Senin, 29 April 2013

Ikan red nose tetra

red nose tetra


Ikan red nose tetra (akuariumhias) - Adalah ikan dari amerika selatan, nama latinnya hemigrammus bleheri dengan tubuh pipih, panjang serta ramping dengan warna tubuh mengkilap keperakan. ciri khas ikan ini yaitu warna merah di sekitar mulutnya hingga hanya tutup insang.

Pada ikan jantan, warna ikan tampak lebih merah serta jelas dibanding dengan betinanya. pada pangkal ekor ada tiga bercak hitam yang berselingan dengan warna putih. ukuran tubuh betina semakin besar dibanding dengan ikan jantan. ikan ini suka berkelompok serta berenang aktif pada kolom air dan suka media hidup yang memiliki intensitas matahari tinggi. panjang tubuhnya bisa meraih panjang 5 cm serta mulai masak gonad pada betina pada umur 5 bln..

Pemeliharaan induk
Pemeliharaan induk ikan red nose ini membutuhkan tanaman air yang bermanfaat untuk menolong sistem peneluran indu. wadah yang dipakai dapat berbentuk akuarium. pakan yang didapatkan berbentuk cacing serta chu merah beku atau hidup dengan frekuensi pemberian pakan 3 kali 1 hari. ikan ini suka situasi air yang bersuhu rendah ( dingin ). Ikan ini juga suka situasi air yang bersih serta terfiltrasi dengan baik. penggantian air baiknya dikerjakan dengan parsial didalam kurun waktu spesifik. janganlah merubah situasi air ( suhu, kimia air, serta yang lain ) dengan mencolok. jika situasi area tinggalnya tidak pas, umumnya dapat tampak dari warna merah pada kepala ( hidung ) yang memudar ( pucat ). suhu maksimal untuk ikan has ini yaitu 26°c
Pemijahan

1. Pemijahan dengan masal
Pemijahan dengan masal dikerjakan didalam akuarium ukuran cm dengan jumlah 100 pasang induk. induk dimasukkan pada sore hari dengan berbarengan. pada basic akuarium dipasang breeding trap supaya telur tidak dimakan induk. breeding trap adalah saringan yang diberi bingkai yang luasnya sama juga dengan basic akuarium pemijahan.

Ikan ini umumnya memijah saat malam hari menyambut pagi. pagi hari baiknya dikontrol apakah induk sudah memijah atau belum. telur bisa tampak dengan langkah menyorotkan lampu neon di bawah akuarium. jika tampak banyak telur segera pindahkan induk ke area lain. telur bisa dipelihara diakuarium pemijahan atau dipindah ke akuarium penetasan dengan langkah penyifonan.

2. Pemijahan dengan berpasangan
Pemijahan dengan berpasangan dikerjakan didalam akuarium ukuran cm. induk yang digunakan berjumlah 500 pasang, yang dibagi didalam sebagian grup pemijahan. pada tiap-tiap grup pemijahan dikawinkan sejumlah 100 pasang dengan selang waktu pemijahan antar grup yaitu 1 minggu. air untuk pemijahan umumnya sudah disediakan sekian hari pada mulanya. sebagai media peletakan telur di beri eceng gondok yang sudah dicuci bersih.

Didalam pemijahan ikan red nose betina dimasukkan terlebih dulu, menyusul jantan. umumnya ikan dapat memijah saat pagi hari serta tiap-tiap induk dapat membuahkan sejumlah 200 butir telur. pengontrolan telur dikerjakan pada hari ke dua, ke tiga serta ke empat dari waktu pencampuran induk. induk yang sudah memijah, dipindahkann ke akuarium pemeliharaan induk.
penetasan telur

Akuarium pemijahan sekalian berperan sebagai wadah penetasan telur. untuk menghindar pembusukan telur serta serangan jamur, maka ke didalam wadah ditambahkan methylene blue 1mg/l air. telur dapat menetas lebih kurang 18 jm sesudah pemijahan. kontrol telur yang sudah menetas atau belum bisa dikerjakan dengan langkah menggoyang-goyangkan eceng gondok dengan perlahan. kontrol bisa dibantru dengan lampu senter, apabila ada larva maka eceng gondok segera dipindahkan
Pendederan

Larva yang baru menetas umumnya dipindahkan serta dikumpulkan didalam akuarium yang semakin besar untuk didederkan. akuarium yang dipakai berukuran cm. langkah memindahkan larva yaitu dengan menuangkan akuarium pemijahan didalam akuarium pendederan. langkah lain dengan menyifon larva dengan selang kecil ke wadah berbentuk baskom, lantas dituangkan ke akuarium pendederan. tinggi air akuarium pendederan lebih kurang 35 cm.

Pemberian pakan ke larva berbentuk nauplii artemia mulai dikerjakan pada hari ke empat sesudah menetas, dengan frekuensi pemberian pakan 3 kali 1 hari. perubahan air dikerjakan sesudah larva berusia 10 hari sejumlah 10% dikerjakan 3 hari sekali.

Sesudah benih berusia 15 hari bisa dipindahkan ke tangki fiber volume 1000 liter yang dibarengi dengan peyortiran ukuran ikan. ke didalam tiap-tiap tangki diisi ikan sejumlah 3000 hingga 4000 ekor. aktivitas peyortiran dikerjakan tiap-tiap 2 minggu. benih diberi pakan berbentuk kutu air ( daphnia, moina ), nauplii artemia, serta cacing rambut sejumlah 3 kali 1 hari. sesudah benih meraih ukuran inchi atau lebih kurang 2, 5 cm maka benih siap jual.

-->

Sabtu, 27 April 2013

Budidaya ikan zebra danio


Budidaya ikan zebra danio (akuariumhias) -Datang dari myanmar, india, serta srilangka. ukuran tubuh optimal lebih kurang 5 cm. ikan ini berbentuk omnivora, namun suka pakan alami permukaan layaknya kutu air dikarenakan hidupnya di kolam air. suhu untuk pemeliharaannya agak rendah, pada 25-27° c. keasaman ( ph ) sedikit asam hingga netral ( 6, 5-7, 0 ) serta kekerasan pada 6-8° dh.

Daya tarik ikan ini terdapat pada garis-garis horisontal putih perak serta biru di badan hingga ke sirip-siripnya. pada betina serta jantan bisa dibedakan cuma sesudah dewasa. pada betina ada garis biru di tempat dubur, namun pada jantan kuning emas.

Telur ikan ini tidak menempel. karenanya, didalam pemijahan baiknya dibuatkan sekat supaya induk tidak mengonsumsi telur yang dijatuhkannya. bisa juga diberi tanaman air yang rimbun supaya telurnya tidak terlihat. perbandingan jantan serta betina untuk pemijahan ini umumnya 2 : 1 serta bisa dikerjakan dengan masal. jumlah induk didalam setup wadah berukuran m2 bisa diisi lebih kurang 200 ekor.

Biasanya wadah untuk pemijahan berbentuk kolam atau bak semen. untuk airnya baiknya tidak terlampau tinggi, cukup lebih kurang 10 cm, supaya telur bisa cepat jatuh ke basic atau sarang berbentuk tanaman air. tanaman air yang dipakai baiknya dari type tanaman basic layaknya ganggang ( hydrilla ) yang cukup padat. ini ditujukan supaya induk tidak mempunyai peluang untuk mengonsumsi telurnya dikarenakan terlindung. airnya mesti senantiasa diganti separonya supaya induk dapat terangsang memijah.

Untuk pemijahan masal di kolam, sebelum saat dipijahkan baiknya jantan serta betina dipelihara terpisah. kelak sesudah induk betina terlihat betul-betul telah penuh telur ( gendut ) barulah digabung dengan jantan.

Pada waktu memijah, jantan dapat mengejar betina serta betinanya dapat menjatuhkan telur-telurnya ke air. pada waktu itu, jantan dapat dengan cepat membuahi telur-telur tersebut. sesudah selesai memijah, jantan dapat berhenti mengejar betina.

Telur yang telah dibuahi tersebut mesti cepat di ambil atau induknya segera dipindahkan. supaya lebih mudah dipindahkan, bisa juga induknya ditempatkan pada jaring didalam kolam. lewat cara ini telur dapat jatuh ke basic kolam. apabila telah selesai memijah, jaring berbarengan induknya diangkat. kolam bisa diberi aerasi kecil dari pompa hawa. telur tersebut dapat menetas sesudah 24 jam. larvanya dapat mulai berenang sesudah dua hari menetas.

Penggantian air pada pemeliharaan larva bisa dikerjakan sesudah larva berenang atau sesudah berusia lebih kurang tujuh hari. penggantian air ini mesti ditangani hati-hati dengan jumlah separonya atau sepertiganya saja. apabila diganti keseluruhan, ikan dapat cepat stres dikarenakan berlangsung pergantian lingkungan yang tiba-tiba. frekuensi penggantian air tiap-tiap tiga hari.

Pakan larva pertama bisa berbentuk artemia, rotifera, atau infusoria. sesaat kutu air bisa diberikan setelah larva berusia 3-4 hari. untuk ikan yang telah besar atau dewasa, pakannya berbentuk cacing sutera atau cacing darah. ukuran 2, 2 cm telah mulai bisa dijual sesudah pemeliharaan lebih kurang 2, 5 bln..

-->

Selasa, 23 April 2013

Budidaya ikan corydoras



Budidaya ikan corydoras (akuariumhias) -Pendahuluan corydoras adalah di antara type ikan hias air tawar yang banyak diminati penggemar ikan hias serta memiliki peluang ekspor. tak hanya dipakai sebagai ikan hias air tawar, juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik di negara maju. meskipun ikan ini datang dari Amerika selatan, namun sejak lama sudah sukses dibudidayakan di Indonesia. ikan ini dikenal mudah pembudidayaannya.

Ciri morfologi
Bentuk tubuh pendek serta gemuk, punggung lebih melengkung dibanding dengan perut, ke-2 sesi ikan dilengkapi dengan lempengan layaknya tulang yang tersusun didalam dua baris, memiliki dua pasang kumis yang terdapat di rahang atas serta rahang bawah dan ukuran tubuh bisa meraih 12 cm. Ikan corydoras bisa dibudidayakan di kolam yang kandungan oksigen didalam airnya rendah. situasi lingkungan pas untuk type ikan ini yaitu : ph 6-8, suhu 21-28  derajat celcius.

Prasarana serta fasilitas didalam pemeliharaan ikan corydoras dibutuhkan fasilitas berbentuk bahan serta alat, yakni utamanya : induk ikan corydoras betina serta jantan


Wadah pemeliharaan berbentuk : 
  • bak pemeliharaan induk jantan serta betina dengan masal, sekalian sebagai area pemijahan, atau akuarium yang berukuran 60×40x40 cm. 
  • bak pemeliharaan larva serta benih dengan masal 
Pakan :
  • pakan induk berbentuk cacing tubifex atau chironomous dan jentik nyamuk. 
  • pakan larva berbentuk nauplii artemia 
  • pakan untuk pembesaran ikan corydoras sampai siap di pasarkan yaitu cacing tubifex

Aktivitas operasional
Pemeliharaan induk ikan corydoras mulai bisa dipijahkan minimal pada umur delapan bln.. pakan yang terbaik diberikan pada saat pemeliharaan induk yaitu pakan yang banyak memiliki kandungan zat chitin layaknya larva nyamuk yang baik untuk perubahan telur. disamping itu dikarenakan corydoras berbentuk ‘bottom feeder’ maka ikan ini lebih responsif pada type makanan layaknya cacing tubifex atau chironomus. cara termudah untuk membedakan type kelamin yaitu dengan lihat bentuk tubuh. 


Ikan jantan memiliki bentuk tubuh layaknya terpedo, sisi dari belakang insang meruncing sampai ke ekor. tubuh lebih langsing serta ukurannya lebih kecil dari pada betina, serta sirip dorsal ikan jantan tampak lebih runcing. tubuh ikan betina berukuran semakin besar dibanding dengan ikan jantan, serta perutnya yang terlihat membundar diisi telur.

Pemijahan dikerjakan dengan masal di bak semen, bak fiber atau akuarium dengan perbandingan induk betina : jantan l : 2 atau 1:1. penggantian air dikerjakan tiap-tiap hari, untuk melindungi kualitas air media pemijahan. corydoras memiliki jenis bertelur dengan tempelkan telurnya pada satu substrat yakni : lempengan kaca, potongan paralon ( pvc ), ubin keramik atau lempengan batu. Ikan corydoras mengeluarkan telurnya dengan parsial, hingga tiap-tiap hari bisa ditemukan substrat yang ditempeli telur. tiap-tiap induk dapat membuahkan 200-350 butir telur. setelah itu substrat yang dipasang di ambil untuk ditetaskan pada wadah penetasan telur.

Penetasan telur telur yang melekat pada substrat setelah itu ditetaskan didalam akuarium. telur dapat menetas kurun waktu enam hari. sepanjang penetasan telur, media pemeliharaan diberi obat anti jamur diantaranya methylene blue 0.1 ppm. derajat penetasan telur berkisar 60-70%. larva ikan corydoras dipelihara di akuarium tersebut hingga berusia tujuh hari dengan pemberian pakan berbentuk nauplius artemia.

Step pemeliharaan pemeliharaan dikerjakan pada wadah berbentuk fiber glass atau bak semen hingga ukuran s (kecil) dengan padat penebaran 20-30 ekor/liter. sepanjang 1 bulan meraih ukuran m (sedang) yakni dengan padat penebaran 10-15/liter serta siap untuk di pasarkan.
Pemeliharaan setelah itu lebih diarahkan ke pengadaan calon induk, dikarenakan umumnya pada ukuran l (besar) keinginan pasar condong alami penurunan. padat penebaran pada saat pemeliharaan dari ukuran m ke ukuran l yaitu 5 ekor/liter. pakan yang didapatkan sepanjang pemeliharaan ikan hingga siap di pasarkan berbentuk cacing tubifex.

Pengelolaan kesehatan ikan sebagian type parasit yang kerap menyerang ikan corydoras ini yaitu : trichodina sp, epistylis, glossatella sp serta chillodonella sp. Namun bakteri yang menyerang umumnya adalah infeksi sekunder yang berlangsung akibat luka dikarenakan penanganan, atau serangan parasit yang menyebabkan berlangsungnya luka. type bakteri yang ditemukan yaitu aeromonas hydrophilla. penyembuhan yang dikerjakan untuk penyakit parasit yaitu menggunakan formalin 25 ppm, garam 500 ppm. namun untuk penyakit bakterial menggunakan oxytetracycline 10 ppm lewat cara perendaman.

-->

Ikan sumatra




Pada saat masih anak-anak, ia amat ramah serta rukun hidup berdampingan dengan ikan hias jelis lain. menginjak umur dewasa, barulah watak aslinya nampak. tingkah polahnya tak akan terbatas pada kegesitan mengelilingi akuarium, namun juga mulai jahil. Ikan-ikan yang ada di dekatnya habis dicolak-colek dengan mulutnya. bila kurang senang, ia dapat mengejarnya hingga dekat. Mengakibatkan kondisi yang fatal. Seluruh sirip ikan yang dipelihara bersamanya dapat rombeng. 

Terutama ikan hias bersirip lebar serta bergerak lamban layaknya koki, manvis, serta severum. apabila tidak segera diantisipasi, sirip si korban tidak saja robek-robek, tetapi dapat gundul terkena pangkas mulut si jahil.

Dijuluki ikan sumatra dikarenakan pertama kali ditemukan di pulau sumatra, tepatnya di perairan lampung, jambi, serta riau. lantaran datang dari sumatra, orang lalu menyebutnya ikan sumatra atau board sumatra kata orang asing. belakangan, baru ketahuan bahwa ia dapat juga ditemukan di kalimantan.
Menurut axelrod didalam exotic tropical fish, di habitat aslinya harimau air hidup di perairan jernih, Dengan ph 6, 6-6, 7 serta temperatur 23-27 derajat celcius. makanan alaminya jasad renik ( zooplankton ) serta unsur tumbuh-tumbuhan ( phytoplankton ). varietasnya ada 4 dengan bentuk tubuh yang sama cuma tidak sama pada warna tubuh serta sirip.


Sangat popular yaitu yang berwarna kuning keperakan, berhiaskan empat buah garis hitam kelam. mulutnya kemerahan, sirip punggung hitam bertepi merah, sirip ekor bersisi merah bening, serta sirip perutnya berwarna oranye.

Di habitat asalnya, sumatra, bisa meraih panjang 8 cm, namun yang ada di akuarium-akuarium pedagang ikan hias, ukuran terpanjangnya sangat banter cuma 6 cm, serta rata-rata 5 cm. walau demikianlah, pada ukuran ini lalu ia telah bisa jadikan induk yang cukup cukup.

Memijahkan
Terus terang, memijahkan ikan sumatra adalah pekerjaan mudah asal kita telah tahu persis kebiasaan-kebiasaan ikan ini saat memijah. pertama-tama, curahkan perhatian sejak menentukan induk, mempersiapkan area memijah, hingga ke menjaga larva. akhirnya tidak mengecewakan.

Dikarenakan ikan sumatra miliki kebiasaan tempelkan telur pada akar tanaman air, sediakanlah eceng gondok yang mempunyai perakaran rimbun. sebelum saat dipakai, akar serta daun eceng gondok dicuci dengan air bersih, lantas rendamlah didalam larutan pk ( kalium permanganat ) dengan dosis gr pk/10 liter air, sepanjang 15-30 menit.

Ikan sumatra siap dicalonkan lantas induk apabila usianya telah dewasa atau ukuran tubuhnya sekira 5 cm. sesungguhnya, tidak ada sinyal yang khas perihal kematangan kelamin, jika umur. type jantan dapat ditandai dari warna siripnya yang lebih gelap, namun betina agak cerah. sinyal lain, pada yang jantan bisa dilihat juga dari bentuk tubuhnya yang lebih lebar serta berwarna cerah, namun betina sebaliknya.

Lantas, pasangan calon orang tua ikan ini diasingkan sesaat di area spesial, sembari disuguhi makanan bermutu/kaya protein, layaknya jentik nyamuk atau kutu air. sesudah dua minggu di area pengasingan, pasangan tadi siap diceburkan ke area pemijahan. spesial di akuarium, cuma dapat dipijahkan sepasang ikan sumatra. sesaat didalam bak semen berukuran lebar, dapat dipijahkan sampai 20 pasang sekalian. Sebelum saat ikan dipindahkan, area pemijahan diisi air jernih yang telah diendapkan. menyusul lantas eceng gondok sejumlah 3-5 tanaman untuk akuarium serta lebih kurang 1/3 luas permukaan bak eceng gondok untuk pemijahan didalam bak.

Masukkan pasangan-pasangan pengantin tadi, menyusul makanan layaknya saat tetap didalam bak penampungan. saksikan saja. malam harinya, mereka mulai kejar-kejaran, hingga selanjutnya berpasangan menuju area yang sudah disepakati, yaitu di rerimbunan akar eceng gondok.

Disini si jantan membelitkan tubuhnya sembari menukik lebih kurang 45 derajat ke tubuh betina. si betina yang telah tahu maunya si jantan, segera melepas telurnya. serta, dengan sigap si jantan segera membuahinya. telur yang telah di-proses dengan otomatis melekat pada akar eceng gondok.
Ada rutinitas buruk induk ikan sumatra, yaitu tidak bertanggungjawab serta enggan menjaga telur ataupun anaknya. serta, rupanya pepatah sejahat-jahat harimau takkan dulu mengonsumsi anaknya sendiri, tidak berlaku untuk harimau air ini.

Pasalnya, ia tega menelan calon-calon bayinya sendiri. oleh dikarenakan itu, apabila sangat mungkin, demikian selesai pemijahan, secepat-cepatnya si induk diungsikan supaya tidak pernah melahap telur-telurnya. telur yang berjumlah sekira 300 butir itu dapat mengeras dengan sendirinya sesudah 56 jam.

-->

Minggu, 21 April 2013

Ikan gabus Toman



Toman atau giant snakehead ( channa micropeltes ) dikenal juga dengan nama red snakehead adalah ikan predator dari golongan snakehead yang datang dari lokasi asia tenggara dimulai dari Thailand, Mekong, Vietnam, Laos, Malaysia, serta sisi utara Sumatra. disamping itu, ikan yang biasa juga dikenal dengan giant mudfish ini juga ditemukan di sebagian tempat india. Sebutan toman cuma dipakai di malaysia serta indonesia saja namun untuk tempat lain biasanya memiliki nama yang tidak sama. dikenal dengan giant snakehead dikarenakan ikan dewasa bisa meraih panjang lebih kurang 150 cm serta adalah ikan terbesar ke-2 didalam family channidae. Oleh beberapa penghobby ikan hias atau pemancing air tawar, ikan ini dikira sebagai di antara raksasa ikan air tawar. 

Ikan gabus toman memiliki pola warna tubuh yang amat menarik dengan postur silindris memanjang. toman muda memiliki warna merah, dengan garis stripe hitam serta oranye melintang pada tubuhnya sesudah berumur kian lebih dua bln.. bersamaan dengan pertambahan umur ikan, garis strip serta warna merahnya dapat menghilang serta digantikan dengan warna pola hitam keabu-abuan atas serta putih di bagian perut. di habitat aslinya, ikan ini yaitu predator yang ada di puncak rantai makanan. 

Umumnya makanannya diantaranya ikan, amfibi serta burung kecil. sebagai predator, toman dilengkapi dengan jejeran gigi pisau yang amat tajam serta rahang yang kuat hingga membuahkan terkaman yang luar biasa waktu menangkap mangsa dengan gigitannya. dikarenakan kebuasan ikan ini, maka amat tidak disarankan oleh hobbies pemula untuk memeliharanya. sebagian kabar mengatakan bahwa ikan ini dulu menyerang manusia, tetapi keakuratan berita tersebut tetap dipertanyakan. untuk perawatan di aquarium, upayakan untuk dijaga sendiri dikarenakan perawakannya yang agresif, tak lagi cuma menyerang atau membunuh tankmatenya namun juga kemungkinan dapat melukai si pemelihara. di aquarium, makanannya bisa diberi makanan layaknya ikan, kerang, cacing tanah yang besar serta sebagian makanan yang lain layaknya hati domba ( kurang disarankan ). 

Giant snakehead adalah ikan air tawar yang tangguh serta dapat hidup diberbagai habitat layaknya rawa, danau, kolam, sungai serta yang lain. melepas ikan ini dibukan habitat aslinya amat beresiko untuk keseimbangan habitat aslinya karena karakter ikan yang agresif serta predator. sebagai ikan besar, toman atau giant snakehead amat popular untuk beberapa pemancing ikan air tawar. tak hanya ukuran yang besar namun juga tarikan ikan yang dikira pemancing amat kuat. rekor yang dulu didapat yaitu ikan toman dengan ukuran panjang kian lebih mtr. serta berat 20 kg.

Pembedaan type kelamin tetap sulit diketahui tetapi sebagian peternak sukses membreeding ikan ini meskipun tetap sedikit info yang ada. diketahui bahwa telur umumnya ditempatkan di sarang yang terbuat dari vegetasi di basic air serta burayak umumnya dapat dijaga oleh induknya. Tingkah laku unik yang lain dari ikan ini yaitu kemampuannya untuk bernafas dengan hawa dengan segera. perihal ini karena, toman bernafas tak hanya menggunakan insang juga menggunakan paru-paru primitif yang terdapat dibelakang insang hingga sangat mungkin ikan ini bertahan pada air yang amat miskin oksigen lewat cara naik ke permukaan serta meneguk sedikit hawa. adapun situasi air yang butuh di perhatikan waktu memelihara toman adalah suhu air lebih kurang 22-27 derajat celcius serta Ph 6-7,5.

-->

Sabtu, 20 April 2013

Udang hias red cristal



Udang hias red cristal (akuariumhias) -Udang hias yang dimaksud juga red bee ini bernama ilmiah caridina sp yang bisa tumbuh hingga berukuran 3, 5 cm serta membutuhkan suhu air yang dingin berkisar dari 21-27 derajat celcius.

Udang red crystal adalah hasil dari type udang bumble bee yang membuahkan type merah yang tidak umumnya, yang lantas type tersebut diperkuat kembali gen-nya oleh Mr. Hisayasu suzuki yang lantas mempatenkan type udang yang satu ini, hingga saat ini telah dikenal dengan cepatnya di semua dunia. udang red crystal adalah udang hias yang sangat peka di antara udang hias yang lain, yang dimungkinkan dikarenakan sekurang-kurangnya mewariskan genetik variasi dibanding udang hias yang lain. hingga dibutuhkan penanganan spesial waktu lakukan pengiriman udang ini sebagai factor alasan dibalik tingginya harga udang hias ini. bila kesehatan udang ini didalam situasi baik udang tersebut dapat amat aktif, bila cuma sedikit bergerak didalam makna tidak terlampau aktif, maka parameter air mesti segera di check.

Idealnya udang red crystal membutuhkan akuarium yang diisi tanaman, hingga udang bisa bersembunyi serta juga bisa senantiasa mendapatkan makanan untuk dimakan. udang ini umumnya tak lagi mengakibatkan kerusakan tanaman yang sehat namun cuma mengonsumsi sisi yang telah layu serta juga alga yang tumbuh ditanaman tersebut, dikarenakan umumnya tanaman kurang lunak agar bisa mereka makan walaupun mereka mencobanya. untuk type tanaman moss serta riccia mereka bisa mengkonsumsinya dengan mudah. area yang terbuka di akuarium bisa saja di setting demikianlah meskipun tidak dibutuhkan serta yakinkan untuk tidak menempatkan filterasi air yang amat kuat untuk udang ini.

Lampu penerangan mesti dipadamkan sebagian jam setiap malam, serta janganlah memberikan satu kimia atau obat anti parasit ke didalam air dikarenakan dapat membunuh udang tersebut. Perubahan air mesti dikerjakan sekurang-kurangnya 1 minggu sekali supaya kualitas air terus terjaga, serta pakai air yang sudah teraerasi sepanjang 24jam sebagai pengganti air lama sejumlah 25-35 % dari volume awal air. Ph yang diperlukan berkisar dari 6-7 serta temperatur yang dingin bisa bikin udang ini cepat berkembangbiak. kontrol nilai ph supaya tidak alami penurunan terlampau jauh dikarenakan situasi air yang asam mengakibatkan melemahnya cangkang udang yang berbentuk basa hingga meringankan bakteri untuk menyerang sisi tubuh didalam udang bercorak belang ini. inilah penyebab kenapa air yang berbentuk basa bikin udang berwarna lebih cerah daripada didalam air berbentuk asam. kontrol juga nilai nitrat serta amonia pada air, sebisa-bisanya mendekati nilai 0.

Makanan udang red crystal
Udang ini membutuhkan variasi makanan memiliki bahan basic sayuran yang lunak serta selingkan dengan makanan memiliki bahan daging, tetapi bisa juga dengan instant diberikan alga wafer atau pelet berkwalitas baik yang bisa tenggelam ke basic air. ada moss serta riccia juga bisa jadi makanan yang melindungi supaya mereka tidak kekurangan makanan disaat lapar, bila ada cangkang hasil dari moulting biarlah saja di dalam tank dikarenakan mereka dapat mengambil kembali kalsium dari cangkang yang lepas tersebut.

Breeding
Budidaya udang red crystal membutuhkan perawatan yang sama layaknya pada budidaya udang cerry serta udang bumble tetapi red crystal lebih peka serta membutuhkan kualitas air yang tambah baik. Budidaya udang red crystal membutuhkan area yang cukup besar dikarenakan bila dipelihara pada aquarium berukuran kecil pembuahan dapat amat jarang berlangsung. temperatur yang dibutuhkan berkisar dari 21-23 derajat celcius, juga dengan parameter air yang dingin tersebut anakan udang memiliki peluang besar untuk bertumbuh. perihal sebagai factor penentu yaitu seberapa berkualitasnya makanan yang didapatkan untuk red crystal shrimp, bila perihal tersebut telah terpenuhi maka udang red crystal dapat amat mudah untuk bertelur. waktu telur telah menetas kita bisa lihat bentuk miniatur berwarna bening menjelajahi seluruh sudut aquarium, memanglah cukup lama waktu yang mereka perlukan untuk bertumbuh sedikit besar.

-->

Jumat, 19 April 2013

Brushmouth Pleco


Brushmouth Pleco (akuariumhias) -Barangkali perihal sangat umum yang kerap di perbicarakan saat membiakan ikan hias sapu-sapu brushmouth pleco yaitu dietnya, didalam makna langkah kita berikan pakan yaitu yang memastikan sukses atau tidaknya membiakan ikan tersebut. tetapi mengingat brushmouth pleco mempunyai pola makan herbivora yang yaitu mahluk pemakan bahan type sayur-sayuran, maka ikan ini cuma membutuhkan sedikit protein didalam pola makannya. serta kelihatannya banyak option didalam memastikan apa yang bisa serta tidak bisa diberikan ke ikan ber l-number l144, kami sudah coba amat banyak type bahan makanan yang terhitung kedalam bahan sayur-sayuran green beans, sweet potatoes, zucchini, kale, and cucumber are all acceptable foods. kami juga sudah coba apel serta mangga yang nyatanya pas juga untuk brushmouth. 

Untuk type pemakan kayu lunak layaknya pekoltia serta panaque juga suka apel serta sweet potato. dikarenakan brushmouth dapat dikatakan tidak memiliki gigi, maka type makanan yang lebih lunak atau empuk amat dianjurkan menggunakan mentimun.

Brushmouth yang terhitung type ancistrus membutuhkan protein cuma lebih kurang 22 %, namun takaran diet ini tidak berlaku untuk l34 serta l255 mengingat mereka betul-betul karnivora murni. brushmouth jantan bisa dibedakan dari bentuk kepalanya yang agak besar serta melebar dan dipenuhu oleh kumis-kumis halus di berwajah. penjodohan bisa berbentuk koloni pasangan ataupun koloni sebagian pasang, tetapi langkah penjodohan ke dua lebih menambah peluang berlangsungnya pembiakan atas ikan eksotik ini. pakai tabung sebagai sarang untuk meletakan telur yang telah dibuahi, anda bisa menggunakan potongan bambu ataupun pipa paralon dengan diameter seukuran tubuhnya serta panjang satu 1/2 panjang tubuhnya.

Perihal yang dibutuhkan untuk memancing supaya mereka akan memamahbiak yaitu dengan langkah merekayasa sedikit musim hujan. ubah air dengan teratur untuk sebagian minggu serta dilanjutkan dengan penggantian air sejumlah 40 pesen untuk sekian waktu setelahnya. sebagai point utama yaitu ikan mesti sedikit diberi pakan, serta jumlah makanan kembali normal waktu periode perubahan air diawali. 

Air pengganti yang baru juga mesti menggunakan air yang sedikit dingin, hingga bisa turunkan sebagian derajat celcius pada kolam pembiakan utama. anda bisa memberikan juga area bertelur, hingga dapat bikin pleco jantan atraktif saat mencari area bertelur untuk pasangannya. butuh di ingat penggantian air yang cukup besar ini mesti dikerjakan untuk sekian waktu serta dihentikan waktu periode selanjutnya bertukar bila tidak perihal ini dapat menyebabkan sistem manipulasi musim penghujan kacau, serta anda mesti mengulangnya lagi sejak awal. sesudah induk betina melepas telur pada sarang bertelur maka betina tersebut bisa diangkat karena telah tidak memainkan peran lagi.

-->

Rabu, 17 April 2013

Jenis ikan koi bag.2

Jenis ikan koi  (akuariumhias) -Ikan koi terbukti memiliki banyak varian, hal ini dikarenakan banyak peneliti ataupun pembudidaya yang terus melakukan riset dan pengembangan genetik ataupun corak dan pola koi unggulan, berikut beberapa jenis ikan koi yang akuariumhias rangkum :

Asagi


Goromo



Kawarimono


Kujaku



Kumonryu



 Ochiba


Oranji



Sanke


Utsuri


Yamabuki



-->

Sabtu, 13 April 2013

Jenis ikan koi bag.1

Jenis ikan koi (akuariumhias) -Berhubung banyaknya pengunjung yang melacak info mengenai ikan koi, maka akhirnya akuariumhias mengulas kembali mengenai type – type ikan koi. Layaknya kita kenali, ikan koi adalah ikan hias yang senantiasa mempunyai pamor yang tinggi. ikan yang senantiasa dikira sebagai pembawa hoki ini, pastinyanya tak lagi sepi dari beberapa penggemar ikan hias yang senantiasa memburu ikan koi ini. segera saja kita simak type – type ikan koi yang kerap kita temui di pasar di bawah ini
Hikarimoyo


Ikan koi type ini adalah ikan hasil keturunan dari perkawinan ogon dengan koi lain ( diluar utsuri ), juga hariwake. menurut sumber yang beredar, diterangkan bahwa ada 10 type yang terhitung type koi ini yakni : hyakunenzakura, platinum kohaku, yamatonishiki, kinsui, sho chiku bai, tora ogon, kujaku ogon, yamabuki hariwake, hariwake doitsu, serta kikusui. ciri khas dari ikan koi type ini memiliki ciri khas yang terdapat pada warna keperakan serta keemasan yang disebut hasil dari persilangan pada type koi ogon dengan ikan koi type yang lain, diluar utsuri.

Kohaku

Type kohaku awal mulanya lahir waktu zaman bunka serta bunsel pada th. 1804-1829 yang datang dari hasil persilangan pada koi putih serta koi merah. ikan koi kohaku dapat disebut varietas ikan koi yang sangat dikenal. perihal tersebut bisa dimaklumi dikarenakan ikan ini memiliki corak warna yang dapat segera bikin orang ingat pada bendera negara jepang. koi kohaku yang memiliki kualitas sempurna yaitu ikan yang warna merahnya gelap serta warna putihnya seputih salju.
beberapa jenis ikan koi ( sisi )

Tancho



Untuk type koi yang satu ini dapat disebut amatlah popular untuk kelompok umur beberapa pengagum koi. perihal ini karena ikan tersebut memiliki bulatan yang berwarna merah yang ada di kepalanya. telah pasti amat meringankan orang ingat pada bendera negara jepang.

Taisho sanke


Taisho sanke adalah type ikan koi yang memiliki warna putih di bagian badannya dan dihiasi karenanya ada warna hitam serta merah ( triwarna ). tak ada keteranga yang mengatakan sejak kapan ikan koi dengan tiga warna ini lahir. namun dari pertengahan zaman meiji, ikan koi taisho sanke sudah ditemukan.
Kinginrin


Yang dimaksud dengan type ikan ini yakni ikan koi yang mempunyai corak – corak perak yang ada di badannya. biasanya type koi kinginrin bisa ditemukan dihampir tiap-tiap golongan ikan koi. contohnya yakni, kinginrin kohaku yang disebut koi dengan corak kohaku tetapi memiliki corak keperakan yang ada diatas warna putih serta orak keemasan yang ada diatas warna merah.

Utsurimono



Biasanya untuk ikan koi type utsurimono memiliki warna basic yang ada pada tubuhnya yakni hitam. namun untuk warna pada bercaknya yakni warna kuning, putih, serta merah.

Showa sanshoku



Warna basic pada tubuh ikan koi type ini yakni hitam. tetapi memiliki hiasan yang berbentuk corak berwarna putih serta merah yang terdapat di badannya. apabila dilihat dengan sepintas ikan koi type ini amat serupa dengan ikan koi type taisho sanke, yang membedakannya yakni pada warna basic yang berwarna hitam, namun taisho putih.

-->

Jumat, 12 April 2013

Penataan cahaya untuk aquascape


Penataan cahaya untuk aquascape (akuariumhias) -Pencahayaan dari lampu-lampu membuahkan daya untuk tanaman akuarium untuk hidup serta diperlukan untuk metabolisme atau fotosintesis (memasak di daun). Pencahayaan akuarium yang kuat bakal buat perkembangan tanaman lebih cepat serta menaikkan nilai PH air akuarium. Tumbuhan akuarium butuh co2 lebih, juga gizi lain yang diperlukan untuk tanaman untuk hidup.

Tetapi, bila lampu akuarium kurang kuat, sesaat co2 berjumlah besar maka menyebabkan co2 didalam akuarium bakal terlalu berlebih, menyebabkan fotosintesis ( memasak makanan pada daun ) tanaman akuarium tidak bisa prima.

Agar fotosintesis berlangsung maka  butuh sinar, sinar menjadi satu kewajiban untuk tanaman supaya sehat. Cahaya matahari alami terdiri dari sekitar gelombang sinar yang punyai panjang gelombang yang berlainan. pigmen klorofil ( zat hijau daun ) tanaman bakal menyerap cuma gelombang sinar spesifik.

Cahaya matahari akan mendorong perkembangan alga. tuturan cahaya matahari yang lama akan memanasi air. Sehingga sinar buatan lebih direkomendasi untuk tanaman yang tumbuh di akuarium. Spektrum penuh atau lampu neon spektrum yang luas terlampau pas untuk perkembangan tanaman. Akuarium umumnya butuh kira-kira , 5 watt sinar per galon air serta durasi 8-12 jam sinar /hari. pastinya, bila akuarium anda didalam ruangan, anda barangkali butuh watt ( daya ) tambahan, serta butuh merawat sinar sepanjang berjam-jam lagi. menggunakan kerikil berwarna terang menjadi cara yang baik.

Jumlah sinar yang dibutuhkan untuk akuarium tanaman ( aquascape ) juga bergantung spesies. Lebih dari satu tanaman, layaknya anubias, java fern serta java moss, cuma butuh pencahayaan rendah ( 0,5 watt perliter air ) atau ( 3/4-1watt per liter air ). Lantas, lampu bakal berikan sinar yang cukup untuk tanaman ini. beberapa wisteria air, fern india, lily air, serta rumput air ini merupakan lebih dari satu tanaman yang butuh sinar terang. Tanaman ini bakal butuh sekurang-kurangnya satu tabung neon tambahan untuk bertahan hidup serta berkembang. Lebih dari satu spesies layaknya bacopa serta cabomba butuh sinar ekstra kuat bila pingin tanaman inni rimbun.

Karakter tanaman akuarium berkenaan dengan intensitas sinar, secara prinsip dibagi jadi dua grup :
  1. Tanaman air yang butuh intensitas sinar rendah, layaknya microsorium,anubias,bolbitis, serta cryptocoryne ( gambar dapat di saksikan di google search engine ). tanaman ini merupakan style yang mudah gara-gara mereka tidak butuh banyak sinar serta karbon dioksida.

  2. Tanaman air butuh intensitas sinar tinggi, layaknya ludwigia merah, rotala, cabomba, serta lebih dari satu style spesies echinodorus. beberapa jenis ini sedikit susah gara-gara butuh banyak sinar serta karbon dioksida.
Mengetahui karakter tanaman air terlampau perlu untuk aquascaper. bila kita pingin menghias akuarium, maka tanaman air yang butuh intensitas sinar tinggi di letakkan dibawah pencahayaan akuarium yang tidak terhambat, serta tanaman dengan sinar rendah bisa di letakkan di tempat teduh.

-->

Kamis, 11 April 2013

Ikan Baracuda ekor merah


Ikan baracuda ekor merah (akuariumhias) -Memiliki banyak nama yang tidak sama di pasaran layaknya dog characin, spotted cachorro, amazon cachorro serta freshwater barracuda. Ikan dari keluarga characin ini tersebar luas di bantaran sungai amazon, dimulai dari Peru, rio orinoco di Venezuela serta sebagian sungai di Guyana, Suriname serta French guiana. ikan ini mendapatkan namanya dari tampilan serta perilakunya yang lebih kurang menyamai barracuda laut serta juga kadang-kadang mereka dijuluki pike characin. Walau tampilan serta perilakunya menyerupai barracuda tetapi ikan ini tidaklah dari keluarga barracuda.

Ikan baracuda ekor merah memiliki tampilan fisik yang nyaris biasa apalagi tidak menarik di mata sebagai ikan hias. bentuk tubuhnya ramping layaknya torpedo dengan mulut yang dipenuhi gigi-gigi tajam. gigi ikan umumnya terlihat meskipun ikan tidak buka mulut. tubuh ikan berwarna keemasan serta keperakan dibagian bawah ( perut ). seluruh sirip berwarna transparan jika ekor. ekor ikan berwarna merah di bagian pangkal serta transparan di pinggirannya. warna merah juga nampak di sirip punggung ikan dewasa. ikan ini memiliki pola hitam yang khas di pangkal ekornya atau ditengah warna merah ekor. ukuran tubuh ikan dewasa bisa meraih 25-27, 5 cm. ikan betina mempunyai tubuh yang condong semakin besar serta lebih gemuk di banding ikan jantan.

Ikan yang berkeluarga dengan piranha ini, adalah predator yang berkembang di alam. ikan yang berbentuk karnivora piscovora yaitu dengan spesial cuma memangsa ikan lain. mangsanya yaitu ikan yang berukuran kecil, tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwa mangsanya dapat berukuran dua atau tiga kali semakin besar dari ukuran tubuhnya. ikan ini sukar untuk terima makanan berbentuk ikan mati, apalagi anakan ikan yang dibekukan tidak dianggapnya sebagai makanan. dengan kata lain, makanan utamanya hanya ikan hidup. sebagian penghobi coba juga untuk memberinya makanan kering dengan mengharapkan bahwa ikan dapat belajar dari tankmatenya.
 
Layaknya umumnya ikan predator, red tai barracuda tidak pas dengan daging mammalia atau unggas layaknya hati sapi serta daging ayam. pemberian makanan ikan hidup mesti senantiasa di perhatikan. ikan-ikan kecil layaknya livebarrier serta ikan mas kurang sesuai apabila jadikan mangsa dikarenakan tak hanya punya potensi membawa parasit atau penyakit, kandungan nutrisinya juga kurang untuk mendukung perkembangan ikan. meskipun ikan berbentuk piscovora, kadang-kadang ikan yang sudah dipelihara dapat juga mengonsumsi makanan non ikan layaknya cacing tanah, udang sungai serta sebagian invertebrata air yang berukuran besar. 

Spesies acestrorhynchus memiliki tampilan sama tetapi bukan hanya bermakna tidak dapat dibedakan.ikan baracuda dibedakan dari spesies acestrorhynchus yang lain dari ukuran fisiknya serta ada marking hitam dibelakang penutup insangnya. meskipun sebagian dari spesies acestrorhynchus juga mempunyai marking hitam ini, tetapi untuk markingikan baracuda condong berupa layaknya tetesan air mata yang terbalik dengan ukurannya lebih kurang 25% dari lebar tubuh. namun marking hitam pada spesies lain umumnya berukuran lebih bulat maupun lebih kecil.

Ikan baracuda ekor merah memiliki ciri-ciri yang agresif serta terhitung perenang yang cepat. dimensi tangki yang diperlukan yaitu berukuran minimal 250 cm kali 90 cm. anakan ikanpun juga memerlukan tangki yang berukuran luas dikarenakan ciri-cirinya yang mudah gugup serta senang menabrakkan diri sendiri ke kaca hingga terluka bila tangki terlampau sempit. dekorasi tangki dengan substrat pasir serta sedikit ornamen (kayu, cabang kayu, akar atau daun) dapat bikin ikan lebih nyaman. tanaman air yang bisa hidup di pasir juga bisa ditambahkan layaknya microsorum pteropus, taxiphyllum barbieri serta anubias spp. 

Pemberian tutup pada tangki disarankan dikarenakan ikan yang kadang-kadang lompat dari tangki. sistem filtrasi sebaiknya baik dikarenakan sebagai predator, ikan ini dapat condong mengeluarkan kotoran didalam jumlah cukup banyak. sistem perubahan air bisa dikerjakan perminggu ganti air tangki sebanayk 30-50%. ikan ini peka pada kandungan polutan air hingga baiknya air didiamkan dulu semalam sebelum saat dimasukkan ke didalam tangki. parameter situasi air tangki yaitu bersuhu 23, 9-27, 8 celcius, ph 6, 0-7, 5 serta kesadahan 1-12 dh. 

Di alam liar,ikan baracuda kerap tampak berkelompok. ikan ini mudah gugup hingga dengan berkelompok sekurang-kurangnya dapat meredamnya. ikan yang lebih tua condong dapat hidup soliter tetapi terus tetap dapat ke grup yang sama untuk sekali-kali. situasi ideal untuk menjaga ikan ini adalah dijaga didalam grup kecil (empat ekor atau lebih) atau dengan ikan lain dengan ukuran yang sama. ingat bahwa spesies didalam family acestrorhynchids umumnya berbentuk kanibal lantas janganlah campur dengan ikan yang jauh tidak sama ukuran. tankmate yang sesuai adalah predator atau non predator layaknya pleco, geophagus, ctenolucius serta yang lain yang mutlak berukuran sama.

tehnik breeding tetap sedikit diketahui informasinya. breeding bisa dikerjakan di akuarium yang bersuhu 27 celcisus dengan meletakkan dua jantan serta satu betina. sistem bertelur berlangsung waktu betina berenang didalam situasi diam serta jantan mengelilinginya membentuk pola angka delapan. telur umumnya berserakan tanpa penjagaan dari sang induk. telur dapat menetas sesudah 24 jam.


-->

Rabu, 10 April 2013

Ikan pisau





Ikan pisau (akuariumhias) -Mempunyai nama lain knifefish. Knifefish ini adalah type knifefish yang amat unik. Tubuhnya transparan layaknya kaca hingga organ-organ didalam tubuhnya tampak dengan jelas. datang dari sungai amazon di amerika selatan.

Menempati habitat yang berbentuk perairan tawar dataran rendah, kolam, serta sungai yang pada substratnya mempunyai banyak detritus tanaman. umumnya glass knifefish yang dijual di perdagangan ikan hias dunia datang dari kolombia. ukuran knifefish ini cukup besar, ikan jantan bisa meraih ukuran 45 cm namun ikan betina berukuran lebih kecil, ukuran maksimalnya cuma bisa meraih 20 cm. glass knifefish mempunyai tubuh yang semi-transparan atau kadang-kadang berwarna agak kehijauan dan mempunyai bentuk tubuh yang memanjang. mereka tidak mempunyai sirip punggung atau sirip ekor, tetapi mempunyai sirip yang memanjang di bagian bawah tubuhnya yang bergerak dengan langkah gerakan bergelombang. tidak layaknya knifefish yang lain, tubuh knifefish ini relatif lebih kaku.

Knifefish yaitu ikan yang non agresif dan pemalu. knifefish ini bisa dipelihara didalam akuarium yang lumayan besar berbarengan spesiesnya sendiri. walau ikan ini umumnya dapat membentuk hirarki ikan yang dominan didalam akuarium, knifefish ini tak lagi melukai ikan yang lain. Knifefish yaitu ikan yang kernivora. pakan yang didapatkan mesti terdiri dari pakan hidup atau beku yang kecil layaknya bloodworm, brine shrimp, atau black worm. di alam liar, ikan ini berburu saat malam hari untuk memangsa cacing, krustasea, serangga, serta siput. tambah baik dipelihara dengan berkelompok dengan jumlah ikan sekurang-kurangnya lima ekor. apalagi ikan ini terus terlihat pemalu meskipun dipelihara dengan berkelompok. perihal ini karena mereka dengan alami aktif saat malam hari hingga mereka umumnya terlihat tidak aktif atau pemalu pada siang hari. situasi air yang diperlukan ; ph 6-7 temperatur air 23-28° celcius.


Supaya ikan ini jadi aman serta nyaman ada didalam akuarium siapkan banyak area persembunyian buat mereka. area persembunyian itu bisa berbentuk tanaman air, kayu bogwood, atau batu halus. sesudah mereka beradaptasi hidup didalam akuarium ikan ini dapat jadi lebih terbuka ciri-cirinya terlebih pada saat makan. 

Knifefish umumnya tinggal dibagian bawah akuarium yang ada naungan untuk mereka untuk berlindung. dikarenakan ikan ini yaitu ikan yang pemalu, pencahayaan yang dipakai yaitu pencahayaan yang redup atau temaram. sepanjang ini, ikan type knifefish dikenal sebagai predator yang memangsa dengan diam-diam dengan mulut mereka yang berukuran cukup lebar. tidak sama halnya dengan knifefish ini, walau ikan ini yaitu predator, tetapi mulut mereka berukuran kecil hingga knifefish ini tak lagi memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil jika ikan tersebut berukuran amat benar-benar kecil. ubah air pada akuarium dikerjakan dengan berkala, minimal sebulan sekali.

-->

Senin, 08 April 2013

Ikan serpent loach


Ikan serpent loach (akuariumhias) -Adalah di antara type ikan loach atau serowot bagian famili balitoridae. datang dari sungai sekong atau xe khong di negara laos serta tampaknya adalah spesies endemik sungai tersebut. sungai sekong sendiri adalah di antara dari anak sungai mekong.

Sebagai sisi dari sistem sungai mekong, ada gagasan untuk membendung sungai ini dengan bendungan plta. tetapi sayangnya gagasan tersebut sudah disetujui pemerintah, di kuatirkan kelangsungan ikan-ikan yang hidup pada sungai ini dapat terancam. Habitat yang didiami oleh ikan ini yaitu sungai-sungai dangkal yang mengalir dengan cepat, hulu sungai yang sarat oksigen, kolam-kolam, dan tempat air terjun didalam sebagian masalah. tempat yang dihuni oleh ikan ini umumnya penuh dengan bebatuan serta kerikil dan kaya dapat oksigen. serpent loach berukuran kecil, panjangnya cuma lebih kurang 5 cm saja. tubuhnya berupa memanjang, dengan sirip berwarna belang hitam serta putih. warna tubuhnya yaitu coklat muda yang diselingi garis-garis berwarna kuning, coraknya tersebut bikin ikan ini terlihat menarik.

Ikan ini sesungguhnya tidak terlampau sukar dipelihara, seandainya dipelihara didalam situasi yang benar. direkomendasikan untuk memeliharanya didalam akuarium yang di-setting menyerupai habitat aslinya. supaya sesuai layaknya habitat aslinya, pakai substrat pasir atau kerikil halus dibarengi dengan batu-batuan. imbuhkan juga sebagian cabang kayu serta tanaman air supaya lanskap pada akuarium tidak berkesan kaku. akuarium yang diperlukan tak perlu besar, cukup siapkan akuarium berukuran 75 kali 30 kali 30 cm. dengan alami, ikan ini toleran pada akumulasi polutan organik layaknya ikan yang lain, tetapi supaya tumbuh dengan sehat situasi air yang bersih amatlah diperlukan. tiap-tiap 1 minggu sekali, minimal 30-50 persen dari keseluruhan volume air mesti diganti. situasi air yang diperlukan ; ph 6-7 temperatur air 23-26 °c.
 
Serpent loach yaitu ikan omnivora walau beberapa besar makanannya di alam liar terdiri atas serangga kecil, cacing, krustasea, dan zooplankton yang lain. terlebih, ikan ini jarang konsumsi makanan yang bersumber dari tetumbuhan. didalam akuarium ikan ini bisa diberi makan pakan kering dengan pembagian yang sesuai. makanan sehari-hari lain yang bisa diberi yaitu pakan hidup atau pakan beku, salah satunya daphnia, artemia, bloodworm, dan sebagainya. situasi makanan yang baik dapat punya pengaruh pada pewarnaan tubuh. 

Serpent loach berkarakter pendamai pada ikan lain maupun spesiesnya sendiri. pemeliharaan dengan berkelompok amat disarankan, idealnya minimal ada empat ikan didalam satu grup. ikan yang pas sebagai tankmates untuk ikan ini diantaranya gourami ( sepat ) hias ; type cyprinid layaknya barb, danio, rasbora ; loach ; maupun type ikan pendamai yang lain. berhubung ikan ini berukuran kecil, janganlah memeliharanya berbarengan ikan yang agresif atau predator dikarenakan ikan ini dapat dimangsa.

Ikan mata empat


Ikan mata empat (akuariumhias) -Adalah ikan dari keluarga anableps yang memiliki mata unik. mereka tersebar di bumi Amerika sedang serta selatan dari Venezuela melalui Guyana, Suriname, French guiana serta berakhir di delta amazon brazil. ikan golongan livebarrier ini memiliki tampilan mata yang tidak biasa.

Meskipun dijuluki bermata empat tetapi sesungguhnya mereka cuma mempunyai dua mata. dua mata tersebut beradaptasi luar biasa untuk mendukung keberlangsungan hidupnya. mata ikan dilengkapi dengan jaringan pigmen pita yang membagi mata dengan horisontal jadi dua sisi. Perihal ini bikin ikan waktu mengapung di permukaan air bisa lihat dua arah sekalian yaitu sisi bawah mata bisa lihat didalam air serta sisi atas mata bisa lihat diatas permukaan air. Jaringan pita ini juga membagi pupil mata jadi dua yakni pupil didalam air serta pupil atas air, perihal inilah yang bikin ikan ini dujuluki bermata empat. ke-2 pupil dikaitkan dengan sisi yang bernama iris. dengan kekuatan ini ikan beradaptasi untuk lihat di hawa serta didalam air dengan berbarengan. lensa mata dapat merubah ketebalannya dari atas ke bawah waktu lihat objek di hawa serta air.

Sebagai penghuni permukaan air, ikan mata empat adalah ikan yang amat lincah. ikan ini juga kerap ditemukan di perairan payau dengan banyak tetumbuhan bakau. tubuh ikan berwarna emas keperakan dengan garis putih di dalam tubuhnya, namun sisi perut berwarna putih polos. tubuh ikan dewasa bisa meraih kian lebih 20 cm di mana ukuran tubuh betina umumnya semakin besar rata-rata lebih kurang 26 cm namun jantan lebih kurang 20 cm. Ikan mata empat berbentuk karnivora dengan makanan utama yaitu serangga yang ada di permukaan air serta kepiting kecil. tak hanya serangga, mereka juga mengonsumsi invertebrata serta ikan-ikan kecil. untuk makanan komersil, ikan ini bisa diberi makanan kering atau beku layaknya brineshrimpe, artemia, cacing tanah serta bloodworm. perihal yang butuh diingat yaitu jangan sempat makanan ikan tenggelam ke didalam air dikarenakan ikan ini tak lagi memburunya.


Ikan mata empat punya kebiasaan hidup berkelompok di alam bebas dengan bagian di atas enam ekor. pemeliharaan dibawah enam ekor bikin ikan mudah stress serta gugup. Didalam grup, ikan jantan serta betina sulit dibedakan waktu tetap muda tetapi sesudah dewasa umumnya ikan betina berukuran jauh semakin besar di banding jantan. Ikan ini bereproduksi dengan vivipar serta umumnya sedikit problem nampak apabila banyak grup dikumpulkan waktu breeding. ikan jantan memiliki alat kelamin gonopodium yang menonjol serta ini tidak sama dengan yang ada pada keluarga livebarrier yang lain. 

Namun alat genital betina ditutupi dengan sisi kulit yang dimaksud foricula. gonopodium ikan jantan memiliki tujuan yang tidak sama untuk setiap individu demikian juga foricula betina. perihal ini bermakna, jantan yang memiliki tujuan ke kanan pas untuk berkompulasi dengan betina yang bertujuan ke kiri serta sebaliknya. tetapi sebagian sumber mengatakan bahwa gonopodium jantan cukup fleksibel sebagian derajat hingga kemungkinan jantan bisa berkompulasi dengan tiap-tiap betina. sistem pembuahan berlangsung dengan internal dengan gonopodium sebagai alat penetrasi untuk betina. betina dapat hamil sepanjang lebih kurang 12 minggu diiringi dengan nafsu makan yang meningkat mencolok. 

Pada waktu dapat melahirkan betina dapat jadi lebih agresif serta menyerang tankmate yang lain. ikan betina lantas dapat berupaya melacak area yang pas untuk melahirkan bayi-bayinya. jumlah janin bayi yang dilahirkan berkisar 13 sampai 20 ekor tidak sejumlah keluarga livebarrier yang lain. bayi ikan umumnya berukuran lebih kurang 4-5cm panjangnya serta segera dapat mengonsumsi pellet atau butiran. untuk masalah kelahiran prematur umumnya bayi ikan dapat alami infeksi serta untuk mencegahnya bisa dikerjakan memindahkan mereka ke tangki terpisah yang diisi air steril.

Untuk pemeliharaan di aquarium tidaklah terlampau sulit. satu perihal yang mutlak yaitu kebersihan air mesti terjaga, sistem filtrasi mesti cukup kuat untuk mengeluarkan amonia hasil sisa makanan yang tidak termakan. ukuran tangki 120cm x 45cm x 30cm yaitu cukup ideal dikarenakan ikan tidak demikian nyaman dengan tangki yang berukuran besar. sebagai ikan yang menempati permukaan air, tinggi air cukup 80% tinggi tangki dikarenakan di kuatirkan ikan dapat melompat bila tangki terisi penuh. dekorasi tangki dengan substrat pasir yang cukup tidak tipis dengan cabang kayu atau akar bakau. 

Substrat dangkal atau bebatuan dapat disiapkan untuk area tinggal ikan muda atau untuk ikan dewasa yang pingin istirahat serta makan. tanaman air tidak demikian dibutuhkan tetapi bila pingin coba bisa dipakai tanaman berdaun keras layaknya anubias. Ikan tropis ini butuh temperatur air pada level 25-31 Celcius dengan ph 7, 5-9 serta kesadahan 15-35 dh. Ikan mata empat berbentuk pendamai tetapi tidak pas apabila digabung dengan ikan yang berukuran kecil dikarenakan dapat dikira sebagai makanan. tankmate yang pas layaknya sebagian type livebarrier serta type ikan basic layaknya spesies gobi stigmatogobius sadanundio. sebagian ikan permukaan yang lain layaknya toxotes spp serta scatophagus bukannlah pesaing alami di habitat aslinya.

Rabu, 03 April 2013

Tips memelihara cupang hias



Tips memelihara cupang hias (akuariumhias) -Seperti pemeliharaan ikan hias biasanya, mutu air yang dipakai didalam pemeliharaan ikan cupang mesti sesuai dengan syarat hidupnya hingga perkembangan serta perubahannya dapat jalan dengan maksimal.

a. Derajat keasaman ( ph )
Derajat keasaman bisa didefinisikan sebagai besarnya kandungan hidrogen didalam air, dimaksud juga pondus hydrogenii( ph ). hubungan ph dengan kehidupan ikan amat jamant. titik kematian ikan umumnya berlangsung pada ph 4 atau asam serta ph 11 atau basa. demikianlah juga reproduksi atau perubahan ikan serta ada bibit penyakit amat bergantung pada ph.

Dihabitat asalnya, ikan cupang amat pas berkembang dengan situasi air yang mempunyai ph sebesar 6, 2 - 7. sesaat itu, air tanah di indonesia biasanya mempunyai ph sebesar 5, 2-6, 8. dikarenakan itu, kerapkali ke didalam air yang dapat dipakai mesti ditambah kapur bordo sejumlah 2 ml per 1 liter air supaya terwujud ph ideal. tetapi, apabila air yang dapat dipakai tergolong mempunyai ph di atas netral, beberapa hobiis serta peternak menggunakan daun ketapang atau palaqium clarkeanum untuk meraih ph ideal.

Untuk tahu ketepatan ph air yang dapat dipakai bisa dikerjakan pengukuran sederhana menggunakan kertas lakmus yang bisa didapatkan dengan mudah di beberapa toko kimia.

Ketidak idealan ph air yang digunakan untuk budi daya cupang hias dapat amat punya pengaruh pada tingakt perubahan serta perkembangan ikan tsb. indikasi awal yang bisa jadikan dasar terkait dengan ketidakidealan ph air ini bisa dilihat dari perilaku cupang hias peliharaan.
- tidak mempunyai nafsu makan
- langkah berenangnya tidak stabil, gelisah atau sradak-sruduk
- tidak dapat berkembang biak atau bertelur.
- perkembangan terhalang.

b. Amonia serta nitrit
Amonia yaitu gas buangan hasil metabolisme ikan, baik sisa kotoran maupun sisa pakan. sisa pakan biasanya membusuk hingga bikin kandungan amonia didalam air meningkat. kandungan amonia yang tinggi dapat mengakibatkan ikan keracunan atau mabuk.

Nitrit yaitu gas yang amat beracun. nitrit yaitu hasil perompakan protein yang disebut sisi dari amonia. air yang kotor dengan tingkat penyebaran ikan yang banyak biasanya memiliki kandungan nitrit yang tinggi.
untuk kurangi kandungan 2 zat tersebut bisa dikerjakan dengan langkah penggatian air dengan teratur, pemberian aerasi, penguapan, atau reaksi kimia dengan nitrogen.

c. Oksigen terlarut
Oksigen yaitu unsur terutama didalam kehidupan organisme. keberadaan oksigen ada di hawa ataupun terlarut didalam air. sebagian factor yang merubah besar kecilnya oksigen terlarut didalam air diantaranya seperti berikut :
  • Ada pergerakan dipermukaan air, contohnya riak atau gelombang, dapat mempercepat sistem difusi.
  • Semakin tinggi suhu, semakin sedikit oksigen terlarut.
  • Semakin tinggi satu tempat semakin rendah tekanan udaranya hingga semakin rendah juga kandungan oksigen terlarut.
  • Semakin tinggi kandungan garam, semakin sedikit oksigen terlarut.
  • Cahaya serta tanaman hijau amat menolong. tetapi walau banyak tanaman hijau, apabila cahaya matahari kurang maka oksigen terlarutpun makin sedikit

Sepanjang ini, ikan cupang dikenal mempunyai daya tahan yang baik pada rendahnya oksigen terlarut didalam air. perihal ini dimungkinkan dikarenakan ikan cupang terhitung ikan labirin, yakni dapat mengambil oksigen segera dari hawa. tetapi, sudah pasti dapat tambah baik apabila kandungan oksigen terlarut semakin banyak.

Kandungan oksigen terlarut yang terlalu rendah bisa mengakibatkan penurunan nafsu makan, sirip tidak berkembang prima, serta bentuk tubuh tidak menarik pada ikan cupan peliharaan.

Ikan cupang hias yaitu ikan tropis, lantas mereka amat suka air yang hangat, namun tidak terlampau hangat.
Kisaran suhu air maksimal untuk ikan cupang anda yaitu 23-25 derajat celcius. penurunan suhu hingga 21 c atau kenaikan hingga 27 c tetap bisa ditolerir, namun 27-30 derajat umumnya dipakai untuk aquaruim tempat tinggal sakit dimana anda memisahkan ikan yang sakit serta memberikan obat untuk penyakit spesifik. memelihara ikan anda di hangat serta lebih enjoy dapat sangat mungkin mereka dapat pulih lebih cepat.

Bila anda bikin air terlampau dingin, sistem kekebalan tubuh ikan anda dapat terganggu serta penyakit dapat menyerang ikan cupang hias. bila anda bikin air yang terlampau hangat, bakteri dapat tumbuh serta bikin air tercemar hingga ikan dapat sukar bernafas. berkelanjutan, stabil, serta apalagi air suhu didalam kisaran yang pas dapat amat menolong menanggung kesehatan serta kesejahteraan ikan cupang hias. dia dapat membalas dengan keindahannya.

Ikan cupang hias anda dapat lebih aktif saat anda melindungi suhu air dengan pas buat mereka. mereka dapat jadi normal, responsif, serta mereka dengan suka hati menari2 buat anda. saat anda melindungi kesehatan ikan cupang hias anda dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. maka anda dapat lihat warna sejati mereka - dengan harfiah serta kiasan.

Beberapa jenis pakan alami
Type serta langkah pemberian pakan pada cupang hias tidaklah rumit. cupang hias membutuhkan protein untuk kekuataun serta pembentukan tubuh, juga membutuhkan vit. serta mineral mutlak yang lain untuk kegiatan serta melindungi daya tahan tubuhnya. type pakan alami yang amat pas untuk perubahan serta perkembangan cupang hias diantaranya cuk atau jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra, serta infusoria. walau sekarang ini dikenal juga pakan buatan, contohnya tubifex worm, tepung artemia salina, serta frozen bloodworm, namun baiknya jadi pilihan paling akhir untuk dipakai.Waktu yang pas untuk berikan pakan yaitu jam 10. 00 serta jam 16. 00.
a. Encuk
Encuk atau jentik nyamuk pada tempat beriklim tropis layaknya indonesia, berkembang dengan subur. jentik nyamuk banyak disinyalir dapat menghidupkan tenaga serta mencemerlangkan warna cupang hiar. pemberian yang teratur sesuai kebutuh cupang hias bikin tubuh ikan tampak lebih atletis serta seimbang.

b. Kutu air
Sesungguhnya yang selam ini dikenal sebagi kutu air tidaklah kut, tetapi udang renik cladocera. kutu air amat punya pengaruh pada perkembangan sirip cupang hias, yakni dapat membuatnya tumbuh lebih lebar serta panjang. tetapi, mesti diingan, janganlah berikan kutu air hitam atau cyccllopspada burayak cupang hias dikarenakan bisa mengakibatkan kematian.

c. Cacing sutra
Cacing sutra ( tubifex sp. ) atau kerap dimaksud cacing rambut adalah pakan yang amat akrab untuk ikan hias, demikianlah juga cupang hias. tetapi, untuk cupang hias yang siap bertelur, cacing sutra baiknya tidak diberikan dikarenakan kandungan lemaknya bisa menyumbat saluran telur hingga menghalangi sistem kematangan kelamin cupang hias. cacing ini hidup didasar perairan yang banyak memiliki kandungan bahan organik layaknya comberan. sepintas caing ini serupa benang kusut berwarna merah.
sebelum saat dipakai baiknya cacing sutra dibersihkan terlebih dulu supaya bibit penyakit yang barangkali ter bersamanya tidak turut termakan cupang hias.

d. Infusoria
Pakan alami ini adalah jada renik yang amat kecil, berukuran 0, 04 - 0, 1 mm, hingga tidak bisa tampak dengan mata telanjang. dikarenakan itu pas diberikan pada burayakyang baru menetas saat cadangan makan yang datang dari kuning telurnya habis.

Memelihara ikan discus dalam aquascape

  
Memelihara ikan discus dalam aquascape (akuariumhias) -Setelah browsing saya mendapat informasi, bahwa ikan discus yaitu type yang terentan terkena beragam virus serta bakteri yang jika sekali terjangkit, mesti segera dikarantina dan diganti airnya 85% ( optimal ). lantas sebenarnya saya agak nervous memelihara ikan discus saya di dalam aquascape tawar yang telah sukses saya pelihara sepanjang 2 th. belakangan ini, karena jika bila iya benar ikan discus saya terinfeksi kelak suaatu hari nanti, dapat repot jadinya untuk saya untuk bersihkan total akuarium manfaat bersihkan bakteri serta virusnya. namun toh saya membulatkan tekad untuk coba. saya cukup rajin mengurus akuarium serta jarang lalai didalam tentang kebersihan akuarium dan masalah ganti air.

Saya ganti air akuarium saya sejumlah 60% tiap-tiap 1 minggu sekali, saya biasa menentukan waktu siang hari, karena suhu air tersebut yaitu yang sangat ideal untuk ikan discus yang nyaman dengan suhu hangat saat kita ganti air.

Tak hanya dari pada ditujukan untuk bersihkan akuarium dari kotoran ikan yang mengendap, perubahan air dengan teratur juga untuk meyakinkan tumbuhan yang hidup di dalam akuarium memperoleh pasokan co2 yang digunakan tumbuhan untuk tumbuh serta memaksimalkan sistem fotosintesis mereka. saya tidak menggunakan tabung co2 untuk memasok suplai keperluan tumbuhan saya, hingga ganti air dengan teratur sejumlah 40% - 60% dapat dibuktikan ampuh sepanjang 2 th. saya lakukan ini.

Disamping itu saya juga rajin memberikan pupuk cair yang berkwalitas supaya tumbuhan saya terus tumbuh optimal, tidak menguning, serta tidak mati hingga mesti repot menggantinya dengan yang baru walau harga tumbuhan air tawar relatif murah serta terjangkau. saya menggunakan type tumbuhan anubias yang populer kuat serta tidak mudah mati. anubias tersebut saya ikat dengan benang disebuah bongkahan kayu bakau yang lazim dipakai hobiis untuk mendekor akuarium air tawar.

Anubias menurut pendapat pribadi saya, adalah tumbuhan air yang sangat pas untuk dipelihara didalam akuarium air tawar berbarengan dengan grup ikan discus dikarenakan mudah dibersihkan serta diangkat dari permukaan air jika bila satu hari anda mesti bersihkan total akuarium dari virus serta bakteri yang sering menyerang ikan discus yang paling disayangi anda. ia akan tumbuh dengan baik serta subur di dalam suhu air yang relatif hangat : 25 derajat celcius - 30 derajat celcius, syaratnya yaitu rajinlah berikan pupuk cair supaya tanaman ini bisa tumbuh serta berkembang.

Type pupuk cair pilihan saya yaitu macro-gro buatan negara belanda. pupuk type ini terbagi 2 : yang berwarna merah untuk dipakai tiap-tiap hari serta yang berwarna hijau untuk dipakai setiap saat anda ganti air akuarium. pupuk cair ini mudah ditemukan di toko- toko ikan hias lokal, harga nya berkisar pada rp. 30. 000/botol - rp. 60. 000/botol bergantung dari kehebatan anda menawar, jumlah stock yang ada, dan jumlah mililiter tiap-tiap botol. cermati sinyal expired yang tercantum. janganlah dibeli jika segel rusak serta tidak mencantumkan tanggal expired. kenakalan sebagian penjual pupuk cair ini dapat mengakibatkan malapetaka untuk akuarium anda jika anda tidak cermat. janganlah lupa bahwa pupuk cair ini memiliki kandungan bahan kimia hingga beresiko jika rusak serta cermati langkah penggunaan sesuai panduan yang tercantum.

 
Makanan serta trick ganti makanan untuk ikan discus
Lazimnya ikan discus mengkonsumsi jentik nyamuk ( encuk ), kutu air atau cacing darah. bila anda jijik dengan ketiga organisme di atas, maka anda dapat menentukan yang telah dibekukan atau menggantinya dengan pelet.

Ikan discus memerlukan protein didalam jumlah cukup tinggi supaya bisa tumbuh optimal serta membuahkan warna yang kontras serta mengeluarkan motif batik ditubuhnya.
Biasanya ikan discus yang kita beli di toko- toko, telah punya kebiasaan mengkonsumsi cacing beku atau type makanan beku yang lain. mereka telah punya kebiasaan dikarenakan sang penjual tentunya pingin mengeluarkan warna terbaik dari sang ikan supaya mudah laris serta dapat dipatok dengan harga tinggi. lantas ikan discus telah punya kebiasaan serta tak lagi menampik type makanan beku jika ikan yang anda beli sehat, serta tidak alami stress. tetapi banyak masalah yang kerap berlangsung yaitu makanan beku yang kita berikanlah nyatanya tidak steril dikarenakan saat sebelum saat dibekukan serta dijual, cacing- cacing ini datang dari air yang kotor hingga ikutan beku didalam paket makanan serta jadi bakteri dan virus yang dapat menyerang tubuh serta insang discus demikian bakteri ini berakumulasi didalam air akuarium anda dan melipat gandakan jumlah teman- rekan bakteri serta virus menjengkelkan ini.

Anda dapat lakukan langkah preventif dengan rajin ganti air sejumlah 60% tiap-tiap minggu untuk menghindar supaya bakteri ini untuk pernah berkembang biak didalam akuarium, pastikanlah kotoran- kotoran dari ikan terangkat optimal, gosok juga kaca anda dengan sponge supaya bakteri yang melekat pada kaca hanyut didalam air serta masuk kedalam filter serta manfaatkanlah lampu penerang bersinar kelvin sebagai pengganti sinar matahari untuk mematikan kuman, virus serta bakteri beresiko yang lain.

Jadwal ganti air serta metode di atas ini dapat dibuktikan efisien serta amat direstui oleh hobiis memiliki pengalaman. saya pribadi menentukan melatih discus saya supaya cepat akan makan makanan yang berbentuk pelet hingga saya tak perlu ketakutan dapat epidemik dari virus dan bakteri yang terkontaminasi didalam makanan beku. sangat banyak pelet berkwalitas dengan merk berbeda- lain serta variatif harga nya untuk mendukung ikan yang sehat serta dapat membuahkan warna optimal pada tubuh sang ikan. Pilihan saya untuk bln. pertama adalah merk tetrabits complete buatan jerman. komposisi pelet ini sangat ideal untuk discus yang baru saja anda beli dikarenakan menu didalam sebutir pelet relatif seimbang untuk tumbuh kembang sang ikan serta memiliki kandungan bioactive supaya ikan memiliki imun pada penyakit- penyakit beresiko. untuk mempercepat perkembangan atau untuk membuahkan warna luar biasa pada tubuh ikan tetra tawarkan sebagian product yang lain yang diformulasikan spesial untuk tubuh ikan discus.

Mohon untuk meyakinkan supaya anda tidak berikan makanan terlampau banyak pada ikan ( baik makanan beku ataupun pelet ) - terlebih pelet. karena ikan hias memiliki rutinitas untuk terus menyantap makanan yang kita berikanlah dengan lahap, hingga kita mengira makannya belum cukup, walau sebenarnya perihal ini mengakibatkan kematian mendadak pada ikan karena kantung perut ( pencernaannya ) jadi pecah dikarenakan umumnya makan. coba merendam sebagian butir kecil pelet kedalam segelas air, lantas tinggalkanlah sepanjang 1-2 jam lantas cermati pelet yang anda rendam. ukurannya dapat jadi 3-5 kali lipat ukuran awal mulanya ! tersebut yang mengakibatkan pecahnya perut ikan serta menewaskannya ! lantas berilah ikan yang paling disayangi anda makanan dengan bijaksana.

Trick supaya ikan akan menyantap tetrabits ( pelet ) walau sebenarnya umumnya makanan beku :
Campur sedikit makanan beku dengan tetrabits yang dihaluskan kedalam 1/2 gelas air. tunggulah sebagian menit hingga tetrabits nya mengembang serta menyerap bau dari makanan beku. lantas segera masukkan kedalam akuarium supaya ikan bingung menentukan yang mana saat makanan tersebut larut didalam akuarium serta tidak memiliki pilihan supaya main segera santap saja baik itu tetrabits ataupun makanan beku ( cacing beku ).

Sesudah mencicipi rasa tetrabits ia dapat mulai membiasakan diri serta mulai tahu bahwa itu yaitu makanan baginya. ikan barangkali tetap menampik atau ditelan namun dimuntahkan kembali. perihal ini lumrah mengingat ini yaitu type pakan baru baginya. ulangilah dengan teratur serta sabar. kurun waktu kurang dari 1 minggu dijamin ikan anda dapat mulai punya kebiasaan mengkonsumsi tetrabits atau pelet apa pun yang anda berikanlah.

Panduan untuk mereka yang tidak menggunakan water heater didalam akuarium :
Akuarium saya tidak menggunakan water heater, namun saya mengatur sedemikian rupa hingga air didalam akuarium saya bertahan di 28 derajat celsius pada siang hari serta 27 derajat celcius saat malam hari tiap-tiap hari dengan stabil.
Saya juga tidak memiliki alat pengatur ph atau keasaman air, hingga saya memercayakan ikan angelfish atau manfish sebagai polisi hansip untuk memperingatkan saya bila ph saya ada yang salah. ikan manfish serta angelfish populer sangat rapuh pada pergantian ph atau keasaman, lantas bila manfish atau angelfish saya mendadak bengong, waktu tersebut saya dapat repot menyelamatkan discus saya dengan mulai mengecek akuarium saya dari a - z.

Tersebut saya masukkan urutan langkah ikan discus beradaptasi agar hobiis pemula enggak parno sama kesehatan ikannya serta panik lantas terkena serangan jantung dikarenakan ketakutan ikan mahalnya mati mendadak.

Hari 1 : Adaptasikan suhu dengan langkah memasukkan ikan yang tetap terbungkus plastik kedalam air akuarium sepanjang 15- 20 menit. buang 50% air didalam plastik serta masukkan ikan dan air didalam plastik kedalam akuarium dengan lembut. ikan dapat pasif pada awal berteman dengan tempat tinggal barunya serta melacak area yang tidak terlampau terang. janganlah diberi makan dahulu. yakinkan tak ada ikan penggangu didalam akuarium. biarkan mereka beristirahat.

Hari 2 : Ikan tetap pasif namun tunjukkan tanggapan kesehatan yang baik didalam berenang. bila ada kian lebih seekor ikan, mereka dapat senantiasa berkerumun berbarengan serta hilir mudik didalam grup. ini yaitu ciri asli ikan discus. anda justru mesti waspada bila ada ikan discus yang menentukan menyendiri serta tidak berhimpun berbarengan kawan- kawannya. barangkali ikan tersebut sakit hingga butuh dirawat, namun janganlah terburu- buru didalam memutuskan, kemungkinan besar ikan tersebut tetap stres atau terintimidasi oleh ikan yang semakin besar hingga takut. baiknya ikan tidak diberi makan terlebih dulu.

Hari 3 : Mulai lapar serta sesekali mematok basic akuarium dari sisa- sisa makanan yang dapat ia peroleh. anda bisa mulai berikan mereka makanan. makanan beku maupun pelet, pilihannya ada ditangan anda. janganlah panik bila mereka belum akan makan. coba dengan makanan beku berbentuk cacing beku terlebih dulu sebelum saat anda memaksanya mengonsumsi pelet. bau dari cacing beku yang mencair didalam air dapat merangsang ikan supaya akan makan.

Hari 4 : mulai lakukan mengatur jam- jam untuk diberi makanan. serta awalilah mengadaptasikan type makanan apa pun pilihan makanan yang anda tetapkan untuk berikanlah. semestinya ikan mulai aktif hilir mudik dengan tenang serta kalem. jaga mutu air dan pakan mereka maka ikan dapat tumbuh sehat, mempunyai warna serta motif tubuh yang menarik dan sehat serta jauh dari penyakit.

-->