai wujud serta tampilan cantik serta unik. tubuhnya memanjang, ramping, serta stream line, namun gerakan renangnya amat anggun. di alam arwana mempunyai warna beragam dari hijau, perak, sampai merah. dua buah sungut terlihat mencuat dari bibir bawahnya. sungut ini berperan sebagai sensor getaran untuk tahu posisi mangsa di permukaan air. beberapa akuaris memasukan sungut ini dalam persyaratan penilaian keindahan ikan yang berkaitan. 

Ikan arwana merupakan ikan perenang atas, wujud mulutnya amat jelas tunjukkan perihal ini. di alam mereka umumnya berenang di dekat permukaan, serta berburu mangsanya berbentuk serangga. oleh dikarenakan itu pemberian makan arwana bukan hanya merupakan perihal sukar sepanjang kita ketahui bahwa mereka yaitu surface feeder. biasanya arwana bukan hanya terhitung pemilih dalam perihal makanan, mereka bisa terima semua type pakan untuk ikan karnivora, namun kerapkali mereka lantas amat suka di antara type pakan saja, serta menampik type yang lain. 

Ikan arwana merupakan ikan peloncat, di alam mereka dapat menangkap serangga yang bertengger pada ranting diketinggian 1-2 mtr. dari permukaan air. Oleh dikarenakan itu perlu di perhatikan untuk menutup dengan baik akuarium jika pingin memeliharanya dalam akuarium. 

Bisa dikatakan arwana terhitung tahan pada serangan beragam penyakit. walau demikian mereka sangat peka terhadap mutu atau kualitas air, terutama yang perlu diperhatikan kandungan nitrit,amonia serta nitrat. 

Ikan arwana terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources disingkat iucn kadang-kadang juga dimaksud dengan world conservation union yaitu sesuatu organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam. jumlah spesies ini yang alami penurunan karena kerapkalinya diperdagangkan dikarenakan nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terlebih oleh masyarakat asia. pengikut feng shui bisa membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini. 

Arwana merah ( super red ) 

Ikan arwana merah merupakan varietas arwana yang datang dari beragam area di propinsi kalimantan barat, yaitu berasal dari sungai kapuas dan juga danau sentarum. Kedua area ini dikenal sebagai habitat dari super red ( chili serta blood red ). 


Warna merah penuh telah dapat terlihat pada sirip ikan muda, pada bibir serta juga sungut. menyambut dewasa, warna merah setelah itu telah dapat nampak di beragam sisi tubuh yang lain, khusunya pipi ( tutup insang ) serta tepian sisik, hingga ikan dengan total telah dapat tunjukkan kesan merah. 

Pada prinsipnya, arwana merah dikelompokkan dalam 4 jenis varietas, yakni merah orange (orange red),merah emas (golden red),merah cabai (chili red),merah darah (blood red) . keempat varietas ini dengan umum diberi julukan super red atau merah grade pertama (first grade red).

-->

Tips Memilih Ikan Arwana


Tips Memilih Ikan Arwana (akuariumhias) -Sebelum memelihara ikan arwana maka setidaknya anda harus mengetahui tips singkat yang saya jelaskan disini.Yang perlu disiapkan sebelum saat memelihara arwana yaitu akuarium. Pilihan akuarium spesial arwana banyak ada di beberapa toko perlengkapan ikan hias. Untuk akuarium yang dapat dibeli baiknya dapat mencermati kejernihan serta ketebalan kacanya. tentukan kaca yang bening berwarna kebiruan atau kehijauan. 

Fasilitas pendukung yang perlu disiapkan salah satunya aquarium liquid fiter yang berperan sebagai penyaring kotoran serta mensuplai oksigen kedalam air, lampu ultra violet biolite sebagai penerang serta menambah kilau warna sisik arwana, serta heater sebagai alat pemanas air supaya temperatur air terus dalam situasi yang cukup bagus yaitu 24-30 derajat celcius. 


Sesudah menyiapkan akuarium barulah kita menentukan ikan. Menentukan arwana berkwalitas perlu mencermati beberapa tanda diantaranya gaya renang anggun serta lincah, wujud tubuh compressed, mulut lebar, dan sungut tegak serta utuh. disamping itu, warna sisik tubuh arwana bercahaya, mata tidak buta atau juling, tutup insang tertutup serta rapi, dan wujud ekor layaknya kipas. 

Tindakan teratur untuk pemeliharaan ikan yaitu memberi pakan sejumlah minimal 3 kali dalam 1 hari, yakni jam 08.00, 12.00, serta jam 20.00. Pada prinsipnya pakan terbagi jadi dua kelompok besar, yakni pakan alami serta pakan buatan. pakan alami yaitu pakan dengan bahan basic dari alam tanpa dikerjakan pengolahan serta tambahan beberapa bahan lain. Namun pakan buatan yaitu pakan yang telah diolah dengan menambahkan beberapa bahan pendukung yang lain

-->

Ikan Arwana Jardini


Ikan arwana jardini (akuariumhias)  -Ikan jenis ini adalah ikan asli Irian memiliki varian 2 jenis. yang umum didapati berwarna basic hijau serta bermutiara merah. type jardini lain berwarna basic hitam serta bermutiara emas dan lebih sukar didapati. 

Di Australia ditemukan juga jardini jenis (warna basic hijau, mutiara merah) yang dimaksud red spotted pearl (scleropages leichardty). cross back serta golden red ; red spotted pearl serta jardini yaitu kerabat, dengan perbedaan lingkungan yang merubah performa. 

Perbedaan yang amat mencolok yaitu pada red spotted pearl, mutiara merah bertaburan dengan mencolok pada tubuhnya. namun pada arowana jardini di mutiara di badannya tidak semencolok arowana red spotted pearl dari australia. 

Arwana tahan pada serangan beragam penyakit. namun peka pada pergantian kualitas air, terlebih pada peningkatan kandungan amonia, nitrit serta nitrat. 

Arwana Jardini 

Warna yang dimiliki varietas arwana ini cukup unik. warna dasarnya yaitu hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kuning ke emasan di bagian sedang sisik-sisiknya, apalagi dibagian kepala ( pipi ) sampai pada sirip & ekornya lalu ada bintik-bintik kuning tersebut. jardini datang dari australia, walau kerap ditemukan di pulau irian. maka dari itu type ini juga kadang-kadang dimaksud arwana irian oleh beberapa hobiis. 

Ikan arwana jardini sebenarnya ada dua type warna, yakni warna basic lebih gelap serta yang lebih terang. yang mempunyai warna basic lebih gelap yaitu scleropages jardini serta yang mempunyai basic lebih terang yaitu scleropages leichharti.

-->

Sabtu, 06 Juli 2013

Memijahkan Ikan Koi


Memijahkan Ikan Koi (akuariumhias) -Kenapa koi baik demikian mahal ? jawabannya dikarenakan sistem seleksi untuk mendapatkan kualitas koi yang baik amat panjang serta rumit. Dari beberapa ribu anakan koi yang menetas cuma sebagian yang lolos seleksi dalam kelompok koi yang baik. Koi yang mencukupi aturan-aturan spesifik dalam penjurian. koi yang mempunyai spesifikasi standar koi yang baik amat jarang diantara beberapa ribu tosai ( anakan koi ). Koi yang masuk dalam pilihan yaitu koi yang terbaik. Sistem pemijahan koi ( breeding koi )dimulai memilih indukan koi yang baik, mentukan pasangan, setelah itu sistem pemijahan. sesudah sistem pemijahan koi membuahkan anakan koi setelah itu yaitu langkah untuk langkah sistem seleksi dalam beragam ukuran ikan koi. Sistem seleksi dapat membuahkan ikan koi dengan beragam kualitas. koi dengan kualitas terbaik dapat jadi mahal serta jadi pemenang di koi juara. koi yang tidak lolos seleksi jadi koi kualitas show dapat jadi koi kelas kolam ( pond quality ), ornamental quality apalagi kelas sayur.

 

Menentukan indukan koi.

Ikan koi dipilih sebagai induk bila betul-betul berumur yang cukup untuk dipijahkan. umur koi siap untuk dipijahkan lebih kurang dua tahun. idealnya koi betina mesti telah menggendong telur didalam perutnya sepanjang 6 sampai 9 bln.. Disamping itu indukan betina mesti mempunyai postur tubuh yang bagus, dikarenakan indukan betina dapat mempunyai peran yang sangat penting untuk wujud tubuh anakan koi. indukan betina juga idealnya mempunyai ukuran jumbo, lebih kurang 75 cm. indukan jantan mesti mempunyai kualitas kulit serta warna yang cemerlang. ukuran indukan koi jantan dapat lebih kecil dari betina. rasio jantan serta betina yaitu betina 2-3 jantan. Jumlah telur koi lebih kurang 100.000 per kilogram berat tubuhnya. saat koi betina mulai masak telur didalam rongga tubuh mereka dapat terlihat mulai membengkak di sekitar perutnya, bila ditekan perlahan dapat keluar telur-telurnya. pada indukan jantan bila ditekan pada perutnya dapat keluar cairan berwarna putih.

Sistem pemijahan koi

Ikan koi dapat berupaya untuk bertelur bila air dalam situasi hangat, suhu 20 c. koi betina dapat letakkan telur-telurnya pada rumput yang tenggelam di kolam koi atau tanaman gulma sejenis enceng gondok atau substrat buatan. bila tak ada gulma atau rumput yang terendam terendam dalam kolam, maka perlu menambahkan media buatan (kakaban), substrat yang terbuat dari sebagian tali rafia atau ijuk. menambahkan media ini dapat mendorong koi untuk mengeluarkan telurnya. 

Umumnya terbaik untuk memberikan media ini 1 minggu sebelum saat koi bertelur. koi betina dapat menyiapkan diri untuk bertelur pada media namun koi jantan dapat ikuti serta menutupi koi betina untuk membuahi telur yang dikeluarkan. Ikan koi betina terkadang dapat berhenti serta bersihkan segi kolam dalam usaha untuk bersihkan lokasi dimana ia dapat letakkan telurnya. Sepanjang waktu pemijahan diupayakan supaya kondisi lingkungan tenang serta baiknya meninggalkan ikan-ikan sepanjang sistem pemijahan.
 
Disamping itu yakinkan tak ada benda-benda beresiko serta tajam didalam kolam layaknya pot bunga, batu-batuan supaya tidak melukai ikan koi pada waktu pemijahan. berikan perangkat layaknya air mancur serta air terjun dapat menolong merangsang ikan koi mengeluarkan telur-telurnya. ikan betina anda dapat jalan melewati substrat pemijahan, menarik perhatian beberapa ikan jantan, yang dapat senantiasa ikuti pada jarak yang sedekat barangkali. sesudah sebagian waktu, ikan betina dapat letakkan telur ke dalam substrat serta ikan jantan dapat membuahinya. telur mesti dibuahi kurun waktu 20 detik dari waktu ditempatkan pada media, hingga ikan jantan mesti amat dekat serta siap demikian telur dikeluarkan. Sesudah mereka selesai bertelur, betina dapat menggantung kepala ke bawah, serta ikan lain dapat jadi kurang bersemangat. koi mesti segera dikeluarkan dari lokasi pemijahan dengan segera dikarenakan mereka dapat mengonsumsi telur-telur yang dikeluarkan.

Masa inkubasi serta menetas 

Sesudah sistem pemijahan selesai, indukan dipisahkan dari telur, telur-telur dalam masa inkubasi untuk menanti menetas. telur-telur yang telah dibuahi telur dapat menetas dalam 4-5 hari. Burayak koi dengan naluriah dapat melacak perlindungan serta bersembunyi di tiap-tiap penutup yang bisa mereka dapatkan. pada saat awal menetas ini burayak koi dapat makan dari cadangan makanan yang ada dalam telur setelah itu kita dapat berikan kuning telur rebus jadi untuk makanan untuk pertama. disamping itu dapat diberikan juga larva udang atau cacing sutera. cacing sutera merupakan makanan yang bagus serta bernilai tinggi untuk burayak koi.

Sesudah 1 minggu burayak koi dapat diberikan pellet yang berupa pasta atau sebuk-serbuk dari pelet ukuran besar. tak hanya diberi makanan dengan nutrisi tinggi perlu dikerjakan pembersihan kolam dari kotoran, burayak koi yang mati serta amoniak lewat cara menganti air beberapa dengan teratur. sesudah berumur 3 sampai 4 minggu burayak burayak koi dapat tumbuh dengan panjang lebih kurang 5-10 mm serta mulai membutuhkan area yang lebih luas. umumnya burayak pada umur ini dapat ditebar pada kolam lumpur ( mud pond ) atau bak dengan ukuran besar. mud pond merupakan area yang baik untuk perkembangan burayak, dikarenakan makanan alami melimpah ada pada kolam lumpur.
culling koi

Sesudah dipelihara didalam kolam lumpur, bak atau aqurium sepanjang lebih kurang tiga minggu, burayak ikan koi mulai sistem culling serta seleksi yang pertama, burayak berukuran jumbo dipisahkan dengan burayak dengan ukuran lebih kecil. perihal ini ditujukan agar burayak berukuran kecil tidak kalah berkompetisi memperebutkan makanan. dikarenakan koi berkwalitas bagus terkadang ada yang pertumbuhannya terlampau cepat. Ikan koi berukuran jumbo umumnya lebih agresif saat mengkonsumsi makanan. dengan ukuran burayak koi yang seimbang dalam satu kolam, tiap-tiap burayak diinginkan bisa tumbuh dengan maksimal.

Sesudah koi berukuran semakin besar serta mudah untuk dilihat warna serta polanya, mulai dikerjakan beragam seleksi yakni seleksi warna, seleksi wujud, serta seleksi pola warna. burayak dengan ukuran 2 sampai 5 cm telah dikerjakan seleksi warna. burayak koi yang diprediksikan mempunyai warna yang baik dapat dipilih namun burayak yang mempunyai warna yang kurang baik dapat disortir. hasil sortiran ini dimusnahkan sebagai makanan ikan lain atau ternak atau dipelihara jadikan sebagai ikan sayur.

Pada umur 45 hari burayak koi telah meraih ukuran 7-8 cm dikerjakan seleksi pola warna. pada umur ini pola warna lebih mudah untuk dilihat serta diseleksi. pada umur 70 hari sampai 90 hari burayak koi telah meraih lebih kurang 10 cm, warna serta pola ( pattern ) telah makin jelas hingga sistem seleksi jadi lebih mudah lagi. pada fase ini bisa diklasifikasikan koi dalam kelompok grade a, grade b dan sebagainya. burayak koi dengan kualitas punya potensi jadi super diberi makanan spesial yang berkwalitas tinggi digabungkan dengan makanan untuk color enhancher ( menambah kualitas warna ).

Dari beberapa ribu burayak yang menetas dari telur indukan koi berkwalitas cuma sebagian puluh saja yang dapat mempunyai potensi jadi kelas super hingga, harga koi dengan kualitas super amat mahal. walau demikian harga yang mahal sepadan dengan keindahan koi yang menakjubkan.

-->

Selasa, 02 Juli 2013

Ikan Mas Koki Mutiara



Ikan Mas Koki Mutiara (akuariumhias) - Sisik mutiara oleh orang Inggris dikatakan sebagai pearlscale (pearl : mutiara, serta scale : sisik) goldfish. mas koki sisik mutiara amat populer di kelompok umur pengagum ikan hias maskoki, dikarenakan tanda-tanda sisiknya yang khas.

Mas koki sisik mutiara mempunyai warna basic tubuh merah dengan sisik tubuh yang khas. sisik yang nampak pada permukaan kulit bergerigi layaknya buah jagung yang dikupas. Warna sedang sisik putih jernih hingga terlihat layaknya jerawat batu. Dikarenakan jerawat batunya tersebut ia dimaksud sisik mutiara.

Tubuh ikan mas koki mutiara dengan umum berupa bulat gemuk layaknya bola pingpong. siripnya berjumlah 6 buah serta berukuran pendek, tetapi belakangan banyak nampak maskoki sisik mutiara berekor agak panjang. kepalanya serupa kepala ikan mas mengonsumsi, namun lebih pendek.


Berdasar sebagian literatur, mas koki sisik mutiara lahir di china serta temasuk macam type maskoki yang nampak belakangan. masyarakat china menjuluki mas koki ini run chiu yu. tetapi sayang, tidak diketahui dengan jelas asal-usulnya, apakah ikan hias type ini merupakan hasil mutasi silangan.

Ada yang menyebutkan mas koki sisik mutiara tetap satu varietas dengan mas koki fantail ( ekor kipas ). memanglah wujud sirip ekor sisik mutiara ada yang menyerupai fantail. tetapi fakta itu kurang jadikan basic untuk menyebut sisik mutiara sebagai turunan fantail. saat ini banyak ada mas koki sisik mutiara yang mempunyai ekor layaknya mas koki kepala singa ( lionhead ) serta oranda.

-->

Ikan Koi dan Keberuntungan


Ikan Koi dan Keberuntungan

Ikan Koi dan Keberuntungan (akuariumhias) -Perubahan penggemar ikan koi di Indonesia tunjukkan angka kemajuan yang amat cepat. dinaungi APKI (Asosiasi Penggemar Koi Indonesia) saat ini telah mempunyai 22 klub penggemar koi di beragam provinsi yang tersebar di Indonesia.

Sejumlah 19 peternak ikan koi (koi breeder), enam importir ikan koi asal Jepang ( negara asli penghasil ikan type ini ), dan 19 dealer ikan koi. mereka berusaha keras membuahkan jenis-jenis ikan koi terbaik.Adapun sebagian varietas atau type ikan yang populer layaknya corak merah putih dikenal dengan sebutan kohaku, merah putih hitam dikenal dengan sebutan taisho sanshoku maupun dengan pola hitam yang lebih agak dominan dikenal dengan sebutan showa sanshoku, dan corak hitam putih yang dikenal dengan sebutan shiro utsuri, yang mana di golongkan jadi empat besar ( goyungke ) sampai sering jadi primadona dalam tiap-tiap lomba ikan koi di tanah air.

Sebutlah tancho, varietas ini juga cukup dikenal dikarenakan mempunyai pola bulat merah di bagian kepala ikan koi ini saja, perihal tersebut diindentikan dengan bendera kebangsaan negri asalnya sakura ( Jepang ).

Ada lagi karashi serta chagoi, type ikan koi ini dikenal dikarenakan mempunyai warna yang unik yakni kuning ( coklat merah tembaga untuk type chagoi ) tengah keunikan type ikan koi ini yaitu cepat sekali meraih ukuran besar dan lebih jinak, dalam kurun waktu yang relatif singkat dengan rekor pencapaian panjang sampai 100 cm lebih, yang terkadang melalui ukuran panjang ikan koi biasanya.

Ikan Koi dan Keberuntungan

Ikan koi merupakan ikan komune di mana ikan ini hidup dalam satu kesatuan, tidak saling memangsa menyerang satu sama laini. julukan living jewellery lalu di sandangnya dikarenakan keindahan warna, wujud tubuh, dan gaya renang yang elegan ikan koi amat menarik apabila dikaji terus-terusan.

Tidak bisa di pungkiri ikan koi memanglah bisa merubah situasi jadi indah tempat tinggal atau area di mana ikan koi ini di pelihara menuju pada keindahan, keceriaan, dan estetika.

Sebagian tips untuk menentukan ikan koi yang berkwalitas, jika akan beli serta memeliharanya di kediaman ( singgasana ) kita yakni :

1. Seimbang tubuh, perihal termasuk kecocokan / keseimbangan ikan koi dimulai dari mulut ikan sampai ujung ekor, wujud tubuh ideal pada ukuran besar menyerupai torpedo ( kapal selam ) sebagai tujuan akhir.

2. Komposisi warna, warna yang cerah ( terang ) dan serta tajam ( batas warna satu dengan yang lain ) dapat jadikan ikan tersebut “eye catching”, perihal ini mengundang mata kita untuk lihat serta lihat nya kembali.

3. Gerakan atau gaya renang ikan, gaya renang yang elegan turut beri dukungan penampilan ikan koi. perihal tersebut dapat tampak jelas apa apabila meraih ukuran tengah serta besar.

4. Umur serta size ikan, apa apabila kita meminati ikan koi yang berusia 1 tahun, ukuran relatif cukup besar serta di atas rata-rata merupakan pilihan (jumbo tosai) ukuran type ini banyak diminati beberapa pemelihara/pencinta ikan koi ( favorit ), semakin besar semakin bernilai tinggi pastinya.

Saat type (varietas), kualitas, dan ukuran ikan koi sudah dipilih, maka penerapan koi pond atau kolam koi juga amat memastikan. ukuran kolam koi tidak sama – lain sesuai dengan kondisi luas area dimana kolam koi ini dapat diletakkan sesuai dengan wujud serta estetika pastinya.

koi pond ukuran “medium” biasanya digemari hobiis koi. sebagai perumpamaan dengan luas area halaman taman lebih kurang 8m kali 10m, luas koi pond berukuran 3, 5m kali 3, 5 persegi dengan kedalaman air , 5 mtr., dibangun sebagai pelengkap halaman tempat tinggal serta taman dapat jadikan komposisi estetika nan apik. beragam sarana lalu diterapkan sebagai rangkaian pendukung kolam ikan koi yang diminati sesuai design, manfaat, serta rasa aman untuk pemeliharanya.

Diantaranya panel automatic atau pengaturan otomatis, panel otomatis ini diterapkan untuk keperluan back wash kolam koi (pembuangan air dan pengisian kembali) manfaat meraih kualitas air yang baik dan perkembangan ikan koi dalam pemeliharaannya, feeding koi food ( pemberian pakan ikan dengan otomatis ) supaya tidak terlalu berlebih sesuai dengan keperluan pakan ikan koi yang dipelihara, pemusatan aliran listrik pada kolam ikan koi supaya menghindar konsleting (short cut) perihal ini kerap dalami beberapa hobiis sampai menyebabkan fatal pada ikan koi yang paling disayanginya.

Banyak yang ajukan pertanyaan diantara kita, apakah memelihara ikan koi membawa hoki dalam kehidupan karir serta tempat tinggal tangga? jawabannya benar. dikarenakan tentang perihal penempatan koi pond atau kolam koi sudah dari masa dahulu saat. pada zaman kerajaan china dahulu saat, ikan koi sudah dipelihara dalam kerajaan untuk menambah “chi” keberuntungan dan keabadian, perihal ini terkait dengan umur/ umur ikan koi ini bias dikatakan berusia relatif panjang.

Dua perihal yang membawa keberuntungan saat memelihara ikan koi, yaitu penempatan kolam yang diisi air serta corak warna tubuh ikan koi membawa keberuntungan “hoki” pada si pemilik, penghuni rumah/kantor, maupun di mana kolam ikan koi ini dibangun/ditempatkan.

Cuma saja kolam ikan yang dibangun seyogyanya sesuai menurut aturan fengshui, dan kedalaman kolam yang digali tentunya melebihi permukaan kolam yang ada di atas permukaan tanah, layaknya yang tampak dalam photo.

Jumlah ikan koi yang dipelihara dalam kolam biasanya delapan s/d sembilan ekor, di mana memiliki kandungan unsur-unsur pelambangan layaknya, delapan disimpulkan kaya (kemakmuran), namun sembilan memiliki kandungan makna forever (selamanya). unsur air menambah chi atau daya positif dalam gedung yang ditempati, dan melambangan sumber kehidupan yang senantiasa diperlukan oleh manusia serta mahluk hidup yang lain.

Adapun posisi terbaik penempatan kolam koi ada pada kutub barat daya, yaitu 232, 5° - 247, 5° serta kutub barat, yaitu 247, 5° - 262, 5°. posisi kutub barat laut serta barat mengaktifkan kutub logam atau emas.

-->