Kamis, 31 Januari 2013

Pakan untuk Arwana

Pakan untuk Arwana (akuariumhias) -Pemberian pakan dengan teratur serta bervariatif dapat menolong melindungi kesehatan ikan arowana kita serta juga meningkatkan perkembangan ikan yang sehat. berikanlah pakan sekurang-kurangnya 1 hari sekali serta optimal 2 x 1 hari dengan menu yang bervariatif. ( saya dapat mengulas pemberian pakan arowana dengan rinci di peluang mendatang ). janganlah lupa sisa pakan di akuarium kita juga mesti kita cermati. jangan sempat dulu ada sisa pakan yang tidak dimakan atau kita membiarkan sisa remah remah dari pakan di akuarium arowana kita. pada sat bersihkan akuarium, cobalah angkat sisa sisa remahan pakan dengan jaring serokan yang umumnya sisa remahan tersebut dapat mengambang di permukaan air akuarium kita.

Biasanya arowana suka pakan yang tetap hidup serta berbentuk serangga. tetapi adapula pakan beku yang didapatkan pada ikan arowana itu sendiri seperi frozen blodworms, frozenshrimp, serta juga beefheart atau beef liver. pemberian pakan ang bervariatif ini juga memiliki manfaat ang berbea lain untuk ikan arowana itu sendiri.
Cacing darah beku
Cacing darah beku atau frozen bloodworms banyak ada di sentra penjualan ikan hias. cacing beku ini biasa diberikan pada anakan ikan arowana yang tetap kecil di mana berukuran 8 cm yang biasa dimaksud fries. pemberian pakan pada ikan arowana yang tetap kecil bisa diberikan seringkali contohnya per tiga hingga empat jam dengan porsi yang cocok karena anakan ini lebih membutuhkan konsumsi pakan untuk perkembangan ikan itu sendiri. mulai ukuran 12 cm arowana barulah telah bisa diberikan pakan dengan variasi yang lain.
 
Jangkrik
Jangkrik yaitu pakan utama dari ikan arowana serta terutama di indonesia hewan ini sangat mudah untuk didapat serta juga diternakan. jangkrik amat baik untuk meningkatkan perubahan warna dari arowana khsusnya untuk type golden red serta juga superred arowana karena ada kandungan betacarotene dari serangga tersebut. pilh jangkrik yang tetap muda untuk keudahan pemberian pakan ini. sebelum saat diberikan pada ikan arowana sebaika kaki panjangnya diputus terlebih dulu dikarenakan ada sisi tajam dari kaki ini yang di kuatirkan dapat melukai ikan kesayaan kita.

Simpan jangkrik di kandang spesial di rumah anda bila anda mempunyai arowana yang cukup banyak. atau bisa disimpan didalam pet home yang bayak ada di pasar. ada metode yang lain dari penyimpanan jangkrik yakni dengan langkah dibekukan. tetapi ikan arowana pada prinsipnya suka pakan hidup serta pemberian pakan ang berbentuk mati/ beku ini mesti dilaukan degan langkah pembiasaan dahulu pada ika arowana. langkah membekukan jangkrik amatlah mudah. beli jangkrik hidup serta segera masukan ke didalam toples kaca. tutup toples tersebut rapat rapat serta segera masukan jangkrik ke didalam freezer. sesudah sebagian lama ambillah botol tersebut serta lakkan gerakan mengocok dengan satu hentakan di mana langkah ini membaut kaki jangkrik terlebih kaki lompatnya terlepas dengan sendirinya. sesudah itu jankrik siap untuk diberikan ke arowana.

Kodok
Pemberian kodok untuk ikan arowana juga bisa diberikan terutama ntuk meningkatkan perkembangan ikan arowana. tetapi saya senantiasa merekomendasikan pemberian jangkrik sebagai menu diet utama untuk arowana serta pakan lainya bisa diberikan cuma untuk selingan saja. kodok bisa meningkatkan perkembangan ikan arowana karena kodok memiliki kandungan banyak lemak serta daging hingga dapat jadi sumber makanan yang baik untuk perkembanan ikan. mencari kodok yang tetap berukuran kecil hingga mudah untuk dilahap leh ikan kita. tetapi pemberian kodok ni juga bergantung rutinitas karna ada saja ikan yang tidak punya kebiasaan dengan kodok serta pada sat diberikan kodok kan kita tidak ingin melahapnya. beli kodok secukupnya ntuk persediaan pakan di rumah karena kodok bila disimpan terlampau lama juga kurang awet dengan pengertian cepat mati.

Ulat German
Ulat german atau superworms juga bisa diberikan untuk arowana terlebih untuk mempercepat perkembangan ikan itu sendiri karena banyaknya kandungan lemak pada type ulat tersebut. sekarang ini ulat german telah banyak ada di pasar karena telah makin banyak juga orang yang mengembangbiakkan ulat ini. tetapi sekali lagi janganlah terus-terusan berikan pakan ini karena bila terlampau banyak bisa meyebabkan arowana panas perut serta umumnya dapat menyebabkan penyakit ambein atau dimaksud protuding anus pada ikan arowana. pakai pakan ini sebagai supplemen untuk ikan arowana supaya kan tidak jadi jenush dengan menu makanannya.

Udang

Udang amat baik untuk ikan arowana terlebih untuk meningkatkan perubahan warna ikan. ada dua langkah pemberian pakan ini yakni pemberian pakan yang tetap hidup atau udang yang telah dibekukan atau dimaksud frozen shrimp. pemberian frozenshrimp amat lazim dipakai oleh hobiis hobiis arowana di singapura karena mengingat factor praktisnya serta juga keterbatasan mereka didalam beroleh jangkrik. didalam pemberian pakan udang ini saya juga merekomendasikan pada waktu diberikan ke ikan arowana sisi kepala terlebih sungutnya baiknya diputus dahulu karena sisi tajam tersebut takut menusuk ikan arowana kita.
Kecoak
Sangat banyak pro serta kontra perihal pemberian kecoak sebagai pakan arowana mengingat kecoak datang dari sumber yang tidak bersih serta di kuatirkan dapat membawa bibit penyakit untuk ikan yang paling disayangi kita. tetapi tidak dipungkiri kecoak yaitu pakan yang ampuh untuk arowana terlebih bila diberikan pada ikan arowana yang tengah terkena penyakit hilangnya nafsu makan atau yang dimaksud dengan penyakit mogok makan. untuk meminimalisasi bibit penyakit, sekarang ini orang telah banyak yang sukses menernakkan kecoak terlebih type kecoak madagascar di mana ukurannya semakin besar. berikanlah kecoak ini pada waktu arowana mogok makan sebagai pakan selingan serta bila telah akan makan kembali berikanlah meu diet layaknya umumnya yakni jangkrik sebagai menu utama dari arowana.

Kadal 
Kadal serta cicak juga bisa diberikan sebagai makanan selingan untuk arowana. hewan ini amat baik tertama untuk perkembangan kan arowana. sekali lagi perihal ini mesti dicoba dikarenakan tidak seluruh arowana biasa mengonsumsi hewan ini. berikanlah sebagai menu selingan saja mengingat hewan ini juga mulai sukar didapat serta tidak seluruh sentra ikan hias sediakan menu ini.

Kelabang
Kelabang bisa dikatakan sebagai menu favorit dari ikan arowana. disamping dagingnya yang cukup tidak tipis keabag juga amat baik untuk perubahan warna ikan arowana dikarenakan cangkangya juga anyak memiliki kandungan betacarotene. tetapi saya merekomendasikan untuk cuma berikan kelabang sebagai menu selingan saja karena disamping harga nya yang cukup mahal pemberian kelabang ini dapat menyebabkan arowana kita mogok makan demikian kita suguhkan menu makanan yang biasa kita berikanlah pada ikan arowana. di alamnya kelabang banyak ada di dermaga kapal atau merayap di lambung perahu atau sampan serta bila arowana lihat ada kelabang ini umumnya ikan dapat melompat serta segera melahap serangga ini. kelabang yang didapatkan yaitu kelabang kelapa atau yang dimaksud kelabang medan yang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. langkah pemberian kelabang yang safe yaitu jepit kelabang dengan capitan lantas gunting dahlu seluruh kakinya untuk factor keamanan. terkadang kaki kelabang tersebut bisa mencengkeram cukup kuat serta bisa melukai arowana kta terlebih yang ditakutkan yaitu menusuk sisi mata dari arowana. berikanlah pakan kelbang ini sebagai selingan contohya 1 minggu sekali pada hari minggu.

Ikan Mas

 
Pemberian ikan mas juga bisa diberikan sebagai menu selingan untuk kan arowana karena banyak memiliki kandungan lemak yang amat baik ntuk perkembangan ikan itu sendiri. tetapi janganlah memasukan kan mas didalam jumlah yang banyak ke didalam akuarium kita karena bila ikan arowana diberikan pakan ang karakternya tenggelam ke didalam akuarium bisa meningkatkan berlangsungng penyakit mata turun. arowana sebiknya diberikan pakan yang mengambang di permukaan air. ka mas juga ipercaya banyak memiliki kandungan bibit penyakit. ada satu langkah yang bisakita kerjakan bila kita akan berikan pakan ian mas ke ikan yang paling disayangi kita yakni dengan membersihkan dahulu ikan mas di larutan methylene blue atau larutan air pk. baru stelah itu ikan bisa kita berikanlah sebagai umpan pakan ikan arowana kita.
Pakan Buatan
Beberapa hobiis juga berikan potongan jatung sapi atau hati sapi yang telah dibekukan sebaga pakan ikan arowana. ingat perihal ni juga bergantung rutinitas dari ikan peliharaan kita karena tidak seluruh ikan akan menyatap menu ini jika melewati sistem evaluasi terlebih dulu. hati sapi juga amat baik utuk meningkatkan perubahan warna pada ikan serta juga bagus untuk perkembangan ikan karena bayak kandungan lemaknya.

Tips Menjaga Kesehatan Arwana

Tips Menjaga Kesehatan Arwana (akuariumhias) -Tiap-tiap akuarium, baiknya cuma ada seekor arwana saja ( soliter ), karena tidak mudah untuk seekor arwana untuk hidup berdampingan dengan ikan sejenisnya. untuk memperoleh ikan arwana yang berkwalitas serta sehat pastinya dibutuh situasi didalam akuarium yang hampir sama juga dengan habitat aslinya. makanan mesti cukup serta diberikan dengan teratur, mutu air juga termonitor dengan baik serta diberi obat-obatan supaya tidak tercemar oleh zat-zat kimia yang beracun.

Situasi akuarium
Siapa lalu yang memelihara arwana tentu dengan bangga dapat meletakkan ikannya di akuarium paling baik. supaya keanggunan itu terpantul optimal, maka cuma seekor arwana saja didalam satu akuarium. janganlah letakkan akuarium di dekat dinding ( tembok ) terlebih hingga melekat. karena apabila arwana lihat serangga layaknya kecoa atau cecak di dinding, ia dapat melompat serta menyeruduk dinding kaca aquarium, hingga dapat luka. pertimbangkan besar akuarium dengan besar ikan, supaya ikan dapat bergerak bebas serta meluncur di ruangan yang cukup. beri penerangan yang cukup. untuk mengontrol suhu air ( 27-30 derajat celcius ), baiknya dipasang termometer di dinding akuarium serta ujungnya tercelup ke air. ukur ph sekurangnya 1 minggu sekali.

Berikan makan
Walau tak ada patokan, baiknya arwana diberi makan 3 – 4 kali 1 hari. diperlukan 8-10 ekor jangkrik 1 hari. sebelum saat diberikan, kaki belakang jangkrik yang bergerigi dipotong dulu, supaya tidak menggores kerongkongan arwana. mesti diusahakan supaya makanan tidak tersisa di aquarium. jangkrik, kelabang, kecoa serta udang, memiliki kandungan zat karoten serta kitin yang dapat berikan dampak sisik yang indah, cerah serta mengkilap pada arwana.
Mutu air
Tak hanya suhu serta ph, maka mutu air juga dijaga membuang kotoran air yang datang dari kotoran ikan itu sendiri serta sisa makanan. dengan saringan, kotoran dapat diangkat, namun kotoran yang mengendap di basic akuarium disedot dengan selang. mengerjakannya mesti pelan-pelan supaya ikan tidak stres akibat air berguncang hebat. tiap-tiap tiga bln. akuarium dikuras keseluruhan serta kaca mesti bebas dari lumut, serta sabuni dinding akuarium serta apabila telah, keringkan dengan cahaya matahari, supaya jamur serta bibit penyakit mati. air baru didalam akuarium mesti diendapkan dulu 24 jam sebelum saat ikan dimasukkan kembali ke akuarium. kandungan oksigen didalam air mesti dijaga memasang aerator yang sekalian berperan sebagai pompa serta saringan kotoran.

Menggabung arwana didalam satu akuarium
Yang ideal dua ekor arwana digabung saat tetap kecil. tetapi apabila telah dewasa biasanya dapat seandainya akuarium diberi sekat kaca. apabila ke-2 ikan tampak marah membuka mulut lebar-lebar, bermakna keduanya tidak akur. apabila didalam 1 minggu tak ada pergantian, bermakna mereka tidak pas. ambillah ikan yang lain, kerjakan langkah sama, apabila tidak menunjukkan kemarahannya, bermakna pas, pelan-pelan kaca sekat dilepaskan. amati seksama. apabila keduanya tidak saling mengejar. bermakna mereka dapat hidup damai.
pakan

Tiap-tiap minggu, seekor arwana diberi makanan tambahan 2-3 ekor kadal yang tidak terlampau besar serta tiap-tiap dua minggu diberi tiga ekor kelabang. kelabang atau lipan ini terhitung makanan favorit arwana, hingga mesti hati-hati memberikannya. bila tiap-tiap hari diberi kelabang, maka arwana dapat enggan mengonsumsi jangkrik atau kodok sekali lalu. dia cuma akan makan kelabang.
Tetapi demikian, seekor ikan arwana memburu kelabang didalam air yaitu sesuatu atraksi menarik didalam akuarium anda. dikarenakan kelabang dapat bergerak amat cepat walau didalam air, maka arwana lalu mesti mempertontonkan ’’kemahirannya” berburu makanan. ia dapat meliuk-liuk serta terus mendesak kelabang, hingga selanjutnya dapat menangkap serta menelannya.

Arwana juga akan makan ikan hidup. biasanya di indonesia diberikan ikan mas serta sepat yang tetap anakan. tetapi mesti waspada, karena bukan hanya tidak mungkin ikan membawa bakteri serta penyakit itu akan menjangkiti arwana. udang mati lalu disukai arwana, tetapi untuk pemeliharaan di akuarium, baiknya tak perlu diberikan, karena dapat bikin air akuarium keruh serta sisa makanan itu dapat mudah membusuk serta menyebabkan penyakit untuk arwana.
Supaya arwana tidak juling janganlah menyebarkan makanan sekalian ke didalam akuarium. karena dapat membingungkan arwana serta matanya dapat menatap ke semua arah. berikanlah jangkrik atau kelabang satu persatu, hingga ikan cuma dapat memburu satu mangsa saja.

Sesungguhnya arwana juga mengonsumsi kecoa, cicak, laron atau belalang, sebagai selingan jangkrik. tetapi, arwana janganlah terus-terusan diberi makan cecak, matanya tidak melotot atau tersembul ke luar.
supaya arwana terus sehat serta berkwalitas, yang tidak kalah pentingnya yaitu menjaga air akuarium terus bersih sehat serta pas untuk habitat arwana. maka dari itu, diperlukan sebagian obat untuk menjernihkan air serta melindungi supaya situasi akuarium pas sebagai habitat arwana. obat-obatan ini biasanya telah dikemas didalam wujud lantas, hingga dapat segera dibeli di pedagang ikan hias serta mencampurkannya ke air akuarium cocok dosis yang disarankan.
Penyakit
Pemicunya terbagi dua, yaitu organisme nonparasiter serta parasiter. organisme parasiter yang berasal di virus, bakteri, jamur, cacing atau protozoa. tengah yang nonparasiter layaknya factor lingkungan, makanan serta keturunan. tetapi sebenarnya, serangan ke-2 type pemicu penyakit itu sukar dibedakan.

Ada tanda-tanda khas ikan arwana yang teserang penyakit, baik akibat dari parasiter ataupun nonpasrasiter, yaitu tampak pasif serta lemah, condong berenang di permukaan air, nafsu makan alami penurunan, sukar bernapas, tubuh ikan tidak licin, dikarenakan selaput lendir menyusut, hingga ikan mudah ditangkap. sinyal yang lain, di bagian dada berlangsung pendarahan serta sisik rusak, sirip punggung pecah-pecah.

Factor lingkungan yang mengakibatkan ikan sakit diantaranya, ph air. fluktuasi ph air ini di pengaruhi oleh beragam perihal, layaknya terdapatnya gas co2 di air. lantas pergantian suhu air yang dengan tiba-tiba juga amat merubah kesehatan ikan. disamping itu menyusutnya jumlah oksigen didalam air serta ada gas beracun layaknya co2, amoniak serta polusi air akan mengganggu kesehatan ikan. lantas factor makanan, layaknya telah disinggung diatas tadi, berikan makanan ikan fresh dapat riskan, karena ikan dapat membawa penyakit. lantas factor keturunan juga membawa problem pada arwana, layaknya sisik yang tidak bagus, punggung tidak lurus atau albino serta kembar siam.
Organisme parasiter bisa menyebabkan gejala-gejala infeksi kutu ikan, insang busuk, bintik putih, cacar serta tuberkolosis, terinfeksi jamur saprolegnia serta achlya, bakteri perusak sirip serta penyakit gatal.
apabila kita lihat begitu indah serta anggunnya ikan arwana di akuarium, terlebih saat ia mengejar mangsanya, kita dapat kagum serta kagum. tetapi karenanya, arwana juga memerlukan perawatan yang saksama serta hati-hati. karena banyak type penyakit yang siap ’’menerkamnya”.


Ragam Filter Untuk Ikan Hias

Ragam Filter Untuk Ikan Hias (akuariumhias) -Keberadaan filter pada kolam ikan amatlah vital. manfaat dari filter kolam ikan salah satunya yaitu membuat perlindungan pompa dari puing - puing, menghentikan limbah yang dapat beresiko untuk ikan, menangkap sebagian partikel yang tersuspensi dari air, menyingkirkan sebagian limbah yang telah terlarut didalam air, dan kurangi perkembangan ganggang didalam kolam ikan.
 
Sebagian jenis filter kolam ikan yang umum digunakan salah satunya :

1. Filter asupan


Ukuran dari filter konsumsi ini umumnya kecil, lebih kurang 3x3x6 inch. filter konsumsi ini cuma berperan untuk menghindar potongan puing - puing turut tersedot ke didalam pompa hingga dapat bikin pompa jadi rusak

2.Filter yang terendam


 
Filter yang terendam mempunyai ukuran yang semakin besar dari filetr konsumsi. umumnya filter ini dilengkapi dengan karbon atau zeolit untuk filtrasi biologis hingga filter yang terendam ini mempunyai manfaat untuk melindungi air terus bersih serta memerlukan waktu untuk kuras didalam lebih kurang 1 minggu sesudah berisi air bersih.

3. Filter in-line



Filter in-line yaitu sesuatu filter yang berupa tabung yang didalamnya diisi beragam media untuk filtrasi mekanik, kimia, serta atau biologis. filter type ini dapat dipasang pada ke-2 segi konsumsi, baik di bagian input ataupun output pada kolam. disamping itu, filter in-line dapat bekerja dengan baik didalam situasi terendam ataupun terapung.

4. Filter eksternal





Ini adalah type filter kolam ikan yang mempunyai ukuran sangat besar. filter type ini mesti ditempatkan di luar kolam, dapat dengan langkah ditempatkan di atas tanah dekat kolam ikan atau apalagi dikurub didalam tanah. kekurangan dari type filter eksternal ini yaitu ukurannya yang terlampau besar dan untuk bersihkan filter ini mesti kuras habis isi kolam, terhitung sisi air yang barangkali berperan untuk air mancur

Rabu, 30 Januari 2013

Filter Kolam Koi

Filter Kolam Koi (akuariumhias) -Saya kerap riset serta cari2 di internet bagaimana filter koi yang layak. perihal tersebut bikin saya terus bereksperimen didalam pembuatan filter kolam. sampai2 saya buat product filter kolam koi siap gunakan juga. filter tong biru ini menurut saya yaitu di antara type filter yang amat dapat dihandalkan serta membuatnya mudah, terutama bikin yang baru akan cobalah buat filter sendiri. saya cobalah berbagi ya pengalaman saya mudah2 an dapat bermang-faat.

Pendahuluan
filter di kolam amat mutlak keberadaannya, apalagi vital. kolam yang gak mempunyai sitem filter yang cukup umumnya ikannya kerap mati serta menyebabkan penyakit. terlebih jika kepingin miara koi, umumnya yang br miara koi frustasi dikarenakan koi nya kerap mati. selanjutnya kerap berkesimpulan bahwa miara koi sulit. walau sebenarnya dengan sistem filter yang baik, koi yang sehat dapat amat indah dipandang serta buat kt relax bukannya buat stress dikarenakan koi ny sakit & mati mulu, airnya butek dan lain-lain. karenanya mutlak untuk kolam mempunyai sistem filter yang cukup.
 
Teori
Pertama2 saya pingin agan2 tinggalkan dulu pemikiran lama perihal filter kolam. filter kolam langkah kerjanya berbeda layaknya saringan air layaknya yang umumnya orang kira. filter kolam lebih pas dimaksud filter biologis dikarenakan terkait dengan zat2 organik di kolam yang dikarenakan sistem pencernaan ( serta sekresi ) metabolisme ikan. 


Dengan sederhana prosesnya adlah layaknya ini : kita kan kasi makan ikan, nah makanan itu dapat dicerna ikan lantas sisa pencernaan ikan itu berbentuk zat ammonia. ammonia ini amat beracun, maka dari itu jika kolam gak pakai filter kerap sekali perihal ikannya mati... ya jelas saja ammonia nya semakin tinggi ikan gak kuat ( *beberapa ikan amat kuat pada ammonia layaknya lele, nila merah dan lain-lain ) umumnya ikan alami problem jika kandungan ammonia di kolam telah mulai membahayakan.
 
Nah filter itu yaitu area tumbuhnya bakteri pengurai, yang dapat mengurai ammonia jadi nitrat yang tidak terlampau beresiko untuk ikan ( apalagi didalam jumlah yang cukup tinggi ). lantas filter itu dengan teori nya dimaksud bioreactor menumbuhkan bakteri pengurai sebanyak2 nya supaya dapat mengkonversi ammonia hingga kolam bebas ammonia. akhirnya yaitu ikan yang sehat, tumbuh semakin besar serta semakin aktif.

Langkah kerja filter tong biru
dengan umum metode filter biologi ada dua, yakni up-flow serta down-flow. untuk filter tong biru ini metode yang diterapkan yaitu up-flow, berarti mengambil air dari atas, hingga seluruh media terrendam atau dapat dimaksud juga metode soaked atau terrendam. saya aga tekankan untuk senantiasa ingat keywordnya.. . "terendam"
 
Air disedot dari pompa menuju filter, masuk ke bawah filter lantas keluar menuju kolam melewati lubang output dibagian atas filter.

Metode filter kolam
Metode yang digunakn untuk filter eksternal ini yaitu gravity fed filter system, berarti pompa disimpan di basic kolam lantas dialirkan menuju filter serta dengan air dari filter masuk lagi ke kolam layaknya ilustrasi2 dibawah ini : 

 
 
Filter tong biru
Prinsip kerjanya up-flow, lantas air masuku dr bawah serta keluar dari atas, karena seluruh media filter terrendam. :

Minggu, 27 Januari 2013

Panen Dollar dari Arwana Super Red

Panen Dollar dari Arwana Super Red (akuariumhias)- Usaha ikan arwana hasil penangkaran menjanjikan keuntungan cukup besar serta tidak dulu kekurangan pesanan. terlebih beberapa pengagum ikan hias di seluruh dunia mengakui mutu arwana indonesia sebagai yang sangat bagus.

Situasi ini bikin arwana adalah ikan hias kebanggaan indonesia, hingga tidak mengherankan bila banyak pengagum ikan hias dari mancanegara yang berupaya memperolehnya segera dari indonesia. tetapi sayangnya sedikit entrepreneur indonesia yang tekuni usaha ini, hingga justru negara lain yang mempopulerkan ikan yang beberapa orang sebagai pembawa keberuntungan.

Direksi PT. Munjul Sempurna Utama, florence, menyebutkan perusahaannya sangat sedikit mengirim ikan arwana type super red ke jepang serta korea selatan sejumlah 600 ekor atau senilai us$1, 8 juta.

Bila nilai kurs dolar amerika sekarang ini meraih Rp9. 600, maka pendapatan pt munjul sempurna utama 1 tahun dapat meraih Rp16, 5 miliar.

Angka keinginan arwana dari jepang serta korea selatan sesungguhnya jauh semakin banyak, namun kami cuma dapat menghasilkan arwana sejumlah 600 ekor per th., tuturnya pada usaha pekan lantas.

Florence menyebutkan type ikan arwana ini amat laris di pasar internasional serta indonesia mempunyai potensi yang amat besar sebagai penghasil arwana super red. tetapi demikianlah bukan hanya bermakna type arwana lain tidak laris di pasaran, dikarenakan pengagum ikan hias ini juga terdiri dari beragam susunan penduduk.

Via penangkaran

Florence mengatakan menerjuni usaha ikan hias type arwana ini tidak mudah dikarenakan pemerintah cuma berikan izin perusahaan yang lakukan penangkaran. ini untuk hindari berlangsungnya perdagangan ilegal satwa liar yang banyak berlangsung belakangan ini.

Dia mengatakan satwa liar hasil penangkaran mempunyai sinyal pengenal spesial layaknya micro chip yang disuntikkan didalam tubuh ikan.

Ini dikerjakan mengingat satwa yang diperdagangkan terhitung didalam satwa liar yang dilindungi pemerintah.
Layaknya diketahui pamor arwana ( scleropages formosus ) saat ini kembali naik, sesudah sekian lama surut oleh kehadiran louhan. sekian waktu lantas, ikan purba ini alami puncak kejayaannya jadi primadona ikan hias.
Arwana super red yaitu type yang sangat banyak diminati konsumen asal luar negeri, terutama jepang, korea selatan, serta china.
 
Tetapi sayangnya pasar internasional arwana telah dikuasai jepang, dikarenakan negeri itu mempunyai teknologi serta jaringan distribusi perdagangan ikan hias dunia.

Walau sebenarnya jepang beli arwana super red itu dari indonesia lantas dibesarkan serta di rekayasa hingga warnanya menyala serta wujud tubuhnya jadi indah. mengakibatkan justru arwana yang diperdagangkan jepang yang laris dipasaran, sesaat negara penghasil ikan langka itu layaknya indonesia cuma memasok ke peternak di jepang.
Tak hanya punya potensi sebagai komoditas ekspor, ikan arwana juga jadi primadona perdagangan ikan hias didalam negeri. perihal ini yang mengakibatkan arwana banyak dibicarakan orang di mana-mana.

Arwana sendiri sesungguhnya mempunyai banyak type diantaranya golden red, super red, silver, irian, serta golden. dari type itu, yang sangat mahal yaitu super red. untuk ukuran panjang 25 cm dapat meraih rp10 juta lebih per ekor.
Arwana irian yang banyak digemari pehobi didalam negeri harga nya lebih kurang rp 90. 000 per ekor.

Demikianlah juga dengan type golden pino banyak yang berminat. ikan type ini yang selama 15 cm berumur empat bln. rp400. 000, namun silver ( brasil ) panjang 20 cm rp100. 000 per ekor.
 
Seorang pedagang ikan hias di bogor mengatakan omzet penjualan mereka didalam 1 bulan diperkirakan kian lebih rp1 miliar.

Bila omzet penjualan yang didapatkan per bln. oleh pedangan dapat meraih miliaran rupiah dapat dipikirkan begitu ikan ini mempunyai daya tarik bagi warga.

Jumat, 25 Januari 2013

Arwana Termahal : Arwana Super Red

Arwana super red termahal di Indonesia (ocehankenari) : ikan arwana super red bernama oscar de la hoya yang sekian waktu lantas bernilai Rp280 juta, saat ini meraih US$100. 000 ( berkisarRp900 juta ). harga oscar melonjak dikarenakan ikan itu pada 26 mei jadi juara pertama kontes internasional aquarama di singapura. menurut sutanto, pemilik oscar de la hoya, inilah ikan termahal kepunyaannya. Jadi juara pertama didalam kontes kelima aquarama yang diselenggarakan dua th. sekali adalah kebanggaan tersendiri. oscar yaitu arwana pertama dari indonesia sebagai juara satu serta otomatis mengangkat ikan type ini dari Indonesia. 

Kenapa oscar de la hoya dapat semahal itu serta jadi juara ? yang jelas memiliki bentuk unik, tampilannya gagah, kepalanya layaknya sendok, dayungnya panjang, ekornya panjang serta warna pada siripnya tampak indah alami. “yang aneh jelas lebih menarik, lebih mahal bila anehnya prima, ” kata sutanto dari elkindo, captive breeder of red arowana. anehnya, bongkoknya itu jadikan wujud tubuhnya prima. kelainan wujud itu mungkin cacat, namun lantas unik. 

Untuk orang yang suka dengan yang aneh-aneh, ikan arwana yang unik lantas mahal, layaknya wujud parrot ( bongkok ). sutanto juga dulu mempunyai ikan arwana yang matanya empat, kumisnya empat berjajar. tetapi sayang pada usia 1bulan telah mati. lantas kebanggaan untuk arwana bongkok didalam 1 tahun dapat ada dua-tiga ekor. untuk memastikan harga nya bergantung wujud ikannya, prima atau tidak. “kalau prima yang kecil dapat empat hingga lima kali lipat dari harga ikan normal. contohnya harga ikan arwana normal rp3 juta-rp4 juta, yang aneh itu dapat rp15 juta apalagi dapat lebih. ” di elkindo juga ada ikan arwana yang dinamakan muhammad ali, wujud tubuhnya bongkok. wujud, mulut, dayung, ekornya panjang lebar. cacat namun enak dipandang. memanglah ada saja penggemar arwana melacak yang aneh. umumnya bila tidak betul-betul hobi tidak berani beli, dikarenakan harga nya mahal. untuk mereka mengeluarkan uang banyak tidak lantas masalah. “kalau orang lain tidak mempunyai, itu kan kebanggaan. ” edo kristanto, peternak arwana, menyebutkan bila uniknya prima otomatis harga nya mahal dikarenakan mencarinya sulit. dari 1. 000 ekor barangkali cuma ada satu ekor. tetapi, bila cacat dikarenakan sakit harga nya tidak dapat mahal. 

Memanglah harga mahal itu bergantung bagaimana keunikannya. wujud ie tiaw lung ( satu naga ) terhitung unik, harga nya mahal. namun ie tiaw lung bila tidak ditunjang anatomi yang bagus kurang menarik. dari induk ie tiaw lung, apabila menetaskan dari 30 ekor yang ie tiaw lung sangat banyak 10 ekor. sesaat itu, aris kumaidi dari pt inti kapuas arowana tbk yang membawahi proshop shelook red menyebutkan ukuran yang dapat dijual sangat kecil 12 cm -15 cm dengan harga rp5 juta, yang unik dapat hingga rp20 juta, bergantung keinginan pasar. yang terbilang unik serta harga nya lebih mahal dari yang normal yaitu ikan arwana yang le tiaw lung, susunan sisik yang rata satu, bongkok. ukuran 35 cm harga nya dapat rp50 juta lebih. arwana parrot plus ie tiaw lung adalah maskot. dikarenakan keunikannya, ada saja yang mencarinya. 

Arwana yang wujud kepalanya layaknya sendok, harga nya mahal juga, sekurang-kurangnya satu 1/2 kali hingga 2 x dari harga ikan arwana yang normal. “yang unik bawa keberuntungan lebih, untuk mereka yang yakin fengshui ada hitungan. bila cacat atau unik, jadi lantas kemampuan, ” kata Aris. gunawan, domestic marketing Pt Inti kapuas arowana tbk menyebutkan mempunyai arwana unik adalah kepuasaan untuk pemiliknya dikarenakan mempunyai koleksi spesial.

Gunawan dulu jual arwana unik rp80 juta dengan ukuran 40 cm. di shelook red ada 11 ekor arwana yang sirip sisi bawahnya nyambung dengan ekor. harga nya ? “tergantung tawaran dari customer sendiri, umumnya kita tengok pasarnya, ” kata aris. menurut gunawan, arwana ini lagi booming, dikarenakan memelihara arwana tidak rugi, marketnya tidak turun, terlebih pihaknya sediakan program buy back. yang beli ukuran 12 cm-15 cm dengan harga rp5 juta, sesudah 1 tahun dihargai rp6 juta, sesudah dua th. rp 7, 5 juta apabila pemiliknya jual kembali ke shelook red. mengapa ada buy back ? “itu jaminan mutu super red. ” tak hanya program buy back, ada program perawatan dari pihak shelook red dengan cost rp700. 000 per bln.. shelook dapat mengirim petugas ke area pemilik arwana untuk bersihkan akuarium serta memonitor ikan 1 minggu 2 x.

Budidaya Udang Hias Air Tawar


Budidaya Udang Hias Air Tawar (akuariumhias) -Tak hanya udang mengonsumsi, budidaya udang hias air tawar atau dwarf freshwater shrimp juga tidak kalah menjanjikan. dari sekian banyak varian udang hias air tawar, di antara yang sangat banyak jadi buruan yaitu red cherry atau dikenal dengan nama red cherry shrimp ( rcs ). 

Cocok dengan namanya, udang ini mempunyai warna basic merah dengan garis-garis putih berkilat dibagian punggungnya. wujud tubuh udang ini mungil dengan ukuran 1, 5 cm. ( cm ). tak hanya indah, udang ini dapat melindungi kebersihan akuarium. 

Lantaran keinginannya lumayan tinggi, saat ini beberapa orang mulai membudidayakan udang red cherry. di antaranya adalah setiawan budi, pemilik cv fajar alam jaya aquatic & plants di kota bandung, jawa barat. 

Ia mulai membudidayakan red cherry sejak th. 2003. namun, menurut budi, udang ini baru mulai booming didalam 1 tahun paling akhir. “udang red cherry senantiasa dicari beberapa pehobi ikan hias serta pasarnya terus meningkat dari th. ke th., ” tuturnya. 

Didalam 1 bulan, budi dapat jual sampai 60. 000 ekor red cherry. pelanggannya dimulai dari toko ikan hias sampai beberapa eksportir yang sering melempar udang ini ke pasar mancanegara. “kebanyakan yang berminat dari lokal, yaitu dari bogor, jakarta, serta lokasi lain di indonesia, ” jelasnya. 

Dengan harga jual sebesar rp 500 per ekor, budi dapat memperoleh omzet sampai rp 30 juta tiap-tiap bln.. udang red cherry yang ia lego rata-rata berumur satu sampai dua bln.. 

Budi katakan, harga red cherry dapat melonjak tinggi bila pembudidaya dapat mengeluarkan warna yang menawan. “harganya dapat meraih rp 2. 000 – rp 3. 000 per ekor, ” tutur dia. 

Tingginya keinginan red cherry, budi menyebutkan, tetap dapat berlanjut didalam satu tahun lebih ke depan. pasalnya, pehobi tanaman aquascape makin jadi tambah serta mereka biasanya memerlukan udang ini sebagai pembersih. “permasalahan utama didalam aquascape yaitu cepat dihinggapi lumut, serta lumut inilah yang dimakan oleh red cherry, ” papar budi. 

Tak hanya keinginannnya tinggi, budidaya udang ini juga relatif gampang. budidaya dapat dikerjakan di kolam ataupun akuarium. 

Pembudidaya yang lain yaitu zulfikri asal sidoarjo, jawa timur. ia mengakui, budidaya udang red cherry saat ini cukup menjanjikan. zulfikri sudah jadi pembudidaya udang hias terhitung type red cherry sejak th. 2008. 

Didalam 1 bulan, zulfikri memasarkan sekurang-kurangnya 2. 000 ekor anakan udang red cherry. harga jual per ekor rp 1. 000. tak hanya anakan, ia juga jual indukan red cherry dengan harga rp 5. 000 per ekor. 

Saban bln., zulfikri dapat menlego sejumlah 50 gunakan indukan red cherry. pelanggan zulfikri umumnya datang dari lokasi jawa timur, layaknya di kota surabaya serta sidoarjo. ( surabayapost )

Minggu, 20 Januari 2013

Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium


Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium (akuariumhias) -Ikan arwana bisa hidup baik di akuarium. walau demikian, ikan tersebut bisa hidup baik di akuarium jika akuariumnya dapat beri dukungan kehidupan arwana. akuarium yang layaknya apakah yang cocok untuk arwana ? inilah tips memelihara ikan arwana didalam akuarium. 

A. Akuarium serta perlengkapan yang mencukupinya. 
sukses tidaknya akuarium jadi yang nyaman untuk ikan arwana, amat di pengaruhi oleh kelengkapan fasilitas pendukungnya. 
  • Aerator. manfaat aerator atau pompa hawa yaitu menyuplai hawa ke didalam air akuarium sekalian menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pernapasan ke luar dari akuarium. aerator dikatakan baik, bila arus listrik yang menggerakkannya kecil, namun hawa yang ditiupkannya relatif banyak. 
  • Heater serta thermometer. alat pemanas ( heater ) ini dibutuhkan pada saat suhu air akuarium turun dengan mencolok. namun alat pengontrol suhu air termometer juga dipasang didalam akuarium. di tempat dingin, heater serta termometer ini amat diperlukan. 
  • Filter. manfaat filter atau penyaring air didalam akuarium. filter ini berperan untuk menyedot air akuarium, menyaring serta mengembalikannya lagi ke didalam akuarium didalam situasi bersih. 
  • Lampu TL. keberadaan lampu tl, tak hanya menyinarkan sinar, juga untuk mempercantik tampilan akuarium. walau demikian, cahaya lampu tl justru bisa menyebabkan panas yang melebihi keperluan. idealnya untuk akuarium seluas 80 kali 40 cm membutuhkan lampu tl berdaya 20 watt. 

Rajin lakukan perawatan akuarium. tidak mau'>harus bila anda terlanjur menyukai ikan arwana didalam akuarium, anda mesti rajin lakukan perawatan. dengan perawatan yang baik, maka tampilan arwana didalam akuarium terlihat sehat, fresh serta mengasyikkan. 

B. Pemberian makanan yang cocok keperluan arwana. 
Makanan utama ikan arwana didalam akuarium yaitu kelabang. walau demikian arwana janganlah terus-menerus diberi kelabang. baiknya divariasikan dengan makanan lain. perumpamaannya : udang, kecoa, katak, lipan, kadal, ataupun jangkrik. 

C. Pengontrolan serta penggantian air. 
Tiap-tiap hari anda mesti mengontrol suhu serta ph air. adapun suhu air ideal untuk ikan arwana lebih kurang 25-27 derajat celcius. apabila suhu air dingin, segera nyalakan heater sampai suhu air cocok keperluan. namun ph yang dikehendaki lebih kurang 6-8, 5. andaikata ph terlampau rendah, maka tambahlah kapur kedalam akuarium. disamping itu, sanitasi air butuh di perhatikan juga, silahkan menyembuhkan air akuarium dengan malachite green, dengan frekwensi 3 minggu sekali. 

Serta janganlah lupa, air akuarium juga butuh diganti. tetapi penggantiaa air dipilahkan jadi dua, yaitu : 
penggantian air dengan reguler tiap-tiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari semua volume air akuarium, dan 

Keseluruhan penggantian air dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali. bila anda menggunakan air pam, baiknya dilewatkan 24 jam terlebih dulu supaya kandungan khlor mengendap serta sesudah itu arwana baru dimasukan kedalam akuarium. 

D. Penataan interior akuarium. 
kehidupan didalam akuarium adalah tiruan lingkungan hidup di alam bebas. oleh dikarenakan itu, butuh penataan interior didalam akuarium. perihal ini bermakna menuntut apresiasi estetika, hingga perpaduan pada keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana sanggup menampilkan nuansa yang serasi. 

E. Tanaman air. 
Mengingat asal-muasal ikan arwana yang senang bersembunyi dibawah tanaman air, maka anda juga mesti sediakan tanaman air. ada sebagian type tanaman air yang bisa dipilih diantaranya : vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, najas indica. 

F. Pasir batuan. 
Pasir dipakai sebagai landasan peletakan batuan. baiknya anda menggunakan pasir sungai, yang tetap bercampur dengan humus. selain itu, anda juga butuh berikan batuan serta karang-karangan. ukuran batu yang ideal berdiameter 3 mm. batuan tersebut mempunyai beragam corak serta warna yang bermacam dan indah dilihat.

Tips Memelihara Ikan Hias Air Laut 2


Tips Memelihara Ikan Hias Air Laut (akuariumhias) -Memelihara ikan hias air laut sebenarnya amat gampang, cuma saja anda memerlukan sedikit pengetahuan untuk betul-betul bisa meikmati keindahan ikan yang biasa hidup di bawah laut ini. di bawah ini sebagian tips untuk memelihara ikan hias air laut. 

Anda janganlah tergesa-gesa memasukkan ikan air asin ke didalam akuarium. perihal ini mempunyai tujuan supaya situasi akuarium mendekati dengan lingkungan aslinya terlebih dulu. lantas, air didalam akuarium mesti memiliki siklus nitrogen, hingga bisa menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung didalam kehidupan air asin. biasanya bakteri-bakteri ini dapat nampak pada minggu ke 4 sesudah siklus diawali. 

Anda janganlah memasukkan ikan terlampau banyak didalam akuarium. perihal ini bisa bikin ikan stres serta gampang mati. disamping itu, anda juga janganlah meberikan makanan ikan didalam jumlah banyak dikarenakan bisa bikin akuarium lebih cepat kotor. mengakibatkan, mutu air dapat cepat alami penurunan hingga dapat mempermudah ikan laut anda sakit serta mati. 
anda butuh lakukan aklimatisasi. ikan baru yang dapat dimasukan ke didalam akuarium terlebih dulu mesti sesuai suhunya dengan suhu akuarium. caranya ambangkan ikan yang tetap didalam plastiknya di akuarium lebih kurang 20 menit, sesudah itu buka serta masukan sedikit air akuarium ke didalam plastik ikan baru serta diamkan sepanjang 10 menit. sesudah itu, ikan baru dimasukan kedalam akuarium. 

Anda cuma cukup berikan makan, 1 barangkali. ikan laut anda baiknya tidak terus-terusan diberi makan, 1 kali 1 hari dirasa telah cukup. makanan yang terlalu berlebih dapat cepat turunkan serta kurangi mutu air didalam akuarium. 

Lengkapi akuarium dengan karang hidup sebanyak-banyaknya untuk melindungi mutu air dengan alami. pakai karang yang berwarna ungu atau bayak sisi batangnya yang berwarna ungu. 

Anda butuh memberikan tumbuhan air laut. tumbuhan ini bisa menolong melindungi kesetabilan mutu air, terlebih rumput asam ( caulerpa sertularioides ), rumput jarum ( chaetomorpha ) atau anggur hijau. tumbuhan ini bisa kurangi kandungan nitrat serta bikin akuarium lebih beri kesegaran untuk ikan. 
ubahlah air lebih kurang 20% dari jumlah air didalam akuarium. penggantian air ini butuh dikerjakan tiap-tiap 2 minggu sekali. 

Jagalah ph air supaya tidak teralu rendah atau terlampau tinggi. bila ph air yang terlampau renda anda dapat menggunakan obat kalkwasser. adapun untuk lihat kandungan garam anda dapat menggunakan hydrometer. 
pakai protein skimmer untuk melindungi mutu air laut. seluruh akuarium laut, baik ditoko ikan hias ataupun di seaworld seluruh menggunakan protein skimmer. 

Berikanlah ikan anda udang pellet. udang pelet amat berguna dikarenakan suka mengonsumsi bakteri whitespot ( bintik-putih ) yang kerap nampak pada tubuh ikan. 

Jagalah suhu air. suhu yang baik untuk ikan yaitu 28 derajat celcius serta untuk suhu koral 20 derajat celcius. 
demikianlah artikel dengan judul inilah tips memelihara ikan hias air laut yang baik, semoga bisa berguna untuk penggemar ikan hias air laut.

Kamis, 17 Januari 2013

Tips Merawat Akuarium Air Laut

Tips Merawat Akuarium Air Laut (akuariumhias) -Mempunyai sesuatu akuarium air laut yang berisikan terumbu karang indah serta beragam ikan cantik adalah yang dimimpikan tiap-tiap pehobies. tetapi memelihara ikan laut ditambah lagi dengan terumbu karangnya bukan hanya perihal gampang, ikan laut serta terumbu karang amat peka pada lingkungannya layaknya mutu air ataupun sesama penghuni akuarium. tetapi dengan pengetahuan cara menjaga akuarium air laut yang cukup keindahan laut serta penghuninya dapat kita pindahkan kerumah kita.

Sebenarnya ada sebagian strategi sederhana saat merawat akuarium air laut supaya ikan serta terumbu karang bisa hidup dengan sehat serta indah di pandang mata. Tersebut cara menjaga ikan serta terumbu karang didalam akuarium air laut.

1. Air didalam akuarium harus kerap di ubah(diganti).
Air di ubah sejumlah 20% tiap-tiap 2 minggu sekali, 50% tiap-tiap 1 bulan sekali. pakai air laut untuk ganti air akuarium air laut, namun untuk menambah air akuarium air laut yang menguap dipakai air tawar yang sudah di aklamasi dikarenakan yang menguap cuma air saja namun garamnya tertinggal di akuarium.

2. Senantiasa teliti ph serta kandungan garam
Ikan hias air laut serta terumbu karang memerlukan ph serta kandungan garam yang cocok. ph bisa di dicek menggunakan kertas lakmus atau ph mtr., apabila terlampau rendah bisa di imbuhkan obat kalkwasser. kandungan garam dapat di check dengan hydrometer, kandungan garam yang normal ada di penunjuk hydrometer.

3. Gunakan protein skimmer.Protein skimmer adalah alat yang sangat mutlak saat menjaga mutu air laut. harga nya lebih kurang rp 250. 000-an.

4. Pakai karang hidup
Gunakan karang hidup sebanyak-banyaknya manfaat melindungi mutu air dengan alami. karang hidup adalah karang yang masih banyak bagiannya berwarna ungu. gunakan sekurang-kurangnya 1/3 dari volume akuariumnya, harga nya lebih kurang rp 20. 000-an per batu.

5. Gunakan tumbuhan air
Tumbuhan air dapat dipakai untuk melindungi mutu air serta mempercantik tampilan. tumbuhan air yang dapat dipakai layaknya rumput asam ( caulerpa sertularioides ), rumput jarum ( chaetomorpha ) atau anggur hijau. tumbuhan air ini dapat kurangi kandungan nitrat dengan penting dan bikin air lebih mengasyikkan bikin ikan.

6. Teliti suhu air
Suhu air didalam akuarium harus senantiasa dicek, pakai termometer digital yang dipasang segera di akuarium serta setel alarm apabila suhu terlampau tinggi atau terlampau rendah. suhu air akuarium air laut paling baik yaitu 28 derajat celcius untuk ikan di bawah, serta 25 celcius untuk terumbu karang.

7. Janganlah segera memasukan ikan
Janganlah dulu segera memasukkan ikan hias ke didalam akuarium yang baru di-setup. agar situasi akuarium menyerupai aslinya maka harus dibikin ”siklus nitrogen”, air akuarium yang bersirkulasi dapat menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung kehidupan laut ( aerob serta anaerob ). bakteri ini baru nampak lebih kurang 4 minggu. untuk akuarium baru dapat di check memasukan ikan betok hijau terlebih dulu.

8. Aklamasi terlebih dulu ikan yang baru dibeli
Ikan hias yang baru dibeli didalam kantung plastik harus sesuai dulu suhunya dengan suhu akuarium. ambangkan ikan tetap didalam plastiknya di akuarium sepanjang 20 menit, setelah itu buka plastiknya, masukkan sedikit air akurium ke plastik ikan baru, diamkan lagi sepanjang 10 menit. setelah itu, ikan dapat dimasukkan ke akuarium. matikan dulu lampunya agar ikan tidak stress.

9. Batasi ikan
Ikan yang terlampau banyak dapat bikin ikan mudah stress serta mati, pemberian makan harus banyak serta air cepat kotor. ikan yang banyak dapat merepotkan didalam perawatan, terlebih apabila macamnya tidak sama lain. tentukan saja sebagian ikan yang sangat disukai.

10. Isi dengan ikan kecil
Apabila kita isi akuarium air laut dengan ikan hias kecil, akuarium dapat tampak lebih luas. bila berisi ikan hias besar, akuarium dapat tampak lebih sempit.

11. Pemberian makan 1 kali sehari
Pada ikan laut, tambah baik kurang dari pada lebih. 1 barangkali telah cukup, makanan yang terlalu berlebih bisa turunkan mutu air laut didalam akuarium air laut.

12. Pelihara ikan jabing
Manfaat menyingkirkan lumut yang tumbuh di pasir akuarium, dapat kita pelihara 1 ekor ikan jabing kecil. ikan jambing ( lawnmower blenny ) dapat bersihkan basic pasir dari lumut kecoklatan karena ikan jabing suka mengonsumsi lumuttersebut. ikan jabing sekarang ini popular di kelompok umur hobies karena memiliki tingkah yang unik serta menarik. tentukan saja yang kecil, karena bila besar bisa bikin pasir berantakan.

13. Pelihara udang pelet 5 ekor ( lysmata amboinensis )
Udang pelet ini amat berguna karena suka mengonsumsi bakteri whitespot ( bintik putih ) yang kerap nampak pada ikan.
 
Cara menjaga ikan laut lebih sukar di banding memelihara ikan air tawar, terlebih bila didalamnya kita isi dengan terumbu karang hidup. tetapi apabila kita dapat mengerjakannya, keindahan yang di bisa amat pantas dengan apa yang kita kerjakan. cintailah hewan peliharaan kita sebagaimana kita menyukai keluarga kita sendiri.

Jenis Jenis Terumbu Karang Laut

Jenis Jenis Terumbu Karang Laut (akuariumhias) -Bagi anda pecinta akuarium air laut, mungkin gambar ini dapat sedikit membantu anda untuk memilih terumbu karang yang cocok untuk akuarium anda, karena terumbu karang ini akan mempengaruhi keindahan dan juga pilihan ikan yang akan di pasang di akuarium air laut.