Minggu, 31 Maret 2013

Mas koki oranda


Mas koki oranda (akuariumhias) -Mas koki oranda yaitu type mas koki yang amat populer di seluruh dunia dikarenakan kecantikannya. di Jepang oranda dikenal sebagi shishigashira, di China disebut dengan hon mao tze.

Di Indonesia,oranda lebih dikenal dengan nama mas koki penser. oranda yaitu type ikan mas koki yang mempunyai ciri ada tonjolan-tonjolan menyerupai buah berry ( raspberry ) yang membungkus kepalanya. tonjolan-tonjolan kepala ( dikenal juga dengan sebutan wen ) ini membungkus nyaris seluruh sisi kepala, jika mata serta mulut. dikarenakan ada tonjolan-tonjolan daging di bagian atas kepala serta segi berwajah inilah yang mengakibatkan oranda jadi di antara ikan mas kaki sangat popular. 


Ciri ini oleh beberapa pencinta mas koki dikatakan sebagai wen. Oranda yaitu ikan koki yang mempunyai sisik berwarna metalik atau matte yang serupa tampilan mas koki veiltail. oranda mempunyai tubuh besar serta panjang, dan ekor yang dapat meraih empat kali lipat panjang tubuh. Ekor berubentuk empat rumbai serta dapat berkontraksi ini umumnya dapat melebar saat oranda berhenti berenang. sisi punggungnya tidak menonjol membentuk punuk layaknya halnya ryukin. 

Pembentukan tonjolan kepala pada benih muda oranda dapat membutuhkan waktu satu hingga dua th. untuk berkembang. oranda dapat meraih ukuran panjang 20-31 cm. satu species oranda dari cina, bernama bruce ( ikuti nama aktor bela diri bruce lee ), bisa meraih panjang 15 inci. Terkadang tonojolan kepala ( wen ) bisa tumbuh menutupi sisi mata, hingga membatasi penglihatan oranda atau apalagi tidak dapat lihat sekalipun. perhatian spesial mesti diberikan pada sisi wen ini, dikarenakan tonjolan kepala ini rawan pada infeksi bakteri. oranda mempunyai toleransi pada suhu berkisar 17-28 ° c. 

Baru-baru ini type oranda bersisik biru sudah dikembangbiakan, namun ikan ini tetap amat jarang. mas koki oranda amat peka pada suhu dingin, melebihi type ikan mas koki yang lain. Bentuk tubuh serta kepala oranda serupa lionhead, namun tubuh oranda sedikit lebih panjang. sirip punggung oranda panjang, namun lionhead tidak mempunyai sirip punggung. dikarenakan nyaris serupa, ada teori menyebutkan bahwa oranda lahir dari kawin silang ( crossbreeding ) pada lionhead dengan fantail. 

Teori itu dibantah matsui, ahli mas koki yang menulis buku goldfish guide. menurut pengalamannya, oranda lahir tidak dari hasil kawin-silang lionhead dengan fantail, namun hasil mutasi dari fantail. tersebut penyebab seluruh oranda mempunyai sirip punggung. bila oranda adalah hasil kawin silang, tentu beberapa dari turunannya ada yang lahir tanpa sirip punggung. 


Oranda mempunyai warna standar oranye cemerlang serta merah. dikarenakan ikan banyak dikawinkan dengan maskoki type lain, saat ini banyak ditemukan oranda yang berwarna di luar merah serta oranye. contohnya, ada oranda berwarna putih, kemerahan, serta hitam. apalagi di china ada oranda biru, coklat, serta biru cokelat. disamping itu juga ada mas koki oranda yang dimaksud veiltail oranda, comet-tail oranda, calico oranda. oranda ada didalam beragam warna tubuh, sangat banyak berwarnna oranye, merah, merah-putih, merah-hitam, hitam, biru, coklat, perunggu, putih atau perak, hitam-putih ( warna panda ), merah-hitam-putih (triwarna), serta warna kaliko.

-->

Mas koki mata balon



Mas koki mata balon (akuariumhias) - Mas koki mata balon ( bubble-eye goldfish ; bubble = balon, serta eye = mata ) dikenal sebagai di antara type mas koki yang cukup disukai di Indonesia. 

Mas koki mata balon lahir pertama kali di China dengan nama shui pao yen. dari China si mata balon lantas menyebar ke negara-negara lain. Mas koki mata balon mempunyai ciri khas, yakni ada gelembung dibawah pelupuk matanya. gelembung terdiri dari kantung diisi cairan yang ukurannya kadang-kadang tidak seimbang hingga kerap pecah serta rusak. 
Rusaknya itu bukan hanya perihal serius dikarenakan sebagian minggu lantas kantung dapat sembuh serta menggelembung layaknya sedia saat. 


Bentuk tubuh mata balon kadang-kadang terlihat layaknya ranchu ( lionhead ), tetapi lebih dekat ke bentuk tubuh mas koki type celestial ( nirwana ). punggung datar tanpa sirip, sirip ekor yang memanpanjang. warna tubuhnya kuning atau oranye dengan sedikit pucat metalik. tidak diketahui dengan jelas apakah mas koki mata balon adalah hasil mutasi atau kawin silang. ikan mata balon diperkirakan lahir dari indukan mas koki celestial.

Jumat, 29 Maret 2013

Kenapa ikan hias sering mati ?



Kenapa ikan hias sering mati ? (akuariumhias) -Bagi para pecinta ikan hias,merawat dan memelihara ikan hias amatlah sulit apalagi bagi para pemula, banyak faktor yang harus diperhatikan untuk tetap bisa menjaga agar ikan hias kita tetap hidup sehat dan keindahan nya dapat terus dikagumi.

Lantas kenapa ikan hias kita sering mati ?, berikut 5 penyebab utama dari kematian ikan hias :

1. Kelaparan
Banyak ikan yang kerap kelaparan dikarenakan makanan yang di berikanlah tidak sesuai maupun tidak sesuai dengan waktunya.

2. Perbedaan di suhu serta ph
Banyak yang yakin cuma pada suhu namun pergantian pada ph juga dapat bikin kestabilan saat menjaga akuarium kita.

3. Parasit serta penyakit
Banyak ikan yang harus diperhatikan sebelum saat di masukkan kedalam aquarium kita, banyak ikan liar yang belum pernah di sterilkan tetapi telah segera di masukkan ke didalam akuarium kita hingga menyebabkan fatal pada ikan ikan yang lain.

4. Ikan yang tidak sesuai.
Bila yang di berikanlah yaitu ikan pemangsa maka dapat merubah isi didalam akuarium kita dengan ikan yang sesuai. banyak yang tidak pelajari ikan yang sesuai tetapi terus di peliharan didalam satu akuarium

5. Air yang tidak bagus.
Tentunya air adalah elemen sangat mutlak yang harus di jaga. dengan keseimbangan melindungi air yang kerap di ubah, meng filter air dengan baik, mineral yang sesuai, ph yang seimbang maka ini dapat bikin air kita jadi bagus serta ikan yang lebih sehat

-->

Rabu, 27 Maret 2013

Mas koki fantail


Mas koki fantail (akuariumhias) -Mas koki fantail yaitu mas koki yang dicirikan dengan ekornya yang menyerupai kipas, Oleh dikarenakan itu dimaksud juga sebagai mas koki ekor kipas. Mas koki asal Jepang ini oleh pengagum mas koki di luar jepang kerap dimaksud dengan japanese fantail. 

Type mas koki ini aslinya datang dari China, serta pertama kali masuk ke Jepang melewati kepulauan ryukyu ( gugusan pulau punya jepang terdapat diantara taiwan serta jepang ). dari ryukyu, mas koki ini dibawa ke kagoshima lebih kurang th. 1772-1781. dikarenakan dikira datang dari ryukyu, penduduk jepang menyebut mas koki ekor kipas ini ryukin. 

Di jepang, fantail menempati urutan ke-2 sebagai maskoki tersohor sesudah lionhead ( mas koki kepala singa ). tubuhnya pendek serta berupa bulat layaknya telur. ekornya bersirip kembar serta berupa mekar memanjang menyerupai ekor mas koki veiltail ( mas koki tosa = mas koki ekor rumbai ). Mempunyai sirip punggung berbenutuk tegak. ada tiap-tiap dua sirip dada serta sirip anus. belakangan ini di pasaran banyak ditemukan mas koki fantail dengan bentuk ekor yang pendek. 

Maskoki ini adalah type yang umum sekarang ini. mas koki fantail type ini sudah banyak dibudidayakan serta terhitung type mas koki yang mudah dijual. tak hanya fantail berekor pendek, di lokasi yamagata, jepang, sudah lahir type mas koki fantail berekor tunggal, menyerupai ekor ikan mas atau mujair. maskoki type baru ini sering dimaksud yamagata, dikarenakan lahir di yamagata. keunggulan dari mas koki ini yaitu tahan hidup pada air bersuhu lebih rendah. sepanjang pemeliharaan mas koki fantail amat pas diletakkan di kolam taman atau kolam halaman belakang tempat tinggal.


Selasa, 26 Maret 2013

Ikan rainbow dari papua



Ikan rainbow dari papua (akuariumhias) -Ikan rainbow adalah ikan dari grup rainbowfish yang datang dari Papua ( Indonesia serta Papua nugini ) serta sisi utara Australia yang memiliki ciri khas sirip yang panjang. Di alam aslinya, ikan ini banyak didapati di rawa – rawa. 

Ikan rainbow mempunyai panjang tubuh 4 – 5 cm, namun belum terhitung ekornya yang panjang. ikan ini berwarna abu-abu keperakan, biasanya jantan dapat lebih berwarna menarik di banding betina, disamping itu, jantan juga memiliki sirip yang semakin besar, panjang serta menyolok di banding betina.

Ikan rainbow jantan kadang-kadang memiliki sirip punggung kemerahan atau kekuningan, begitupun pada pangkal ekornya. threadfin rainbowfish yaitu ikan tropis yang hidup pada situasi air dengan ph 6 – 7 serta suhu 23 – 290c. ikan ini berbentuk omnivora dengan mulut yang amat kecil, biasanya mengonsumsi mikro larva, anakan udang, microworms, crustaceae kecil serta makanan hidup kecil yang lain. threadfin rainbowfish hidup dengan berkelompok dengan jumlah bagian 6 ekor atau lebih. 


Tehnik breeding bisa dikerjakan cukup mudah di akuarium dengan tangki breeding yang dirancang dengan banyak tanaman ( layaknya java moss ) serta pangan hidup. ikan jantan dapat melingkari betina serta dapat menarik perhatian betina dengan langkah melebarkan sirip punggungnya hingga tampak amat menarik. sepanjang sistem bertelur, betina dapat mengeluarkan mini telur serta meletakkannya di tanaman. 

Sesudah sistem bertelur selesai, pisahkan tanaman tersebut ke tangki lain membuat perlindungannya dari predator. telur dapat menetas sesudah 8 – 12 hari. anak ikan yang baru menetas amat peka pada mutu air, serta mereka dapat mengonsumsi kuning telur mereka hingga mereka cukup dapat mengonsumsi mangsa yang semakin besar.



Senin, 25 Maret 2013

Melatih ikan cupang hias



Melatih ikan cupang hias (akuariumhias) -Sempatkah didalam benak anda terbayang jadi juara kontes cupang ? bila dulu, bermakna anda mempunyai harapan positif yang mungkin terwujud. harapan ini yang dapat memompa anda untuk lebih kreatif serta berupaya keras untuk mewujudkannya. pasalanya, juara didalam satu perlombaan tidak tercipta dengan kebetulan.
Ikan cupang tetap tempati primadona kontes ikan hias. sejak kemunculannya di ranah dunia ikan hias, cupang tetap ramai diperlombakan didalam beragam kontes, baik tingkat lokal ataupun nasional. pengagum ikan cupang juga semakin hari makin meningkat. apalagi, sudah terbentuk organisasi-organisasi yang mewadahi pengagum serta aktivitas sekitar ikan cupang, dimulai dari tingkat tempat, nasional, sampai internasional.
Karena, mempunyai ikan cupang laksana aset emas yang dapat mendatangkan keuntungan besar, serta bukan sekedar sebatas hobi. aset emas disini adalah saat ikan cupang yang dimiliki jadi sumber kreativitas saat meningkatkan mutu tampilannya. bila tampilannya telah sempurna hingga layak turut kontes, disinilah peluang jadi jawara terbuka. serta, bila anda jadi pemenangnya, sudah pasti cupang anda jadi bernilai emas.

Walau demikian, jadikan seekor cupang jadi jawara kontes tidaklah semudah membalik telapak tangan. diperlukan kejelian memilih bakalan serta kecermatan perawatannya. bakalan yang baik, kemungkinannya semakin besar untuk meraih mutu kontes. bila bakalannya buruk, harapannya amat kecil, walaupun memperoleh perawatan maksimal.


Didalam perawatannya, ikan cupang harus memperoleh perlakuan spesial sesuai cii-ciriistik serta kebutuhannya. contohnya, pengaturan air, pakan, pengendalian hama penyakit, serta kursus mental. pakan alami yang disukai ikan cupang, diantaranya jentik nyamuk, kutu air, serta cacing dara. suplemen tambahan juga butuh diberikan untuk mencukupi keperluan nutrisinya.

Mutu air yang tidak sesuai dengan keperluan cupang dapat jadi sumber penyakit. tingkat keasaman ( ph ) standar untuk ikan cupang lebih kurang 6. 2 - 7. 5. namun kesadahannya, 5 - 12 dh serta suhunya 25 - 30 derajat celcius. sesaat itu, penyakit bakterial yang sering menyerang cupang diantaranya, velvet, bintik putih, serta penyakit busung. penyakit-penyakit ini butuh dikerjakan serius supaya cupang tumbuh sehat.
Setelah itu, bagaimana langkah memperoleh pakan-pakan alami serta mekanisme pemberiannya ? pengendalian sebagian penyakit yang kerap menyerang cupang ? bagian apa saja yang harus dikerjakan saat merawat serta melatih cupang ? persyaratan apa saja yang dinilai didalam kontes cupang ?

Buku mencetak cupang jawara kontes terbitan agromedia pustaka ini berikan info seluruh keperluan anda untuk menciptakan cupang yang paling disayangi jadi jawara kontes. dimulai dari kajian sekitar prospek ikan cupang, mengetahui morfologi serta tingkah laku cupang, beberapa jenis pakan bergizi kesukaan cupang, pengendalian hama serta penyakit, sampai menjaga serta melatih cupang.


Untuk melatih pernafasan umumnya beberapa pemain lakukan tehnik yang biasa dimaksud menjantur. jantur yaitu wadah/ akuarium yang agak kecil namun mempunyai tinggi yang cukup lumayan, anda dapat menggunakan janturan berukuran 20x20x100cm. masukkan air kedalam janturan yang sudah disediakan isinya setinggi 90cm. sesudah itu masukkan cupang aduan. sesudah itu siapkan sesuatu toples kecil untuk memasukkan ikan yang dapat jadi laih tandingnya antar toples. beri jarak pada 3 hingga 5 cm. gunanya letakkan toples kecil diisi cupang yaitu supaya ikan didalam janturan akan turun kebawah supaya ikan dapat memperoleh tekanan air yang semakin besar.




-->

Minggu, 24 Maret 2013

Ikan hias termahal di dunia


Ikan hias termahal di dunia (akuariumhias) -Sebagian orang berasumsi bahwa ikan hias yaitu hewan peliharaan yang sangat prima. dikarenakan ikan hias sebagai hewan peliharaan tidak bikin berantakan, tidak bau, tidak bikin kebisingan, tak perlu diajak berjalan-jalan serta kita bisa meletakkan banyak hewan peliharaan ini di ruangan yang sama tanpa butuh cemas tempat tinggal kita dapat “diacak-acak”. Apalagi kita tak perlu “terlalu serius” menjaga mereka. Walau demikian, sudah pasti kita dapat lebih dapat berikan ekstra perhatian jika yang menghuni akuarium kita yaitu ikan hias termahal didunia. 

Kalian tentu mau tahu apa type ikan hias termahal didunia tersebut. Ikan hias sangat mahal didunia ini yaitu type arowana platinum berukuran 15 inchi yang dimiliki Aro Dynasty, seorang pembenih ikan hias, terutama ikan naga (baca : polypterus dengan kata lain ikan naga) serta arowana, yang tinggal di Singapura. Ikan naga serta arowana memanglah terhitung golongan ikan hias termahal. ikan hias termahal ini mempunyai kekhasan, yakni warna tubuhnya yang keputihan, adalah dampak mutasi yang sangat langka diantara type arowana. 

Perihal lain sebagaikan arowana platinum tersebut jadi ikan hias termahal yaitu kesempurnaan yang dimilikinya, yakni tak adanya bintik-bintik putih atau warna lain pada tubuhnya. kekurangan dari arowana termahal didunia ini, yang disebut kekurangan dari seluruh type arowana, yaitu matanya yang menghadap ke bawah. walau demikian tetap harus perihal ini tidak kurangi nilainya.

Sebagaikannya ikan hias termahal didunia. sekali lagi situasi ini yaitu problem umum pada arowana, hingga banyak pemelihara serta pencinta arowana bersedia membayar mahal untuk dikerjakan ‘bedah plastik’ untuk arowana mahal mereka. bukti bahwa platinum arowana punya Aro Dynasty yaitu ikan hias termahal, dikarenakan dulu ditawar seharga US$ 80, 000 ( + Rp 760. 000. 000, - ), apalagi seorang importir ikan hias dari Inggris dulu menawarnya dengan harga £200, 000 atau lebih kurang rp 2, 87 milyar. Namun sayangnya ikan hias sangat mahal ini tidak untuk dijual. walau kita cuma bisa memikirkan mempunyai ikan hias termahal ini, namun sebagian orang pantas berbangga atakan mereka dulu lihat ikan hias sangat mahal didunia ini pada pameran aquarama 2007.


-->

Ikan mas koki Lionhead



Ikan mas koki Lionhead (akuariumhias)  -Di jepang, mas koki lionhead adalah di antara strain dari ranchu. strain mas koki inilah yang dikira rajanya maskoki, apalagi dijuluki mas koki sangat ganteng. Mas koki ranchu sendiri tercatat telah ada di jepang sejak th. 1704. Di indonesia lionhead ini dimaksud kepala singa (dikarenakan bentuk kepalanya yang menyerupai singa), atau ranchu. 

Lionhead ciri khas mas koki lionhead, pada punggungnya tidak ada sirip. karena cuma ada 5 sirip saja di tubuhnya, namun maskoki normal mempunyai 6 sirip. Sepasang sirip dada serta sepasang sirip perut pendek serta kecil. sirip ekor pendek serta rapi mekar. Mekarnya sirip ekor berupa layaknya telapak tangan yang dibalikkan. sosok tubuh lionhead pendek, berupa bulat lonjong serupa telur dengan warna emas metalik. punggung terlihat sedikit cembung, Serta melengkung pada ekor. tubuh lionhead berwarna emas metalik. tetapi saat ini banyak ditemukan di pasaran, mas koki lionhead berwarna hitam, putih, serta gabungan merah putih. 

Lionhead kepala lionhead berjambul lembut yang lazim dimaksud rudung. warna rudung merah atau oranye. bentuk serta keutuhan rudung merubah keindahan ikan koki lionhead dengan keseluruhan. Ranchu strain lionhead yang bagus mempunyai rudung yang menutup sekujur kepala, pipi, tutup insang hingga batas leher. demikian lebatnya rudung bikin muka lionhead seakan-akan bengkak. mata tampak cekung, mulut menciut ke didalam. tampilannya dengan total terlihat menggemaskan. lionheadranchu strain lionhead diperkirakan lahir dari hasil mutasi mas koki ranchu strain maruko, yaitu di antara dari mutasi mas koki wakin (common goldfish). 

Dengan demikan lionhead adalah turunan ke-2 dari mutasi wakin. menurut naskah kuno yang ditemukan, diketahui bahwa lionhead yang masuk ke jepang datang dari china. dikenal empat type mas koki ranchu. tak hanya ranchu lionhead ( kepala singa ), ada juga maruko ranchu, osaka ranchu, serta nankin ranchu. lionheadberdasarkan “silsilah mas koki”, ranchu osaka, ranchu nankin, serta ranchu kepala singa lahir dari mutasi ranchu maruko. Karena ranchu maruko adalah cikal-bakal kehadiran macam-macam ranchu lain. ranchu maruko adalah mutasi dari wakin. ranchu maruko tidak sama dengan ranchu lionhead dengan kata lain kepala singa. bentuk tubuh ranchu maruko memanglah seperti ranchu kepala singa, namun bentuk kepalanya sekalipun tidak sama. bila kepala singa berjambul menyerupai sisi empat, maka bentuk kepala maruko lancip serta tidak berjambul. 


Dengan total tampilan ranchu maruko bukan hanya tandingan lionhead. tersebut penyebab maruko kalah pamor dari lionhead. saat ini maruko telah jarang dipelihara orang. lionheadseperti halnya lionhead, ranchu osaka juga adalah mutasi dari mas koki ranchu maruko. bentuk tubuh ranchu osaka bulat gemuk serta lebih pendek dari lionhead. kepala berupa lancip serta tidak berjambul. warna tubuh mas koki terdiri dari gabungan pada merah serta putih. ekor pendek bersirip sepasang, membentuk ekor pesawat. saat berenang, ranchu osaka bergerak khas ke kanan serta ke kiri. sekarang ini ranchu osaka telah tidak dikenal orang. dulu sebelum saat lionhead ada, mas koki type osaka dulu merebut hati pengagum mas koki.
Ranchu nankin juga lahir dari mutasi ranchu maruko. bentuk basic tubuhnya normal memanjang layaknya wakin. kepala kecil serta lancip tanpa jambul. warna tubuh putih dengan gabungan merah pada ujung mulut, tutup insang, serta sirip-sirpnya. dikarenakan warnanya yang khas itu, mas koki ranchu ini oleh pengagum ikan hias di jepang dimaksud rokurin. ranchu ini cuma diternak masyarakat di lokasi shimane, jepang.

-->

Kamis, 21 Maret 2013

Pemijahan ikan guppy



Pemijahan ikan guppy (akuariumhias) -Pemeliharaan guppy didalam aquarium bisa dikombinasi dengan guppy atau ikan hias type lain. ukuran aquarium yang dipakai sesuai dengan tiap-tiap. yang mutlak ukurannya sesuai dengan jumlah ikan yang ada didalamnya. sebagai patokan guppy yang dipelihara tanpa campuran ikan lain bisa dipakai aquarium berukuran 40 kali 40 kali 60 cm untuk lebih kurang 50 ekor. bila dipelihara dengan ikan yang lain mesti semakin besar contohnya 100 kali 40 kali 60 cm.

Fasilitas penunjang aquarium layaknya filter serta lampu flourescence mesti ada. aquarium juga diberi dekorasi berbentuk dekorasi biotik (menggunakan tanaman hidup layaknya tanaman air) atau dekorasi abiotik (benda-benda mati layaknya pasir, batu kerikil kecil, karang, patung, kincir air serta tanaman imitasi).
 
Mutu air
Air yang dapat dipakai baiknya diendapkan serta diaerasi terlebih dulu sepanjang 2 hari supaya terbebas dari zat-zat beresiko. guppy dapat hidup dengan baik pada air bersuhu 25-28 derajat celcius dengan ph 7, 5-8. pada kisaran angka tersebut guppy amat bernafsu makan serta perkembangan ekornya dapat optimal. disamping itu guppy dapat mati bila ph air aquarium amat asam ( 5 ) atau amat basa ( 9 ).

Supaya kebersihan terus terjaga, sistem penyaringan didalam aquarium guppy mesti betul-betul dirancang dengan baik. media penyaringan bisa berbentuk under gravel atau sistem penyaringan di luar aquarium gunakan pompa. pompa yang dipakai untuk mendistribusikan air ke saat media penyaringan baiknya tidak terlampau besar, untuk menghindar guppy tidak tersedot. sesaat itu, untuk melindungi kualitasnya, air aquarium guppy mesti diganti tiap-tiap 1 minggu sekali.

Pemberian pakan
Pakan alami yang didapatkan untuk guppy yakni cuk ( jentik nyamuk ), kutu air, cacing sutra, serta cacing darah. uuntuk pakan buatan yakni pelet halus spesial guppy yang dapat didapatkan di toko ikan hias.

Pengendalian penyakit
Jamur mulut
Gejalanya yaitu nampak area berwarna putih di lebih kurang mulut guppy, lama kelamaan mulut guppy dapat memutih layaknya spon. bila dilewatkan guppy dapat mati. penyembuhan memberikan aeronomicnya sejumlah 250 gram per 20 liter air aquarium.

Jamur mahkota

Gejalanya yaitu timbulnya spons berwarna putih pada kepala guppy. serangan penyakit ini bisa membunuh guppy kurun waktu 3 hari. penyembuhan dikerjakan memberikan aeronomicnya sejumlah 100 gram per 10 liter air aquarium.


Jamur pada sirip serta ekor
Tanda-tanda ditandai dengan timbulnya warna abu-abu serta luka gores pada ekor serta sirip. supaya penyakit ini tidak berkembang suhu air mesti dinaikkan gunakan heater sampai meraih 23 derajat celcius. penyembuhan memberikan 2 cc methylene blue ke didalam aquarioum berukuran 40 kali 40 kali 60 cm.

Jamur pada insang
Serangan jamur ini mengakibatkan warna insang guppy jadi lebih merah dari umumnya serta tutup insang terangkat hingga insang tampak dengan jelas, tubuh guppy jadi kurus. penyembuhan dikerjakan memberikan larutan gabungan aeromicyn sejumlah 100 gram serta terramicyn sejumlah 100 gram ke didalam 20 liter air aquarium.

Penyakit tubercolusis

Penyakit ini dikarenakan oleh bakteri mycobacterium piscium. penyakit ini menyerang waktu guppy didalam situasi lemah akibat mutu serta pakan jelek. gejalanya yakni tubuh guppy tampak kurus. penyembuhan memberikan terramicyn dengan dosis sesuai panduan pada kemasan.

Kutu ikan
Penyakit ini dikarenakan oleh parasit copepoda. guppy yang diserang dapat jadi lemah serta tidak mempunyai nafsu makan. penyembuhan dikerjakan memberikan 4 tetes kalium permanganate ( pk ) ke didalam 20 liter air aquarium per minggu. kurun waktu 3-4 minggu umumnya penyakit kutu ikan ini telah dapat sembuh.

Rabu, 20 Maret 2013

Pemijahan ikan discus


Pemijahan ikan discus (akuariumhias) -Kekayaan hayati Indonesia telah banyak dikenal. Didalam usaha ikan hias dunia, product indonesia dikenal mempunyai banyak spesies, baik ikan hias air tawar ataupun ikan hias air laut. dari 1. 100 spesies ikan hias air tawar yang ada didunia, 400 spesies diantaranya datang dari indonesia. potensi ini membanggakan dikarenakan dengan demikian indonesia dikenal sebagai produksi ikan hias terbesar didunia.

Pada waktu ini peminat ikan hias terus jadi tambah serta makin menyebar ke seluruh susunan penduduk. walau kekuatan daya belinya beragam, penduduk perkotaan di indonesia melengkapi rumahnya dengan akuarium-akuarium yang diisi bermacam ikan hias di antaranya ikan discus. ikan discus ( symphysodon discus ) ini mempunyai habitat asli di rio negro serta perairan tenang sungai amazon. karakternya omnivora. gerakannya amat halus. ikan ini lalu populer sebagai king of aquarium. dimaksud discus dikarenakan wujud tubuhnya bulat layaknya cakram.


Ada empat spesies ikan discus yang dibudidayakan, meskipun seluruhnya dikatakan sebagai discus, yakni heckel discus ( symphysodon discus ), brown discus ( symphysodon aequifasciata axetrodi ), green discus ( symphysodon aequifasciata aequifasciata ), serta blue discus ( symphysodon aequifasciata haroldi ). oleh dikarenakan penggemarnya amat banyak, kreativitas peternak serta hobiis amat dibutuhkan untuk memunculkan varietas baru yang semakin bagus. sampai sekarang ini masih banyak varietas discus, diantaranya red pigeon, marlboro, brown discus, serta cobalt.

Discus yang di juluki ratu ikan hias air tawar ini sudah mengawali perjalannya dari habitat aslinya ke aquarim di tempat tinggal kita. aslinya ikan ini datang dari pedalaman rimba amazon, brazil yang populer kaya dapat bermacam species tumbuhan serta binatang. discus yaitu di antara ikan hias air tawar yang banyak yang berminat. mengenai sistematikanya ada sedikit perbincangan, beberapa orang mengklaim menurut area asal, warna serta wujud luarnya.

Ikan yang berupa layaknya kue dadar ini di lengkapi dengan keindahan warna serta wujud tubuhnya. bila biasanya ikan hias memiliki wujud tubuh memanjang, discus tidaklah demikianlah. wujud discus unik layaknya cakram atau kue dadar. warnanya amat unik serta manarik cocok dengan strain serta keturunannya.

Ciri serta karakter
Ikan discus biasanya mempunyai ciri khas layaknya pada wujud tubuh yang pipih bundar serupa ikan bawal. warna basic yang coklat kemerahan serta mempunyai garis berombak beragam rupa tidak teratur dimulai dari dahi hingga perut. pada kepala serta tubuhnya terpotong sembilan garis tegak. tiga diantaranya terlihat jelas, tengah sisanya samar-samar. ciri mencolok yang membedakan dari kerabat dekatnya yaitu dari matanya yang senantiasa berwarna merah serta garis sedang tubuhnya sangat besar 15 cm.

Discus terhitung ikan yang bertubuh cantik. diantara ikan hias yang lain, ikan ini terhitung ikan yang pemalu serta tenang serta mempunyai gerakan yang lambat. ikan discus jantan tambah lebih gesit dibanding ikan discus betina. karakter ikan ini amat unik, yakni telur serta larvanya tidak bisa dipisahkan dari induknya. oleh dikarenakan itu, telurnya tidak dipisahkan dari induknya serta dilewatkan menetas didalam wadah pemijahan. telur-telur tersebut dapat menetas kurun waktu 2-3 hari. larva ini selalu melekat pada induknya sampai berusia 1 minggu.

Meskipun ikan ini populer dengan karakternya menjaga telur serta anaknya, tetapi ada juga induk yang mengonsumsi telurnya sendiri. sesaat larva yang telah dapat berenang tak lagi dimakan induknya. oleh dikarenakan itu, umumnya peternak berikan sekat untuk membatasi induk dengan telurnya. sekat tersebut terbuat dari kawat halus yang dilingkarkan ke sarang. ada sekat ini mengakibatkan induk tidak bisa meraih telurnya.

Penentuan induk
Penentuan induk mesti pas supaya anak yang dihasilkan berkwalitas serta bernilai jual tinggi. induk yang baik mesti tanpa cacat, sehat, terlihat aktif, memiliki bentuk seimbang, ukurannya terbesar diantara grup umurnya, gemuk, mulutnya relatif besar, serta berusia kian lebih 1 tahun. Induk discus amat sulit dipaksakan berpasangan hingga umumnya dilewatkan menentukan pasangannya sendiri didalam grup calon induk. apabila telah terlihat berpasangan dengan terus berenang berbarengan maka pasangan induk tersebut bisa dipisahkan dari grupnya.

Membedakan induk jantan serta betina
Membedakan discus jantan serta betina dapat lebih mudah dikerjakan bila kita dihadapkan dengan sekumpulan calon induk yang dibesarkan berbarengan serta datang dari wadah yang sama. didalam sekumpulan itu, discus jantan biasanya mempunyai postur tubuh yang semakin besar dengan wujud forehead lebih kekar atau kasar. sesaat itu, discus betina biasanya berukuran lebih kecil dengan wujud forehead lebih halus.

Membedakan kelamin discus dipandang dari betuk mulut serta hidung. pada discus dewasa, betina mempunyai bibir yang simetris, sama besar pada bibir atas dengan bibir bawahnya. namun discus jantan, bibir atasnya lebih menonjol. bila lihat hidungnya, maka jantan memiliki wujud agak bengkok, berbeda dengan betina yang hidungnya berupa lurus. dipandang dari lebih kurang sirip dubur, pada discus jantan rata-rata lurus namun pada discus betina memiliki bentuk membulat. lihat gerakannya, discus jantan memiliki pergerakan yang lebih agresif dari discus betina.

Langkah lain untuk membedakan jantan serta betina yaitu dengan lihat alat kelamin genitalnya. discus betina mempunyai organ genital yang berupa lonjong dengan ujung menumpul atau berupa elips. discus jantan berupa bulat dengan panjang lebih kurang 1, 5 mm.

Tanda-tanda ikan discus siap pijah
ikan discus yang siap mijah biasanya ditandai memisahkan diri dari rekan-rekannya didalam satu wadah pemeliharaan. ikan discus tergolong ikan yang setia pada pasangannya, dikarenakan itu ikan discus tidak dapat dipijahkan tak hanya dari pasangannya tersebut.
pasangan ini lantas kita pisahkan di tempat tersendiri serta terus dilihat. pasangan yang lengket terus telah cukup sebagai jaminan bahwa mereka jantan serta betina. calon induk jantan mesti berusia 15 bln., namun induk betina berusia 12 bln. hingga layak untuk dipijahkan.

Area pemijahan
Pemijahan discus telah bukan hanya problem lagi untuk peternak ataupun hobiis. tetapi, dikarenakan harga nya mahal serta banyak penggemarnya maka pemijahannya baiknya dikerjakan dengan seksama. umumnya discus dipelihara didalam akuarium, demikian juga didalam sistem pemijahannya. wadah yang di pakai untuk memijahkan ikan discus berbentuk akuarium dengan ukuran 60 kali 50 kali 50 cm untuk satu pasang induk. air untuk pemeliharaan serta pemijahan mesti jernih dengan suhu berkisar pada 28-300c dengan ph 5-6.

Tak hanya factor air, kandungan oksigen juga mesti di perhatikan, kandungan oksigen yang berlimpah amat diperlukan. untuk memperolehnya dipakai aerator yang bertugas mensuplai oksigen kedalam air pemeliharaan. dikarenakan karakter telur discus melekat, maka area telur yang harus disediakan yaitu pecahan genteng, pot serta pralon diameter 4 inci yang dipasang tegak di dalam akuarium setinggi air didalam akuarium. untuk area telur ini mesti di permukaan benda yang licin, yang dibersihkan terutama dulu.

Pemijahan ikan discus
Sistem pemijahan ikan discus diawali dari penentuan bibit indukan yang baik dengan kriteria ; tidak cacat, aktif, sehat, berusia kian lebih 1 th. serta ukuran badannya seimbang. umumnya ikan discus dapat menentukan sendiri pasangannya, serta sesudah mendapatkan pasangannya baru pasangan ikan discus jantan serta betina itu dipisahkan dari grup dengan diletakkan di aquarium pemijahan. sistem pemijahan umumnya berlangsung sepanjang 2 minggu serta didalam 1bulan ikan discus betina mulai bertelur.

Penetasan telur
Sarang telur umumnya dibikin dari potongan paralon yang ditempatkan di sudut atau sedang akuarium pada posisi berdiri. layaknya halnya ikan lain, induk discus lalu dapat bersihkan sarangnya sebelum saat letakkan telur-telurnya.

Karakter ikan ini amat unik, yakni telur serta larvanya tidak bisa dipisahkan dari induknya. oleh dikarenakan itu, telurnya tidak dipisahkan dari induknya serta dilewatkan menetas didalam wadah pemijahan. telur-telur tersebut dapat menetas kurun waktu 2-3 hari. larva ini selalu melekat pada induknya sampai berusia 1 minggu.

Umumnya larva dapat mulai berenang sesudah berusia 1 minggu. meskipun telah dapat berenang, tetapi larva tersebut dapat kerap melekat pada induknya sampai berusia 21 hari. sebagian ahli mengatakan bahwa larva discus tersebut mengonsumsi lendir yang keluar dari tubuh induknya atau kerap dimaksud menyusu pada induk. ada juga ahli yang yakin bahwa larva ini diberi pakan melewati mulut induknya.

Meskipun ikan ini populer dengan karakternya menjaga telur serta anaknya, tetapi ada juga induk yang mengonsumsi telurnya sendiri. sesaat larva yang telah dapat berenang tak lagi dimakan induknya. oleh dikarenakan itu, umumnya peternak berikan sekat untuk membatasi induk dengan telurnya. sekat tersebut terbuat dari kawat halus yang dilingkarkan ke sarang. ada sekat ini mengakibatkan induk tidak bisa meraih telurnya.

Pemeliharaan larva serta anakan ikan discus
Ada perihal yang unik dari ikan discus, telur-telur yang dihasilkan sesudah menetas jadi larva dapat melekat pada tubuh induknya untuk mengonsumsi lendir dari tubuh induknya. telur-telur ikan discus biasanya menetas sesudah berusia 2 – 3 hari. anakan ikan discus dilewatkan melekat pada tubuh induknya hingga berusia +- 1 bln.. sesudah umur 1bulan anakan ikan discus dipisahkan untuk diletakkan didalam aquarium pembesaran. satu indukan ikan discus umumnya dapat membuahkan telur lebih kurang 100 buah didalam sekali sistem pemijahan.

Pakan ikan discus
Di alam liar, ikan discus adalah omnivora oportunistik yang mengonsumsi inverterbtara dan tumbuhan. waktu mereka makan, mereka dapat mengulum makanan mereka, meludahkannya, lantas menangkapnya kembali lalu menelannya. dengan umum discus tidak punya kriteria makan spesial. mereka dapat tumbuh cuma dengan makanan ikan biasa yang kaya protein. walau demikianlah, discus terkadang berlaku hati-hati pada makanan baru, mereka telah biasa menentukan untuk tidak makan berhari-hari dari pada mengkonsumsi makanan baru. sesudah berpuasa lebih kurang sebulan, biasanya discus dapat terima makanan baru demikian saja, tetapi periode waktu tersebut pasti dapat menghalangi pertumbuhannya.

Metode “membuat kelaparan” ini tidak dianjurkan untuk memaksa discus makan suatu hal. baiknya, campur makan baru tersebut dengan makanan yang pada mulanya sudah disukai discus. bersamaan dengan waktu, discus dapat mulai terima makanan baru tersebut serta makanan lamanya dapat dihilangkan.

Hati sapi atau babi kerapkali diberikan pada discus manfaat memperindah warna tubuhnya dan mempercepat pertumbuhannya. walau demikianlah, sebagian orang yang memikirkan dampak periode panjang dari pemberian protein mamalia pada ikan mulai menggeser rutinitas itu. mereka ganti hati sapi atau babi itu dengan diet berbentuk krill, yaitu satu krustasea mirip-udang. sesungguhnya discus suka mangsa yang hidup serta berukuran kecil, lantas makanan tersebut pas bila diberikan didalam periode panjang. tak hanya krill, makanan lain yang disukai discus yaitu cacing hitam, cacing darah, udang air asin, serta larva nyamuk. perihal yang butuh di perhatikan waktu berikan mangsa hidup yaitu kemungkinan ada parasit dan bakteri pada mangsa tersebut. untuk alasan ini amat dianjurkan untuk tidak berikan cacing tubifex hidup sekalipun, dikarenakan praktis menyingkirkan seluruh bakteri dari tubuh mereka adahal perihal yang tidak barangkali. dianjurkan untuk beli makanan hidup di pengecer akuarium, serta bila akan berikan tubifex lalu, pastikan balok-balok tubifex freeze dried dikarenakan seluruh parasit serta bakteri sudah mati didalam sistem ini.

Bila makanan hidup tidak ada, makanan buatan juga bisa. baiknya tentukan makanan berupa granula berkwalitas tinggi. makanan berupa serpihan ( flakes ) juga bagus tetapi yang berupa granula dapat menahan vit., mineral, serta beragam unsur kelumit yang lain dengan tambah baik daripada serpihan. telur ikan discus mesti diberi makan cacing darah beku, hati sapi, tetra color bits, udang air asin ( hidup/beku ), atau cacing putih hidup. bila berikan makan hati sapi, cermati supaya tidak ada sedikitpun yang tersisa dikarenakan itu dapat mengotorkan air dengan segera. tubifex atau cacing hitam hidup tidak bisa diberikan pada discus kapanpun, dikarenakan mereka dapat menghadirkan parasit ke didalam tengki.

Meskipun pakan dari larva datang dari induknya, tetapi dapat tambah baik lagi dapat tambah baik lagi ditambahkan nauplius artemia atau kutu air saring. apabila larva telah pisah dari induknya, pakannya bisa diganti dengan kutu air besar. tetapi, mutu pakan tersebut mesti diperhatikan, terlebih pakan dari alam supaya ikan terhindar dari penyakit. discus berusia sebulan atau lebih telah dapat di beri pakan cacing sutera, cacing darah, atau jentik nyamuk. apalagi peletpun bisa di berikanlah pada umur dewasa.

Langkah pembesaran :
  1. Pindahkan anakan discus berumur 1bulan dari induknya ke akuarium berukuran 120 kali 50 kali 50 cm. sesudah besar pindahkan discus ke akuarium yang lebih luas lagi.
  2. Supaya tampak bagus, discus baiknya diletakkan di akuarium standar ( induk 50 kali 50 kali 40 cm serta anakan discus 50 x100 kali 35 cm )
  3. Supaya ikan discus terus hidup dengan baik, siapkan pakan alami layaknya dapmia, cacing sutera, cacing super, jentik nyamuk, udang, serta sejenisnya. discus juga senang mengkonsumsi pakan buatan campuran dari jantung, hati, daging, udang, ikan, serta sayuran.


-->

Jenis Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana (akuariumhias) -Arwana terhitung ikan karnivor yang menempati habitat sungai serta danau berair tenang. kadang-kala juga ditemukan di riam yang berarus kuat. tempat pinggiran sungai yang ditumbuhi banyak pohon rimba dengan akar yang terjulur didalam air serta dedaunan yang rimbun di atasnya, jadi habitat favorit untuk arwana. habitat tersebut biasanya sediakan banyak makanan serta tempat perlindungan yang baik.

Sebagai predator spesial permukaan air, keluarga ikan arwana amat pintar melompat ke udara untuk mengejar mangsa yang terdiri dari serangga, reptil serta burung. arwana juga mempunyai kekuatan yang baik saat memperhitungkan posisi mangsa yang terdapat diatas permukaan air. Perihal ini tidak mudah, karena mesti mempertimbangkan sudut pandang yang “bergeser” akibat pembiasan sinar. tidak layaknya ikan biasanya, arwana cuma bernapas dengan langkah segera mengambil oksigen dari udara/permukaan air.

Seperti atlet loncat tinggi olimpiade, kekuatan meloncat arwana tidak tertandingi ikan air tawar manapun. arwana dapat melompat sampai 2 mtr. Di udara. apalagi, arwana dapat menangkap kelelawar besar yang terbang rendah di permukaan air. Kekuatan melompat arwana barangkali cuma bisa ditandingi oleh “jumper master” yang lain, yakni ikan salmon yang kembali ke hulu sungai untuk bertelur.

1. Arwana hijau/green arowana


Arwana hijau terhitung spesies arwana yang mempunyai tempat sebaran sangat luas di asia tenggara. type ini bisa ditemukan di Myanmar, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia serta Indonesia. arwana hijau mudah dikenali dari wujud tubuhnya yang lebar serta agak pendek.

2. Arwana perak/Indonesian silver arowana.


Arwana perak terhitung ikan endemik pulau kalimantan. beberapa hobiis serta penangkar arwana mengetahui spesies ini dengan sebutan red banjar. tubuh arwana perak biasanya memanjang dengan warna hijau gelap di bagian punggung. sisik nyaris semuanya berwarna perak agak gelap dengan cincin sisik berwarna hijau zaitun yang samar.

3. Arwana emas/red tail golden arowana
Arwana emas ( red tail golden ) cuma mempunyai tempat sebaran yang terbatas di pulau sumatera saja. type ini biasanya ditemukan di danau-danau/lahan basah gambut di lebih kurang sungai besar layaknya sungai siak di pekan baru, riau serta sungai batang hari di taman nasional berbak, propinsi jambi. arwana emas ini dikenal juga dengan nama indonesian golden arowana.

4. Arwana merah/super red arowana

Arwana merah atau super red arowana terhitung satwa endemik kalimantan barat yang dengan alami mempunyai tempat sebaran terbatas di hulu sungai kapuas serta di danau sentarum. arwana ini mudah dikenali dari warnanya yang merah cerah dimulai dari mulut, penutup insang sampai ekor

5. Arwana papua/jardini/northern.

Tak hanya sumatera serta kalimantan, ikan arwana juga bisa ditemukan di papua. ciri-ciri arwana papua sedikit tidak sama dengan arwana asia.Contohnya, jumlah baris sisik arwana papua semakin banyak yakni : lebih kurang 7-8 baris. ukuran sisik juga lebih kecil dari arwana yang berasal dari asia. Corak warna arwana papua bisa lebih kusam, dengan pola cincin melingkar layaknya bln. sabit pinggir'>di pinggir sisik berwarna hijau atau merah. Bila terkena sinar lampu dari sudut yang pas, sisik arwana papua dapat berkilauan amat indah layaknya mutiara. oleh dikarenakan itu, arwana papua kerap juga dikatakan sebagai arwana mutiara atau pearl arowana.

7. Arwana afrika/african

Arwana afrika adalah spesies arwana yang unik. wujud tubuhnya lebih serupa araipama dibanding dengan arwana biasanya. keunikan yang lain yaitu makanannya yang cuma berbentuk plankton. type ini tersebar nyaris di seluruh danau serta sungai besar Afrika.

8. Arwana perak/silver

 
Arwana perak yaitu type arwana yang sangat popular dari amerika selatan. tempat sebaran meliputi sungai rupununi, oyapock, amazon serta sungai di guyana. tubuh arwana perak biasanya pipih memanjang dengan sisik besar berwarna perak serta sirip punggung, sirip anal serta ekor terlihat menyatu di selama segi tubuh. wujud tubuh arwana ini sepintas serupa dengan ikan layur. panjang tubuh bisa meraih 90 m.

9. Arwana hitam/black 

Arwana hitam mempunyai bentuk tubuh yang hampir sama saja dengan arwana perak. waktu fase juvenil, tubuh arwana hitam didominasi oleh warna gelap ditambah corak kuning yang memanjang dari kepala hingga ekor. waktu panjang tubuh menggapai 15 cm, warna berangsur-angsur berpindah lantas abu abu perak hingga kebiruan dengan garis merah dan kuning di sepanjang sirip dan ekor. Hasil fenomena perubahan warna ini tidak banyak ditemukan pada arwana perak.

10.Arwana hibrida

Untuk menambah mutu warna dan menciptakan varian baru, sebagian penangkar arwana kerjakan kimpoi silang pada 2 spesies arwana berbeda. warna dari arwana hibrida hasil persilangan ini sangat unik dan eksotis yang didominasi oleh warna coklat gelap keemasan.

sumber : kaskus

-->

Selasa, 19 Maret 2013

Merawat kolam ikan koi

  
Merawat kolam ikan koi (akuariumhias) -Kedalaman kolam ikan koi, kedalaman kolam amat mutlak untuk ikan koi. kedalaman kolam sebaiknya kian lebih 80 cm ( sisi yang terisi air ) supaya kolam ikan anda terlindung dari binatang pemangsa ikanpeliharaan layaknya kucing serta hewan lain yang barangkali dapat memusnahkan ikan anda. kolam ikan yang lebih didalam juga menolong menstabilkan temperatur air yang dikarenakan oleh terik panas matahari atau cuaca dingin diwaktu malam atau pada waktu hujan.

Bikin pelindung atau tempat meneduh untuk koi, apabila lokasi kolam koi yang anda tentukan ada pada lokasi terbuka, yakinkan tidak seutuhnya terkena cahaya matahari dikarenakan tak hanya dapat cepat menambah temperatur air kolam, perihal tersebut bisa juga mempercepat perkembangan lumut yang bisa merubah kejernihan air kolam. Alternatif meletakkan tanaman pelindung di tepi kolam yaitu amat disarankan. disamping itu anda bisa juga menggunakan tanaman air layaknya teratai, lili air didalam kolam - disamping sebagai penambah keindahan kolam, tanaman air juga jadi area perlindungan yang menaungi ikan. tetapi, anda mesti hindari menanam pohon yang besar dikarenakan bisa punya potensi akarnya dapat mengakibatkan kerusakan kolam koi anda.
Satu perihal mutlak yang perlu di perhatikan yaitu yakinkan dedaunan dari tanaman pelindung tidak jatuh ke didalam kolam, serta segera bersihkan apabila memanglah tidak terhindarkan. dikarenakan daun dapat membusuk dan mengakibatkan tumbuhnya lumut melayang yang bisa memperkeruh air didalam kolam serta mengganggu perkembangan koi. tidak sama halnya dengan lumut yang melekat di dinding kolam, lumut type ini terus bikin kolam tampak jernih serta dapat jadi makanan ikan koi.

Supaya ikan koi mempunyai warna yang lebih cerah, anda dapat mensiasati memberikan warna hitam pada dinding kolam menggunakan cat kolam koi yang banyak beredar di pasaran, contohnya product flexy coat water ponding. tak hanya dapat bikin ikan koi tampak lebih cantik, finishing cat akan kurangi perkembangan lumut serta hindari kontak segera pada semen dengan kolam yang bisa mempertinggi ph air.

Aksesori kolam koi, supaya ikan koi yang anda cintai bisa tumbuh dengan baik serta sehat, sebagian aksesori dibutuhkan dalam rencana melindungi situasi air kolam sebagai habitatnya. idealnya anda dapat membutuhkan sesuatu pompa air, sistem filtrasi, aerator kolam air, pemanas air serta alat sterilisasi ultraviolet.

-->

Penyakit pada ikan koi


Penyakit pada ikan koi (akuariumhias) -Tampilan koi yang cantik serta menawan sebaiknya di dukung juga dengan kesehatan koi itu sendiri. koi yang sehat dapat tampak bersih serta cerah, dan bergerak aktif hingga bisa menambah keindahannya. faktor-faktor yang bisa menyebabkan terjangkitnya penyakit pada koi diantaranya, pemeliharaan yang kurang baik, mutu air yang jelek, pergantian temperatur yang mencolok, factor lingkungan, serta faktor-faktor yang lain. tersebut disini sebagian type hama serta penyakit yang bisa menyerang koi. 

Fishlice / kutu ikan 
kutu layaknya argulus serta ergasilus yang biasa menyerang ikan bisa juga melekat pada kulit koi. kutu ikan tersebut bisa menyebabkan bintik-bintik merah pada kulit serta bisa juga menyebabkan berlangsungnya infeksi pada koi. untuk menyembuhkan koi yang terkena kutu ikan, bisa dikerjakan memberi demilin ( dosis 1gr/ton air ) maupun gunakan masoten ( dosis 0, 3-0, 5gr/ton air ). disamping itu, bisa juga dikerjakan pencelupan larutan kalium permanganat ( pk ) dengan dosis 10-20mg/liter air sepanjang 30 menit. 


Anchor worm / kutu jarum 
Kutu jarum yang menyerang tubuh koi dapat menghisap darah serta cairan tubuh koi. panjang kutu jarum lebih kurang 5-10cm serta mudah dipandang terlebih pada suhu air di atas 15°c. koi yang diserang kutu jarum umumnya kerap meloncat ke permukaan air atau menggesekkan tubuhnya ke dinding atau basic kolam. 
Penyembuhan umumnya dikerjakan dengan mencabut kutu jarum dari tubuh koi menggunakan pinset, serta luka bekas kutu yang dicabut diolesi dengan yodium tincture. untuk membunuh larva kutu, taburkan masoten dengan dosis 0, 3-0, 5gr/ton air ke didalam kolam. yang dikerjakan lebih kurang 2-3 kali sepanjang 2 minggu. 

Fin rot 
Dikarenakan oleh bakteri flexibacter collumnaris serta bisa mengakibatkan kematian koi. pada koi yang terinfeksi, sirip ekor serta ujung-ujung sisiknya rusak. terkadang dapt juga berlangsung pendarahan di sirip. 
penyembuhan dikerjakan dengan pemberian obat yang memiliki kandungan nifurpirinol, nitrofurazone, phenoxyetanol, chloramine, serta benzalkonium klorida. 

White spot disease 
Penyakit white spot yang dikarenakan ichthyopthyrius multifilis bisa juga menyerang koi. tanda-tanda yang timbul berbentuk bintik-bintik kecil warna putih berukuran lebih kurang 1mm dibagian sirip hingga insang. koi yang terinfeksi dapat kerap menggosok-gosokkan tubuhnya ke dinding kolam dikarenakan rasa gatal. lama kelamaan dapat mengakibatkan kematian ikan yang terinfeksi. 
penyembuhan dapat dikerjakan memberi garam lebih kurang 5kg/ton air sepanjang 6 hari. suhu air diatas 25°c juga bisa membantu pemberantasan penyakit ini. 

Koi herpes virus / khv 
Koi yang diserang khv dapat tampak lesu serta nampak bintik putih di insang. makin lama, kulit serta ekor dapat tampak memerah. khv bisa menyebar dengan cepat antar koi serta sampai sekarang ini belum ada metode penyembuhan yang efisien. sebagai tindakan pencegahan, bisa dikerjakan dengan melindungi linkungan kolam supaya terus bersih serta sehat. 

Aeromonas 
Tanda-tanda yang nampak pada koi yang terinfeksi yaitu sisik yang tampak membengkak serta kerap terangkat. type penyait ini tidak fatal serta bisa sembuh. penyembuhan dikerjakan dengan lakukan karantina serta merendam koi dengan antibakteri biotac dosis 10ml/1000 liter air. 

Parasit lernaea 
Parasit lernaea atau cacing perioder bisa menyerang seluruh sisi tubuh, apalagi hingga pada insang koi. lernaea menyerap cairan didalam tubuh koi hingga koi melemah. pada situasi yang telah kronis koi dapat alami kematian. 

Parasit lernaea gampang berkembang biak, hingga bila seekor koi diserang lernaea serta tidak segera ditanggulangi maka dapat menyebar ke koi-koi yang lain. serangan parasit lernaea jumlah sedikit pada seekor koi dapat dicabut serta bekas gigitannya yang berdarah diolesi dengan obat merah. bila serangan telah menyebar, maka bisa diobati menggunakan larutan formalin berkonsentrasi 25 ppm sepanjang 10 menit dengan pengulangan 2-3 kali tiap-tiap 2 hari sekali dengan langkah pemandian. 

Jamur 
Jamur kerap menyerang koi terlebih pada situasi kolam yang kotor. koi yang sakit dikarenakan parasit lain layaknya kutu ikan juga beresiko ditumbuhi jamur. jamur biasanya terlihat layaknya susunan kapas yang tidak tebal. jamur dapat menyerap cairan tubuh ikan hingga koi dapat makin kurus serta selanjutnya bisa mengakibatkan kematian. pada situasi yang lemah sering koi juga diserang parasit / penyakit yang lain. 
Penangggulangan jamur dapat dikerjakan dengan larutan nacl ( garam dapur ) dengan konsentrasi 1, 5-2, 5% dengan pencelupan. buang bulu-bulu halus jamur olesnya menggunakan kapas yang diberi obat merah. langkah selanjutnya yaitu memandikan ikan yang sakit dengan larutan mona-furacin. 

Mata berkabut ( cloudy eye ) 
Penyakit mata berkabut ditandai memutihnya selaput mata ikan. permukaan luar mata terlihat dilapisi oleh susunan tidak tebal berwarna putih. penyebab umum penyakit ini yaitu mutu air yang jelek, terlebih air yang mempunyai kandungan amonia tinggi. banyak hal lain yang bisa mengakibatkan berlangsungnya mata berkabut diantaranya, infeksi sekunder, produksi lendir terlalu berlebih akibat reaksi pada serangan protozoa parasit, nilai ph air yang tidak cocok, keracunan ( klor/kloramin ), pemberian obat-obatan yang tidak cocok, atau kekurangan vit. ( terutama vit. a, b, serta c ). tanda-tanda mata berkabut terkadang juga dibarengi dengan exophtalmia ( pop eye/mata menonjol ), malaise, atau iritasi. 

Penyakit gelembung renang 
Penyebab penyakit gelembung renang berlangsung dikarenakan pembengkakan usus yang menghimpit gelembung renang. pembengkakan usus biasa berlangsung dikarenakan salah makan, contohnya pemberian makanan yang mudah mengembang layaknya roti. dapat juga dikarenakan usus yang tidak dapat mencerna makanan. seluruh ini mengakibatkan penimbunan lemak yang dapat mengakibatkan kerusakan manfaat gelembung renang serta koi bertingkah aneh. sepanjang ini belum ada obat yang dapat membantu koi dari penyakit gelembung renang. hanya satu jalur yaitu hindari makanan yang mudah mengembang serta banyak memiliki kandungan lemak. juga hindari supaya koi tidak alami pergoncangan suhu yang mencolok


Sabtu, 16 Maret 2013

Budidaya mas koki




Budidaya mas koki (akuariumhias) -Ikan mas koki mutiara datang dari daratan cina, namun telah lama dibudidayakan di indonesia. tanda-tandanya yakni memiliki tubuh bulat dengan kepala kecil serta ekor lebar. prosfek memelihara ikan mas koki mutiara cukup menjanjikan dikarenakan untuk pemasaran tak hanya target didalam negeri juga adalah product eksport dengan harga yang cukup tinggi. kita cobalah pelajari langkah budidaya ikan mas koki mutiara. 

Sistem pemijahan 
a ) Penentuan induk 
  • Umur induk yang bagus untuk dipijahkan yaitu 8 bln. ke atas dengan ukuran sangat kecil sebesar telur itik. 
  • Tentukan induk yang mempunyai sisik utuh serta tersusun rapi dengan kepala kecil dengan tubuh bulat. bila ikan bergerak, sirip serta ekor dapat terlihat tegak. 
  • Tentukan induk yang berwarna polos untuk memperoleh keturunan yang berwarna, dengan warna kebalikan. contohnya induk jantan warna putih serta betina berwarna hitam sebaliknya. 

b ) perbedaan jantan serta betina 
induk jantan : 
  • Sirip dada terlihat bintik-bintik bulat menonjol serta bila diraba merasa kasar 
  • Induk yang sudah cukup umur bila diurut pelan kerarah lubang genital dapat keluar cairan berwarna putih 
induk betina : 
  • Sirip dada terlihat bintik-bintik serta merasa halus bila diraba 
  • bila diurut, keluar cairan kuning bening. pada induk yang sudah cukup umur, perut merasa lembek serta lubang genital kemerah-merahan. 

Akuarium pemijahan
  • Bak atau akuarium yang telah bersih berisi air yang sudah diendapkan min 24 jam, tempatkan eceng gondok sebagai area menempel telurnya. 
  • induk yang sudah masak telur dimasukkan ke didalam bak waktu sore. bila anda cermat didalam penentuan induk, esok harinya telur telah melekat pada akar eceng gondok. 
  • telur tak perlu dierami, maka induk dapat segera dipindahkan ke kolam penampungan induk, untuk sistem pemijahan selanjutnya. 
  • induk bisa dipijahkan kembali kurun waktu 3-4 minggu bila perawatannya baik. 

Pemeliharaan benih 
  • Telur dapat menetas sesudah 2-3 hari. benih memiliki persediaan makanan pada yolk sac-nya ( kuning telur ), maka hingga berusia 2-3 hari benih tak perlu diberi makan. 
  • Baru pada hari ke 3 atau ke 4 benih telah dapat diberi makanan kutu air yang telah disaring. 
  • Sesudah umur 15 hari benih mulai diberi cacing rambut, namun kutu air tetap butuh diberikan hingga benih seluruh benih dapat mengonsumsi cacing rambut. 
  • Telur yang ditetaskan di aquarium baiknya dipindahkan ke bak atau kolam yang lebih luas sesudah berusia kian lebih 1 minggu. 
  • Ketinggian air di bak 10-15 cm, serta ubah air tiap-tiap 5-7 hari sekali. dengan catatan air mesti diendapkan dulu. 
  • Tanam tanaman air untuk hindari terik cahaya matahari contohnya eceng gondok. 

Sistem pembesaran 
  • Sistem pembesaran ikan ikan mas koki sesudah benih berusia kian lebih 1 bln. hingga jadi induk. 
  • Type ikan mas koki mutiara ini membutuhkan cahaya matahari yang banyak, lantas untuk tanaman air bisa dikurangi atau dihilangi. 
  • Step awal pembesaran bisa ditebar 1. 000 ekor ikan didalam bak ukuran 1. 5 kali 2 m. tiap-tiap 2 minggu sekali kerjakan penjarangan membagi jadi 2. 
  • Tiap-tiap 3-5 hari ubah air dengan air yang telah diendapkan terlebih dulu. 
  • Pakan yang didapatkan berbentuk cacing rambut. pakan diberikan pagi hari secukupnya. bila tetap ada sisa pada sore hari, segera angkat serta bersihkan. 
  • Umur 4 bln. ikan mas koki telah jadi calon induk, maka ikan jantan serta betina segera dipisah hingga umur 8 bln.. pakan induk ikan berbentuk jentik nyamuk ( cuk ). 
  • Didalam satu kali pemijahan sepasang induk bisa membuahkan telur 2. 000 s/d 3. 000 butir.


-->

Jumat, 15 Maret 2013

Cara menjodohkan ikan discus





Cara menjodohkan ikan discus (akuariumhias) - Para pehobiis ikan discus pasti sudah tau bagaimana susahnya merawat ikan ini, ikan ini sangat sensitive dan mudah stress, tetapi ane ada pengalaman yang bikin ane inget terus nih sampe sekarang walaupun ikan discusnya sekarang udah ane jual semua karena pindah kontrakan.

Ceritanya dulu dirumah ane punya koleksi discus red marlboro, bluediamond, leopard snake skin, serta golden pigeon. Tidak banyak sih namun lumayan dapat menghibur serta menyingkirkan stress dikarenakan duduk berjam2 didepan computer.. nah dikarenakan barangkali disimpan di satu akuarium tersebut maka berlangsunglah cinta lokasi pada betina bluediamond serta si jantan marlboro. Ciri-cinya tampak saat discus yang lain repot mencari makanan di sela2 peacock moss serta batu2 yang ditumbuhi riccia fluitans, ke-2 sejoli ini asyik mematuk matuk pipa paralon yang sengaja ane gunakan berdiri, yang nyatanya kedepannya berperan juga untuk tempelkan telur hasil pendekate si marlboro ke blue diamond. Kemudian untuk memuluskan percintaan mereka maka ke-2 sejoli itu saya pindahkan ke tank akuarium spesial pembiakan agar mereka bisa lebih romantis.

Hari pertama 
Ikan discus blue diamond  bertelur si blue betina berenang menengadah keatas sembari tempelkan telur2 nya di pipa pralon arah sejajar keatas, disusul si marlboro pejantan yang segera membuahinya dengan style yang sama menengadah sembari berenang keatas. sistem ini mengonsumsi waktu kira2 satu jam.


Hari kedua ( 24 jam sesudah dibuahi ) 
Dua sejoli ikan discus ini menungguin telor yang telah dibuahi sembari terus meniup serta mengipasi telur dengan siripnya. hingga step ini telur yang tidak dibuahi dapat terlihat berwarna putih susu serta mulai dibayangi jamur. sesaat telur yang dibuahi dapat terlihat bintik titik hitam 2 yang kedepannya rupanya itu yaitu mata si jabang bayinya.Agar telur yg tidak dibuahi yg sdh mulai membusuk serta berjamur tidak menularkan jamur ke telur yang sehat baiknya dimasukkan larutan methelyne blue yakni larutan membuat perlindungan telur agar tidak tertular jamur.

Ada teori dari buku ataupun dari mbah google bahwa jika didalam sistem telur hingga menetas baiknya pipa pralon ditutup dengan ram kawat untuk hindari telur dimakan induknya, namun untuk masalah dirumah sekalipun tidak digunakan teori itu, agar menetas sealamiah barangkali dikarenakan saya tetap meyakini jika telor2 itu yaitu buah cinta mereka, lantas gak barangkali dimakan… serta nyatanya memanglah tidak dimakan.


Hari ketiga ( 36 jam lantas ) 
Telur yang sdh dibuahi mulai menetas dengan ditandai timbulnya ekor2 kecil spt jarum yang bergerak gerak lincah melekat ditelur. si induk semakin motivasi menyongsong kelahiran jabang bayi dengan terus mengipasi serta meniup udara ke telur agar dapat lepas anakan ( burayak ) dari telurnya. hingga di sini pakan untuk indukan terus terus diberikan agar terus kenyang sembari melindungi anak2nya,namun janganlah lupa kotorannya mesti disifon/disedot agar terus bersih area bersalinnya.Hari kelima burayak/anakan diskus mulai terlepas dari telur namun tetap melekat di pipa pralon, sang induk dengan kasih sayang memindahkan anaknya ketempat yang lebih aman. umumnya ke pojokan aquarium agar dapat lebih tenang mengawasi anaknya yg telah mulai loncat loncatan. 

Hari keenam 
Anakan mulai dapat berenang serta mulai berenang berlarian dari pralon ke tubuh ke-2 induknya.. oiya.. induk janganlah dipisahkan agar dua2nya rasakan mengasuh anak.. agar dua2nya turut bertanggung jawab.. 

Hari ketujuh 
Anakan telah mulai melekat ditubuh ke-2 induknya bergantian untuk mengonsumsi lendir2 ditubuh induknya didalam per’diskus’an arti ini dimaksud menyusui.. dikarenakan burayak/anakan belum biasa mengonsumsi tak hanya lendir induknya. sistem ini dapat mengonsumsi waktu 10 hingga 20 hari. berhubung ke-2 induknya telah mulai berebut mengasuh anak dampaknya mereka bertengkar serta sebelum saat jatuh talak ke blue diamond maka si blue saya pindahkan ke akuarium lain agar dapat refresh dulu.

Serta pengasuhan burayak saat ini dipegang oleh pejantan marlboro hari kelima belas anakan sdh dapat makan sendiri serta telah mulai berenang dengan normal, serta wujud tubuhnya jg sdh mulai membulat. untuk step ini anakan/burayak telah dapat diberi pakan artemia atau dapat juga kutu air. dikarenakan telah dapat berenang serta makan sendiri lantas telah waktunya anak-anak discus ini dipisah dari induknya, agar sang induk dapat bercinta lagi…. 

Begitulah pengalaman ane jadi mak comblang percintaan si cantik blue diamond dengan si ganteng red marlboro.. sesungguhnya mudah mengembangbiakan discus, kuncinya yaitu air senantiasa situasi bersih tiap-tiap hari disedot / disifon kotorannya lantas ditambah air baru sejumlah kita menyedot air berserta kotoran tsb. air mesti didalam situasi hangat sekitar 32c, untuk meraih suhu segitu mesti dipasang penghangat heater. serta sudah pasti pencahayaan yang cukup dan pakan yang bermutu tinggi. okayyy ? ?.... selamat coba, semoga berguna !

-->