Jumat, 30 November 2012

Tanaman Hias untuk Akuarium


Tak hanya berkesan alami serta artistik, ada tanaman air di akuarium juga dapat berikan faedah besar untuk pengelolanya. 

Pada awalnya orang memiliki akuarium untuk nikmati keindahan ikannya saja. tetapi akuarium yang cuma diisi ikan saja merasa kurang lengkap. tak hanya ikan, akuarium dapat lebih prima bila diisi tanaman air atau benda - benda lain yang kerap ada didalam perairan. 


Artistik serta bermanfaat 
Awal mulanya kehadiran tanaman didalam akuarium cuma berperan sebagai dekorasi saja. nyatanya ada tanaman air memanglah bikin akuarium lantas lebih menarik. lebih - lebih bila penataannya dirancang dengan pas, hingga kehadirannya cocok dengan penataan lampu, pasir, serta batu - batuan penghias yang ditaruh didalamnya. 

Tetapi pemakaian tanaman untuk akuarium, nyatanya bukan hanya berguna untuk kepentingan artistik saja. faedahnya nyatanya tidak kecil serta amat beruntung. sebagian faedah yang beruntung itu, dari berbagai sumber diperoleh beberapa kesimpulan :
1. Tanaman air didalam akuarium bisa dipakai sebagai alat pemantau situasi serta mutu air akuarium. bila tanamannya tumbuh sehat, bermakna situasi mutu airnya bagus hingga ikan bisa berkembang dengan baik. bila tanaman mati atau merana, bermakna ada suatu hal yang tidak mencukupi kriteria hingga kehidupan ikan lalu dapat terganggu. 

2. Tak hanya menambah keindahan, tanaman air bisa juga berperan untuk menyerap kotoran ikan serta kotoran lembut yang melayang - layang di air. dikarenakan kotorannya terserap, kejernihan air akuarium dapat dipertahankan didalam periode waktu lama. airnya tidak cepat menghijau serta ph nya relatif stabil. 

3. Kehadiran tanaman air di akuarium bisa juga berperan melindungi stabilitas oksigen yang ada didalamnya. pada waktu berasimilasi, tanaman dapat menyerap karbondioksida serta mengeluarkan oksigen yang bermanfaat untuk kehidupan ikan. karena ikan didalam akuarium dapat hidup lebih nyaman. 

4. Tanaman air adalah area persembunyian ikan - ikan kecil dari kejaran ikan besar, serta juga area berlindung sangat ideal untuk ikan dari sengatan cahaya yang terlampau tajam, bila lampunya terlampau panas. 

5. Akuarium yang ada tanaman airnya berkesan alami. di sela - sela tanaman air itu lah ikan bisa melacak makanan tambahan berbentuk ganggang yang melekat pada tanaman. tanaman itu juga bisa dipakai sebagai area menyimpan telur, bila ikannya berpijah. 

Penentuan tanaman baiknya sesuai dengan ukuran akuarium serta ikan yang dipelihara didalamnya. penempatannya lalu mesti pas serta diperhitungkan sebaik-baiknya, supaya dapat berikan faedah yang optimal baik sebagai hiasan ataupun didalam pengelolaan akuariumnya.

Berikut jenis tanaman yang bisa dipilih untuk akuarium atau aquascaping anda :
























Ikan Hias Rasbora


Rasbora sebagai type ikan air tawar yang punya panjang tubuh 1 s/d 10 cm. ikan ini sebagai perenang kuat serta sebagai ikan omnivora. Tanda-tanda ikan jantan yaitu warna tubuh lebih gelap sedang ikan betina punya warna tubuh lebih terang.

Menurut kottelat (1993), genus rasbora miliki 43 spesies. perihal yang membedakan pada spesies rasbora sp. yang satu dengan yang lain yaitu morfologi serta area persebarannya. ikan rasbora betina miliki ciri seksual sekunder berbentuk wujud perut yang lebih cembung terlebih pada waktu mijah sedang yang jantan wujud perutnya lebih ramping. 

Pemijahannya butuh situasi mutu air yang cocok, kebanyakan berjalan pada musim pancaroba. rasbora betina bakal pilih pasangan mijah yang cocok serta pemijahan berjalan sepanjang beberapa waktu. telur yang sudah dibuahi ditempatkan diatas substrat ( sterba, 1989 ) atau menempel pada tumbuhan air ( semail, 2006 ) serta bakal menetas jadi larva sehabis 24 – 30 jam ( sterba, 1989 ). 

Rasbora bukan hanya juga grup ikan yang diperdagangkan pada akhir ini, namun mereka juga sebagian spesies yang amat disukai banyak orang serta populer ada untuk pengagum sekarang ini. tak hanya banyak rasbora baru yang nampak terus-terusan di toko toko, serta banyak bikin akuarium besar ikan kecil untuk akuarium ditanam jadi lebih disukai banyak orang, tank lebih kecil, serta akuarium air lebih lembut. the rasbora’s ( rasborinae ) yaitu sisi dari grup yang tambah besar layaknya ikan ikan mas ( cyprinidae ), yang meliputi barbs, hiu, serta loaches. danios juga sebagai sisi dari grup rasbora. 
habitat 

Nyaris seluruh rasbora yang datang dari asia tenggara serta indonesia walaupun habitat lokal mereka tidak sama dari kolam-kolam kecil serta benar-benar bervegetasi aliran untuk sungai dataran tinggi serta aliran air mengalir. sedikit yang ditemukan di sungai yang tambah besar serta ukuran kecil mereka bikin mereka semakin lebih sesuai untuk lingkungan yang lebih kecil dimana mereka kurang dimangsa oleh spesies yang tambah besar. rasbora yaitu mikro predator, bermakna mereka makan terlebih pada organisme air kecil serta serangga, yang kerap didalam kelimpahan lebih kurang saluran air yang lebih kecil serta area bervegetasi. 
pembiakan.

Rasbora bakal bertelur di lingkungan yang pas namun sukses menaikkan jumlah anakan di tangki pembiakan spesial dengan set-up dengan peralatan serta dekorasi yang dirancang spesial untuk tujuan membesarkan benih. gara-gara ukuran induk umumnya ikan kecil saja, anakan pastinya benar-benar kecil serta butuh diberi makanan cair atau rotifera untuk langkah 

Pertama hidup mereka. rasbora yaitu ikan yang letakkan telur serta terkait pada spesies baik bakal menyerakkan telur atau bertelur pada atau pada daun tanaman. tidak tipis area vegetasi yang dibutuhkan untuk pemijahan oleh beberapa besar spesies serta menambahkan tanaman mengambang akan mendukung. banyak rasbora mampu didorong untuk bertelur lewat pemanfaatan yang air benar-benar lembut, sedikit asam, banyak vegetasi serta cukup cahaya matahari alam dipadukan dengan area berbayang. sistem kawin umumnya berjalan beberapa waktu sebelum akan pemijahan.

Penyakit Pada Ikan Hias


Kerapkali hobbies ikan hias alami masalah didalam pemeliharaan ikan hias yang dikarenakan beragam jenis hama serta penyakit. kerapkali kurangnya pengetahuan serta keterlambatan penanggulangan atau ada kekeliruan pemberian obat mengakibatkan kematian ikan hias yang paling disayangi. 

Dengan garis besar penyakit ikan hias bisa di grupkan jadi tiga type pemicunya, yaitu : parasit, bakteri, serta virus, tak hanya akibat ikan hias alami stress yang berkepanjangan, teruma pada ikan hias yang gampang stess contohnya ikan koi 

Di antara seluruh pemicu penyakit ikan hias yang sangat beresiko yaitu penyakit yang dikarenakan oleh virus, jika tidak segera diobati dapat mengakibatkan kematian kurun waktu singkat cuma didalam satuan hari, serta bisa jadi wabah yang mengakibatkan kematian massal apabila ikan hias yang terjangkit tidak segera di karantina serta di obati. 


Saat melakukan penyembuhan pada ikan hias yang sakit sebaiknya kita mesti terlebih dulu mengetahui type penyakit serta pemicunya hingga bisa dengan pas berikan obat yang cocok dengan penyakit yang terkena. pemberian obat yang salah bisa menyebabkan perihal yang fatal pada ikan hias apalagi bisa mengakibatkan kematian pada ikan hias. 

Di bawah ini sebagian type penyakit yang biasa menyerang ikan hias :


Ikan koi terhitung di antara type ikan hias yang amat rawan pada penyakit. apalagi pada satu tahun lebih yang lantas pemerintah dulu mengeluarkan aturan untuk stop lakukan impor ikan koi dikarenakan disinyalir ada sebagian type penyakit yang menular yang dibawa oleh ikan - ikan koi impor tersebut. meskipun rawan pada banyak type penyakit, tetapi apabila kita tahu serta mengerti penyakit - penyakit pada ikan koi serta langkah mengobatinya, maka kita tak perlu mempunyai rasa cemas yang terlalu berlebih pada ikan koi punya kita. 

di bawah ini yaitu penyakit - penyakit pada ikan koi serta langkah mengobatinya : 


1. Busuk sirip serta ekor 

Penyakit ini dikarenakan oleh bakteri aeromonas hydrophylla. butuh diketahui bahwa bakteri type ini umumnya melekat di bagian tubuh ikan yang terluka hingga dapat mengakibatkan infeksi yang bisa berkembang dengan amat cepat. 

Langkah menyembuhkan : 

pakai fenoksietanol, nitrofurazon/kloramin. campur ke-2 bahan tersebut sejumlah 1gr per 1 kg pakan 

2. Jamur saprolegnia 

Sinyal utama bahwa seekor ikan koi terinfeksi penyakit ini yaitu terdapatnya serabut serupa kapas yang berwaran kehijauan. serabut ini dikarenakan oleh ada ganggang / alga pada air kolam. 

Langkah menyembuhkan : 

masukkan ke didalam air kolam larutan 2 sendok makan abate ditambah dengan 4 sendok makan garam dapur untuk kolam yang berukuran 2 kali 3. ulangilah sampai 3 - 4 kali hingga serabut yang ada pada tubuh ikan koi tersebut hilang 

3. Cacing kulit 

Penyakit ini dikarenakan oleh type cacing gyrodactylus sp. ciri - ciri koi yang terkena penyakit ini yaitu koi senantiasa emnggosok - gosokkan tubuhnya ke benda - benda keras yang ada didalam kolam 

Langkah menyembuhkan : 

Rendam koi ke didalam 10 liter air yang sudah diberi antiparasit layaknya malacite green 2% sepanjang 10 menit 

4. Kolumnaris 

Penyakit yang dikarenakan oleh bakteri fexibacter columnaris ini bikin mulut koi jadi terlihat putih. penyakit ini populer cepat sekali emnular ke koi sehat lainnya 

Langkah menyembuhkan : 

Pisahkan koi yang sudah terinfeksi penyakit ini. tempatkan koi pada kolam yang diisi air bersih serta taburi garam sejumlah 10% dari jumlah volume air. sterilkan peralatn yang dipakai dengan larutan fenoksietanol atau dapat juga emnggunakan nifuropirinol 

5. Dropsi 

Ciri koi yang terinfeksi penyakit ini yaitu sisik yang terkelupas serta ada pembengkakan pada jaringan tubuh koi hingga mengakibatkan koi sukar berenang serta mengakibatkan koi sesak nafas 

Langkah menyembuhkan : 

berikanlah larutan anti bakteri atau garam dapur pada kolam. apabila pingin akhirnya lebih maksimal, kita dapat memberikan asam oksilin yang dicampurkan pada pakan ikan koi.


6. Katarak 
Apabila mata ikan anda ada selaput abu-abu atau putih, maka barangkali ikan anda mengidap katarak. ada sebanyak perawatan yang spesial dibikin untuk katarak terhitung aquatronics serta eye fungex. kuncinya yaitu meyakinkan level amonia serta nitrit pada batas yang bisa di terima. dikarenakan katarak pada ikan berlangsung dikarenakan perkembangan jamur, maka meneteskan fungisida ke didalam akuarium dapat amat berguna.

7. infeksi bakteri eksternal 
Apabila ikan anda menderita infeksi bakteri eksternal, maka dapat nampak titik merah atau orange pada tubuh ikan. disamping itu, barangkali akan nampak coretan merah pada tubuh ikan, pembengkakan, atau susunan putih/abu-abu pada tubuh ikan. untuk mengobati problem ini, anda bisa memakai penisilin, asam naladixic atau tetrasiklin. perawatan lain yang cukup efisien yaitu garam. walau sukar terdiagnosis, apabila anda lihat ada coretan pada tubuh ikan, anda mesti segera lakukan perawatan pada ikan anda.


8. Penyakit velvet 
Tanda-tanda penyakit velvet yaitu titik putih kecil yang tampak layaknya bubuk. penyakit ini juga dimaksud oodinium, serupa dengan ich walau kantong putih pada penyakit ini berukuran lebih kecil. kabar baiknya yaitu penyakit velvet lebih gampang sembuh dari pada ich, gunakan obat maracide atau super velvet.

9 .Myxobacteriosis 
Tanda-tanda penyakit ini meliputi percikan hitam pada sirip serta tubuh ikan. disamping itu, semua tubuh ikan jadi menggelembung, atau cuma menggelembung pada area percikan. hanya satu obat-obatan yang sukses menangani myxobacteriosis yaitu phenocide. penyakit ini jarang berlangsung namun gampang sembuh. pemicu myxobacteriosis yang sangat umum yaitu terlampau banyak ikan didalam akuarium, mutu air yang jelek, terlebih apabila kandungan amonia serta nitrit amat tinggi.

10. Penyakit black spot 
Ikan yang menderita penyakit ini dapat nampak titik hitam kecil pada tubuhnya. dengan umum, penyakit ini gampang sembuh. kerapkali penyakit black spot berlangsung pada akuarium baru waktu ikan-ikan dimasukkan. seluruh ikan berisiko terkena penyakit ini, namun ikan silver dollar serta piranha sangat rawan.


Senin, 26 November 2012

Kuda Laut Jantanlah yang Melahirkan !!


Kuda laut ( cavalluccio marino ) adalah hewan yang amat unik. ia mempunyai pakaian yang dimaksud pakaian zirah atau “baju besi” yang berperan sebagai pelindung bahaya. Pakaian zirah itu amat keras layaknya batu, apalagi tidak dapat dihancurkan cuma dengan tangan manusia. Kuda laut ini nyatanya terhitung didalam type ikan, serta bernafas dengan insang. ukuran mereka beragam dari lebih kurang 4 hingga 30 sentimeter.

Walau terhitung didalam type ikan, langkah berenang kuda laut tidak sama dengan langkah berenang ikan. Kuda laut bergerak didalam air dengan langkah merubah isi hawa didalam kantung renangnya. bila kantung renang ini rusak serta kehilangan sedikit hawa, kuda laut tenggelam ke basic laut. kuda laut berenang dengan tubuh yang tegak serta mereka bisa menganggukkan kepala ke atas serta ke bawah.
Mata kuda laut amat unik. ia dapat lihat dua buah benda yg tidak sama pada saat yang berbarengan. matanya juga bisa bergerak dengan bebas, berputar-putar mengamati tiap-tiap segi hingga mereka bisa lihat sekelilingnya dengan gampang, tanpa mesti menggerakkan kepalanya ke kiri serta ke kanan.

Tubuh kuda laut itu berwarna-warni ( merah, kuning, hijau, serta hitam ) serta dapat beralih cocok dengan situasi cahaya matahari yang menyinari tubuhnya, serta situasi tubuhnya sendiri. meskipun mempunyai banyak warna, tetapi sebagian spesiesnya berwarna beberapa transparan, hingga tidak gampang dipandang. kuda laut umumnya tinggal di lebih kurang karang-karang laut serta menambatkan ekornya pada celah di  bebatuan. ia hidup menyebar di perairan tropis di semua lautan dunia.

Perihal yang sangat unik dari kuda laut yaitu si jantan, yang melahirkan anak-anaknya. kuda laut jantan ini mempunyai kantung perut yang besar serta pembuka layaknya celah dibagian basic perutnya. kuda laut betina dapat letakkan telur-telurnya segera ke didalam kantung perut itu serta kuda laut jantan membuahi telur waktu dijatuhkan.

Susunan didalam kantung perut jadi layaknya spons serta dipenuhi dengan pembuluh darah, yang berperan untuk berikan makan telur atau embrio. kantong perut atau kantung benih berperan untuk menaruh telur yang didapatkan sang betina.

Telur-telur dapat mengalir melewati tabung ke kantong benih lantas mereka dapat dibuahi. hasil pembuahannya diberi nama embrio. embrio dapat berkembang sepanjang 10 hari hingga 6 minggu, bergantung pada spesies serta situasi air.

Bila telah waktunya, ‘melahirkan’ sang jantan dapat memompa ekornya hingga bayi kuda laut keluar. bayi-bayi kuda laut dapat keluar dengan wujud yang amat kecil. tak hanya untuk memiliki kandungan, kantong kuda laut jantan juga berperan untuk mengatur kandungan garam, supaya cocok dengan lingkungan luar waktu telur menetas.

Kehidupan kuda laut di perairan indonesia, nyatanya terancam punah teman-teman. habitat mereka, berbentuk karang-karang laut, rusak akibat ulah manusia. keunikan kuda laut bikin beberapa orang pingin membuatnya koleksi, perihal itu menyebabkan pada makin sekurang-kurangnya jumlah kuda laut dikarenakan ditangkap terlalu berlebih.

sumber referensi : hewanpeliharaan(dot)wordpress(dot)com

Minggu, 25 November 2012

Setting Akuarium Air Laut

Kadang kita beranggapan bahwa akuarium air laut beserta isinya lebih mahal daripada akuarium air tawar,hal ini tidak sepenuhnya benar. ikan air laut ( serta penghuni laut yang lain ) dengan justru lebih murah dibanding dengan ikan air tawar. Lho koq bisa ?, mengapa demikian yaitu dikarenakan ikan laut tak perlu dibudidayakan tetapi tinggal dipanen saja. Karena di habitat aslinya sana ikan hias laut bisa lebih cepat berkembang ketimbang dibudidayakan.

Nilai kemahalan dapat berlangsung pada waktu anda lakukan penentuan pada peralatan pendukung. dikarenakan peralatan ini dapat memiliki kisaran harga dengan rentang variasi harga dapat besar. walau demikianlah untuk mereka yang suka merakit peralatan sendiri, penekanan cost dapat dikerjakan dengan baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memelihara akuarium laut membutuhkan perhatian lebih dibanding memelihara akuarium air tawar, dikarenakan layaknya diketahui air laut adalah “larutan kimia” yang terdiri dari beragam type bahan terlarut dengan kandungan yang relatif tinggi. oleh dikarenakan itu, kerap dijelaskan bahwa kesuksesan saat memelihara akuarium laut amat ditentukan oleh pengetahuan tentang karakter kimia air laut serta waktu yang bisa diluangkan untuk merawatnya.

Saat memelihara aquarium laut alangkah sebaiknya dimulai dengan rencana yang baik. awalilah dengan merancang tema yang dapat dihadirikan. anda dapat menentukan pada memelihara akuarium ikan saja, akuarium koral saja, atau akuarium gabungan pada keduanya. tiap-tiap mempunyai kriteria yang relatif tidak sama.

Satu perihal yang butuh jadi perhatian, yakni bersabarlah saat memulai membangun akuarium laut. sesudah anda memastikan tema serta menyusunnya serta sesudah anda mengisinya dengan air laut biarlah akuarium laut tersebut sekian waktu barangkali lebih kurang 4hari -1 minggu supaya airnya normal serta untuk membentuk ekosistem yang stabil. janganlah buru-buru memasukan mahluk hidup apa pun sebelum saat anda meyakini keseimbangan ekosistemnya sudah terjalin dengan baik. . jauhi berlangsungnya “new tank syndrome”, hingga anda tak perlu kecewa. untuk pemula sebainya tentukan ikan yang cukup kuat layaknya damshell, nemo, atau dakocan. barangkali bila ada ikan balongan ( clown fish ) dapat dimasukkan dengan jumlah yang terbatas. serta didalam pemakaian pakan dapat memakai cacing sutra atau udang rebon beku.
Sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan untuk bikin sesuatu aqua laut ? 
Peralatan utama aquarium laut :
  • Akuarium.Ukuran yg baik itu sekurang-kurangnya 1 meter,namun jika mau buat aqua imut juga bisa.
  • Sump / refugium ( filter ).Sump itu sebenarnya satu area penampungan air dari aqua utama untuk dibersihkan dari kotoran ( dgn skimmer ), di netralkan kandungan amoniaknya ( dgn pertolongan skimmer, bioball, dan lain-lain ), diturunkan kandungan nitratnya ( dgn bakteri atau denitrator ), serta di dinginkan suhu airnya ( dgn chiller ). disamping itu didalam sump itu sendiri umumnya ada satu area yg berperan sebagai refugium yg datang dari kata refugee atau pengungsian, lantas berperan sebagai area penampungan sesaat atau area melakukan perbaikan mutu air atau dapat juga area penampungan / stabilisasi ikan atau coral yg baru dibeli. didalam refugium itu dapat ada live rock serta pasir laut.

Skema dari sump :


Skimmer
untuk mengangkat lemak2 serta kotoran yg terdapat didalam air laut yg dapat menyebabkan tingginya kandungan amoniak, nitrit serta nitrat dgn langkah bikin air laut itu jadi buih atau busa2 halus, lantas kotoran yg terjebak didalam buih2 tersebut dapat di buang ke area penampungan.

Calcium reactor
berperan sebagai supply kandungan kalsium ke didalam air laut, dikarenakan air laut memerlukan kandungan kalsium yg tinggi untuk perkembangan coral atau binatang  laut yang lain.
Coil denitrator
berperan menetralkan kandungan nitrat yg beresiko untuk semua mahluk laut yg ada di aquarium tersebut.
Chiller
berperan untuk turunkan / mendinginkan suhu air laut di aquarium, krn beberapa besar coral serta ikan laut memerlukan suhu yg cukup dingin untuk kehidupannya.

Pompa air
berperan untuk mengembalikan air dari sump ke aqua utama, pompa juga diperlukan oleh skimmer, lantas dapat dikatakan keperluan dapat pompa dapat kian lebih 1 buah didalam 1 aquarium.

lain-lain :
contohnya : ph / kh tester, calcium tester, amoniak/nitrit. nitrat tester, thermometer, salinity tester, tambahan2 bahan kimia yang lain sebagai supplemen mineral ke didalam air laut, bioball, bakteri starter.
Lampulampu bertindak amat mutlak untuk coral serta mahluk lain untuk berfotosintesis
lampu yang bagus untuk aqua laut yaitu lampu yg dapat menirukan cahaya matahari dgn ukuran 10 ribu hingga 20 ribu derajat kelvin.
perumpamaannya : lampu metal halide ( mh ) 75-150 watt, 20 ribu kelvin
Saat mempersiapkan akuarium laut, diperlukan kesabaran yg cukup agar akhirnya cocok dgn yg kita kehendaki.
bagian yang perlu dikerjakan yaitu :
A. Dekorasi serta pemasangan peralatan.
  1. Masukkan pasir laut kasar setebal 1-3 cm ke basic aquarium, lantas dilapisi dgn pasir laut halus setebal 2-3 cm.
  2. Masukkan live rock atau karang hidup lantas susun cocok dekorasi yg di idamkan.
  3. Lantas isikan air laut dengan perlahan-lahan supaya pasir tidak berhamburan kacau balau. hingga air penuh mendekati bibir akuarium.
  4. Siapkan aquarium sump yg posisinya ada di bawah aquarium display ( utama ).
  5. Lantas gunakan seluruh perlengkapan, layaknya skimmer, bioball, denitrator, calcium reactor serta chiller.
  6. Imbuhkan juga pasir laut serta liverock didalam refugium. dapat juga ditambah rumput asam yg berperan untuk turunkan amoniak/nitrat dengan alami.
  7. Janganlah lupa menempatkan lampu, dikarenakan peran lampu itu amat mutlak.
B. Recycling
Bila air laut telah dimasukkan ke aquarium, maka setelah itu butuh dikerjakan cycling yang mempunyai tujuan bersihkan air laut dari kotoran serta zat kimia beresiko serta juga untuk menumbuhkan kehidupan layaknya plankton, copepod serta bakteri yg diperlukan untuk ekosistem air laut. janganlah memasukkan mahluk hidup apapun sepanjang sistem cycling. untuk mempercepat sistem perkembangan bakteri, ada juga yang memberikan bakteri hidup ( mis. bactopur ) ke didalam sump di bagian bioball, di mana bioball itu sebenarnya adalah area berkumpulnya bakteri pengurai.

Cycling dikerjakan dgn langkah menggerakkan aliran air dari aqua utama ke sump dibarengi dgn menggerakkan perlatan yang lain layaknya calcium reactor serta denitrator serta bila menurut teori cycling mesti dikerjakan terus-terusan sepanjang lebih kurang 1 bln. lamanya, namun pada prakteknya ada yg menggerakkan cycling cuma 2 minggu atau apalagi 1 minggu.
tujuan menggerakkan sistem cycling itu juga sebenarnya untuk menghidupkan lingkaran sistem penguraian amoniak, nitrit serta nitrat oleh bakteri pengurai.
Lingkaran prosesnya yaitu : amoniak itu umumnya dihasilkan oleh kotoran atau sisa2 makanan yg membusuk yg diurai oleh bakteri hingga membuahkan amoniak, lantas amoniak ini juga diurai oleh bakteri hingga membuahkan nitrit, lantas nitrit itu juga diurai lagi oleh bakteri pengurai nitrit hingga membuahkan nitrat yg beresiko bikin kehidupan di aqua.

sumber referensi : hewanpeliharaan(dot)wordpress(dot)com


Akuarium Ikan Hias Terkecil di Dunia

Ikan terbesar didunia tak akan asing kedengarannya,namun ada yang unik didunia yaitu ikan terkecil didunia yaitu ikan paedocypris progenetica atau dimaksud juga proceedings yang memiliki panjang 7, 9 mm.Pada mulanya rekor ikan terkecil diduduki oleh ikan trimmatom nanus, yang panjangnya 8 mm.


 Bicara perihal ikan terkecil dengan berat yang tidak jauh lain dengan nyamuk, maka mari kita lihat  akuarium terkecil didunia yang pastinya pas untuk ikan tersebut.

Seorang pria asal omsk, rusia, anatoly konenko sukses menciptakan rekor dunia dengan hasil karya terbarunya, sesuatu akuarium terkecil didunia. akuarium itu juga telah masuk ke didalam guinness world records.

Konenko menciptakan akuarium terkecil didunia dengan lebar 3 cm, tinggi 1, 4 cm serta kedalaman 2, 4 cm. walau ukurannya amat kecil, akuarium itu juga amat unik dikarenakan dihiasi dengan miniatur tanaman dan batu layaknya akuarium berukuran normal. 



Pria itu juga mesti memakai jarum suntik untuk menuangkan air ke akuarium kecilnya, supaya miniatur tanaman didalam akuarium itu tidak rusak. akuarium terkecil didunia ini cuma memerlukan 10 miligram air atau sekira dua sendok teh.
ini yaitu akuarium terkecil didunia serta cuma memerlukan dua sendok teh air, tutur anatoly konenko layaknya diambil daily mail.

Tidak sembarangan ikan dapat menghuni akuarium terkecil didunia itu. konenko selanjutnya menentukan ikan zebra yang amat kecil, sebagai penghuni akuarium itu. konenko juga bikin miniatur jaring ikan spesial yang digunakannya untuk memasukkan ikan ke didalam akuarium.
 
Tak hanya akuarium terkecil didunia tersebut, pria asal rusia itu juga bikin benda-benda kecil yang lain yang amat unik. sebagian karyanya layaknya miniatur buku terkecil, kapal yang dimasukkan didalam sesuatu botol serta sepasang sepatu mini yang terbuat dari korek api. sebagian karyanya dijual seharga 44000 poundsterling atau sekira rp. 619 juta ( rp 14075 per poundsterling ).

sumber : international(dot)okezone(dot)com

Jumat, 23 November 2012

Kejadian aneh : Jutaan Ikan Berkumpul di Pantai

Ada kejadian aneh yang terjadi di sebuah pantai di California,Terlihat banyak ikan sarden yang bersama sama bergerombol jumlahnya jutaan ekor.Ikan ini saking banyaknya berkumpul sehingga dari kejauhan pantai seperti terlihat keruh.Kalau di Indonesia ada kejadian ini pasti udah ribuan orang datang untuk menangkap ikan sarden.










Ikan Aneh ( Handfish )

Spotted handfish (brachionichthys hirsutus) yaitu di antara ikan laut yang sangat terancam punah didunia.Ini ikan yang amat khas, bentuknya nyaris berupa buah alpokat serta indah warnanya, mempunyai sirip berpasangan tangan-seperti itu sangat mungkin untuk jalan di selama dasaran laut, ke-2 sirip dada serta perut dipakai didalam gerak ini.

Waktu berenang melewati air, sirip berpasangan atau median ( layaknya ekor serta sirip anal ) yang dipakai. Ikan ini yaitu cream didalam warna dengan segudang coklat kehitaman, serta terkadang kuning coklat bintik-bintik, pola yang unik untuk tiap-tiap individu. sebagian individu juga mempunyai sinyal oranye di sirip mereka. handfish mempunyai godaan kecil pas diatas mulut mereka, manfaat yang tidak diketahui, namun tampaknya tak lagi dipakai untuk menarik mangsa.




Ukuran ikan ini adalah : 10 - 15 cm
Spotted handfish spawn sepanjang september serta oktober,lelaki menarik betina dengan penampilan indahnya. Dibanding dengan ikan yang lain, betina membuahkan jumlah yang relatif kecil dari telur, lebih kurang 80 lantas 250 telur melahirkan serta ini kerap diposisikan lebih kurang pangkal dari laut menyuntik ( sesuatu invertebrata layaknya jelly ). beberapa penjaga wanita telur sepanjang tujuh hingga delapan minggu hingga seutuhnya terbentuk remaja menetas. ini mengukur muda kecil yang cuma enam hingga tujuh milimeter serta saat mereka nampak, bergerak lurus ke bawah basic laut, bukannya menyebar.
Spotted handfish pakan hisap mangsa terhitung udang, ikan kecil serta krustasea kecil layaknya amphipods



Rabu, 21 November 2012

Membuat Sendiri Akuarium Aquascaping

Siapa tidak tahu aquascaping ?, para pe hobiis ikan pasti sudah tahu tentang hobi menata tanaman yang dipadu dengan ikan hias, sudah pasti ciamiiik dan ajiiib banget.
Lantas bagaimana cara membuatnya?, 
Berikut sedikit ulasan mengenai cara membuat akuarium aquascaping :

Keperluan utama
- akuarium 
- lampu 
- filter 
- pasir / soil 
- pupuk basic / pupuk cair 
- tanaman 
- ikan hias 
- co2 ( dapat bikin sendiri ) 
- kipas / chiller ( bila dibutuhkan ) 

Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa co2 yaitu opsional, di mana tanaman bisa tumbuh tanpa co2. perihal itu  benar, namun layaknya manusia, co2 yaitu di antara sumber untuk tumbuh kembang tanaman. namun didalam aquarium jumlah co2 yang ada amat sedikit sekali. lantas apabila tanaman kita kekurangan co2 maka yang berlangsung yaitu perkembangan tanaman dapat terganggu, kerdil, atau apalagi mati.

Contoh cara membuat akuarium aquascaping :
- ukuran aquarium : 55x35x35 ( 67l ) 
- sinar : 50w 
- suhu : 28 ° 
- filter : filter gantung 
- co2 : tabung dengan 1. 5bps 
- fauna : iriatherina werneri, boraras maculatus otocinclus affinis, red cherry, serta crystal merah 
- flora : eleocharis acicular, lilaeopsis mauritiana, eleocharis geniculata, repens juncus, spiky lumut, lumut  
  taiwan, lumut serta hydrocotyle verticillata flame. 
- hardscape : batu + kayu


Siapkan aquarium, pakai styrofoam untuk basic pada aquarium serta meja, pakai styrofoam di dalam aquarium bila dirasa butuh ( ada pemakaian batu-batu lancip didalam jumlah banyak ).

Taburkan pupuk basic, pumice atau pasir malang. pupuk basic ada didalam beragam jenis merk, jbl, danerlee, sera, azoo dan lain-lain. imbuhkan sedikit carbon active atau arang untuk menghindar nutrisi yang terlalu berlebih serta kurangi wabah algae pada waktu pertama kali setup. 
Pupuk basic dibutuhkan untuk tanaman yang bertumbuh kembang dengan akar, bila tanaman yang dipakai berbentuk moss, riccia atau tanaman lain yang tidak ditancap, maka pemakaian pupuk basic bisa diabaikan.


Pakai pasir malang kasar / atau pumice sebagai pembatas sekalian area tinggal bakteri serta area pengakaran, substrate yang terlampau padat dapat bikin tanaman tidak bisa bernafas serta berakar yang berujung pada pembusukan akar serta kematian tanaman.

Imbuhkan pasir sebagai media teratas, pakai pasir ukuran 2-3mm untuk menolong pengakaran tanaman serta meringankan sistem menanam. pasir yang terlampau kasar dapat sulit ditanami, pasir yang terlampau tajam dapat melukai akar tanaman serta bikin busuk. pakai pasir yang sudah dicuci dengan bersih supaya kurangi kemungkinan kotornya aquarium dengan partikel atau debu.

Silakan mengatur hardscape / layout dari aquascape anda. untuk saya, sesuatu aquascape mesti mempunyai batu serta kayu, berikan anda kesan yang lebih alami serta sangat mungkin anda untuk bikin titik konsentrasi dari aquascape. 
Tanaman disesuaikan dengan hardscape. batu-batu janganlah disebar di semua aquarium, namun buat gabungan serta berikanlah kedalaman optimal untuk tata letak.
Waspadai ketinggian batu, bila anda meletakkan batu kecil supaya tidak tertutup oleh tanaman, batu batu yang terlampau besar tidak berikan dampak kedalaman yang di idamkan.


Pilihan tanaman mesti dikerjakan agar cocok  dengan ukuran serta tata letak layout. untuk tata letak ini dapat digunakan tanaman kecil dikarenakan ukuran aquarium yang mini. 

Pakai pinset untuk meringankan sistem tanam. untuk tanaman didalam porsi kecil lantas tancapkan kedalam substrate / pasir. pembelahan tanaman pada porsi kecil serta merata dapat bikin tanaman lebih cepat menyebar dari pada menanamnya didalam jumlah besar pada titik spesifik. bila sudah selesai menanam isi air 
pelan pelan supaya hardscape tidak rusak.


Hasil akhirnya adalah :




sumber : akuajaya(dot)com