Sabtu, 29 Juni 2013

Cara budidaya ikan komet


ikan komet cantik

Cara budidaya ikan komet (akuariumhias) -Dalam dunia perternakan ikan komet kadang-kadang beberapa orang awam yang tidak demikian tahu cara pembudidayaan yang mudah untuk orang-orang yang mempunyai ikan mas komet. Type ikan mas komet sesungguhnya mempunyai kesamaan dengan ikan mas  biasa untuk makanannya serta mempunyai species yang sama juga dengan ikan mas koki yang mempunyai postur tubuh gendut serta pendek.

Cara pembudidayaan ikan mas komet yang dapat di uraikan di bawah ini bisa menolong beberapa pemilik ikan hias komet layaknya yang di atas bisa di kembangbiakkan dengan mudah dengan media yang sederhana.

ikan komet cantik

Tersebut disini tuntunan pembudidayaan ikan mas komet :
  • Langkah awal yang perlu dikerjakan iyalah membedakan indukan ikan mas komet berjenis kelamin jantan serta betina, cukup mudah ikan mas komet berjenis kelamin jantan mempunyai postur tubuh yang agak kurus serta panjang, namun yang betina mempunyai postur tubuh yang besar serta agak pendek berserta gemuk.

  • Ikan mas komet yang telah siap di kawinkan iya lah ikan mas yang kerap sekali saling berenang dengan membuntut-buntut, yakni si ikan jantan dapat membuntuti si ikan betina. langkah ke-2  adalah memisahkan sepasang ikan yang kerap lakukan aktivitas yang diterangkan di atas ke dalam wadah yang cukup besar, layaknya bak tau kolam, dengan catatan tak ada ikan lain yang tinggal dalam satu kolam, lantas kolam tersebut berikanlah tumbuhan air, sebagai contoh eceng gondok. biarlah dalam sebagian malam sampai si ikan dapat membuahi telurnya di akar-akar eceng gondok tersebut.

  • Langkah selanjutnya yakni pindahkan ke-2 induk yang sudah membuahi telurnya. lantas biarlah telur tersebut sampai menetas, umumnya menetas dalam tempo 3 hari.

  • Jika telah menetas, biarlah hari benih ikan komet tersebut tidak makan dikarenakan tetap dalam sistem penyegaran tubuh si benih, lantas hari selanjutnya berikanlah makanan merah telur rebus untuk 2 hari kedepan, namun ingat di berikanlah secukupnya dikarenakan bisa mengakibatkan kerusakan kualitas air, sesudah hari ketiga beri pakan kutu air

  • Lakukan perihal tersebut sampai cukup besar, lantas ganti type pakannya dengan pelet ikan jika telah cukup dapat mengonsumsi pelet ikan tersebut.
Demikianlahcara pembudidayaan ikan mas komet dengan sederhana hingga bisa di kerjakan di tempat tinggal tinggal anda sendiri,selamat mencoba !!

-->

Kamis, 27 Juni 2013

Perawatan Dasar Ikan Arwana


Perawatan dasar ikan arwana

Perawatan Dasar Ikan Arwana (akuariumhias) -Bagi para hobiis ikan arwana, perihal perawatan harian adalah hal yang biasa, tetapi bagi pemula yang baru memulai memelihara ikan arwana dalam akuarium maka hal ini adalah hal yang memerlukan panduan, berikut perawatan teratur ikan arwana  : 

Pemeliharaan air ikan arwana : 
  • Teliti kebersihan media filter, meliputi tapas, biofoam, zeolit, karbon aktif 
  • Ubah air ¼ dengan air baru yg sudah diendapkan serta di aerasi ( pemberian gelembung ) 
  • Buang kotoran ikan/feces dari akuarium 
  • Buang sisa pakan ikan yg tidak termakan dari akuarium 
  • Kerjakan pengecekan dengan berkala suhu air akuarium dengan suhu air di area penampungan. 
  • Berikanlah aerasi/gelembung udara yg cukup pada area penampungan air 
  • Senantiasa bersihkan kaca akuarium hingga tidak berkerak serta berlumut 
  • Periksa dengan berkala seluruh peralatan akuarium apakah tetap bisa berperan dengan baik ( filter, aerator, selang aerasi, power head, heater, lampu akuarium dan lain-lain ) 

Perawatan dasar ikan arwana

Panduan pemeliharaan air ikan arwana : 
  • Untuk perbedaan suhu air akuarium dengan air penampungan janganlah terlampau jauh melebihi 1derajat celcius dikarenakan bisa menyebabkan ikan sakit atau stress. 
  • Masukkan air pengganti ke akuarium dengan perlahan janganlah terlampau deras dikarenakan bisa mengakibatkan ikan stress. 

Pemberian pakan ikan arwana : 
  • Pemberian pakan arowana bisa berbentuk jangkrik, kelabang, super worm ( ulat jerman ), udang air tawar, cicak, kodok dll 
  • Pemberian pakan sesuai dengan ukuran ikan arowana. arowana ukuran 12-20 cm bisa diberikan jangkrik 4-5 ekor dst. jika ada kesangsian dalam pemberian pakan bisa melihat literatur yang jelas. 

Panduan pemberian pakan ikan arwana : 
  • Pemberian pakan arowana janganlah berlebih dikarenakan bisa menyebabkan ikan kehilangan nafsu makan atau stress. 
  • Potong kaki jangkrik sisi belakang sebelum saat pemberian pakan ke ikan. demikian juga dengan pakan yg lain senantiasa buang sisi tubuh yg tajam sebelum saat pemberian pakan ke arowana. 
  • Pemberian pakan arowana sedikit tetapi kerap amat disarankan dikarenakan karena arowana senantiasa mempunyai nafsu makan. 
Perawatan dasar ikan arwana

Kesehatan ikan arwana : 
  • Amati tingkah laku serta fisik ikan, bila ada pergantian dari mulanya layaknya tidak nafsu makan, berdiam diri/pasif, ekor rusak, menggosok-gosokkan badan ke basic akuarium, warna ikan pudar dan lain-lain segera hubungi proshopshelookred. 
  • Janganlah biarlah terlampau lama bila diketahui ada penyakit. janganlah cobalah tangani sendiri segera hubungi proshopshelookred untuk konsultasi serta mendapatkan jalan keluar. 
  • Berikanlah obat dengan dosis yg pas dalam perihal penyembuhan penyakit ikan. dokter hewan dari shelookred dapat menolong berikan jalan keluar pada customer. 
  • Berikanlah multivitamin ikan dengan berkala supaya ikan tampak sehat, aktif serta intensitas warna maksimal. 
Penyembuhan ikan ikan arwana : 
  • P3K waktu ikan tampak sakit pakai heater dengan suhu max 33°c dengan pemberian garam ikan 20 gram/100 liter air. supaya suhu akuarium bisa termonitor dengan baik butuh ditambahkan thermometer. 
  • Bila sepanjang 2 hari ikan makin jelek situasiya segera hubungi proshop shelookred paling dekat serta minta segera diselenggarakan kunjungan on call ( syarat serta ketetapan berlaku. 
Panduan kesehatan ikan arwana : 
  • Janganlah pakai heater jika ikan tidak dalam situasi sakit. 
  • Senantiasa amati suhu thermometer supaya tidak kian lebih 33°c. 
  • Apabila suhu thermometer di atas 33°c kurangi suhu heater dengan perlahan (listrik heater dilepaskan) serta janganlah terlepas heater dengan mendadak dikarenakan bisa mengakibatkan ikan stress. 
  • Tidak dianjurkan untuk menambah air baru untuk menurunkan suhu akuarium dikarenakan bisa mengakibatkan ikan sakit serta stress. 
Perawatan eksterior akuarium ikan arwana : 
  • Senantiasa bersihkan dengan kain halus kaca akuarium sisi luar tiap-tiap hari supaya tidak terlihat kusam. 
  • Kabinet akuarium dari kayu multiplek/teakwood dianjurkan senantiasa dalam situasi kering mengingat type kayu ini gampang rusak bila terus-terusan terkena air.

-->

Selasa, 25 Juni 2013

Ikan Catalina Goby


Catalina Goby
Ikan Catalina Goby ( akuariumhias ) - yaitu ikan air laut yang amat menarik serta eksotis dari spesies pencari. tubuh oranye serta merah cerah mereka dengan garis-garis vertikal biru elektrik bikin mereka benar benar menyala dibawah pencahayaan akuarium. tetapi, tidak layaknya spesies terumbu tropis yang sangat berwarna cerah, ikan catalina goby yaitu spesies air dingin yang memerlukan suhu akuarium lebih rendah dari pada spesies ikan terumbu karang khas lainnya.
Catalina Goby
Spesies ikan yang sangat umum ditemukan untuk beberapa hobiis akuarium memerlukan suhu air di 24 - 28 derajat celcius. Ikan catalina goby memerlukan suhu tambah lebih rendah di 15 -22 derajat celcius. dikarenakan kriteria suhu air spesifik mereka serta ukuran dewasa kecil cuma 2 inci, goby catalina yang sangat kerap diletakkan di akuarium mungil yang dirancang untuk mereplikasi habitat air dingin alami mereka.

Catalina Goby
Ikan catalina goby yang ditemukan hidup di perairan dangkal pesisir berbatu dimulai dari California di utara sampai teluk dari California di terlepas pantai Meksiko. Mereka yang sangat kerap ditemukan di tempat pesisir berbatu, dimana mereka memakai bidang dari batu-batu untuk perlindungan serta untuk tempat perburuan. Catalina goby bekerja lewat cara mereka melewati gua berbatu serta celah-celah melacak krustasea kecil serta organisme laut yang lain berukuran nyaris sama pada mangsanya. Mereka juga memakai gua-gua berbatu serta celah-celah yang ketat dalam rencana untuk bersembunyi dari spesies ikan yang lain yang semakin besar yang dapat lihat mereka sebagai item makanan. mereka memerlukan satu lingkungan akuarium yang dapat berikan mereka dengan kondisi air yang amat beroksigen serta sejuk dari lokasi asli mereka, berbarengan dengan banyak gua-gua berbatu serta celah-celah untuk mengeksplorasi.

Ikan catalina goby yaitu goby khas dalam perihal pemberian makan, makan seluruh type krustasea kecil, plankton serta spesies invertebrata kecil layaknya amphipods serta copepoda. mereka yaitu pemakan yang amat hardy yang dengan cepat dapat beradaptasi untuk  kehidupan akuarium serta makanan ikan komersial.

-->

Ikan discus dalam aquascape

ikan discus dalam aquascape

Ikan discus dalam aquascape (akuariumhias) - Memanglah sedikit pengagum aquascape yang menggunakan ikan sebagai di antara penghias dalam aquascape mereka dikarenakan karakter beberapa besar ikan sendiri yang kerap menjadikan tanaman hias dalam aquascape sebagai di antara makanan mereka, tetapi perihal ini tidak berlaku untuk ikan berjenis  discuss tersebut mengapa aquascape serta discus dapat jadi satu kesatuan yang saling melengkapi. 

Ikan type discus mempunyai corak yang cukup memikat mata apalagi diakui dapat mengeluarkan corak batik dalam tubuhnya bila diberikan makanan serta perawatan yang cukup pastinya. 

Untuk mendapatkan perpaduan yang optimal pada aquascape serta discus banyak perihal yang butuh di perhatikan, Berikut perihal utama yang pantas anda cermati : 

ikan discus dalam aquascape

1. Perubahan air 

Berdasar sebagian ahli, perubahan air dikerjakan satu kali dalam 1 minggu perihal ini dikerjakan untuk menghindar tumbuhnya bakteri dalam aquarium, saat melakukan penggantian cukup diganti 60% air tak perlu diganti seluruhnya. 

2. Penentuan makanan 

Pelet khusus ikan discus merupakan pilihan makanan yang pas untuk ikan ini, umumnya ikan discus punya kebiasaan mendapatkan pakan cacing beku sepanjang di toko tetapi pemberian cacing beku pada aquarium anda punya potensi untuk menghidupkan cacing cacing tersebut oleh karena itu pakai lah pellet supaya aman untuk kebersihan akuarium anda. 

ikan discus dalam aquascape

3. Pengaturan suhu 

Penentuan suhu yang pas dapat dikerjakan dengan menambahkan water heater pada akuarium anda, suhu 26-28 derajat dikira pas untuk ikan discus serta tanaman hias yang ada didalamnya untuk terus hidup serta memperlambat tumbuhnya bakteri akibat suhu yang tidak dijaga.

-->

Arwana bisa seharga 1 Miliar


ikan arwana

Arwana bisa seharga 1 Miliar (akuariumhias) -Budi daya ikan arwana tidak cuma jadi arena mengembangkan hobi di kelompok umur pecintanya. Bisnisnya lalu menjanjikan dikarenakan harga ikan arwana fantastis di pasaran dunia.

Humas asosiasi penakaran pedagang ikan arwana kalimantan barat ( kalimantan barat ) Yudi Setiawan menyebutkan penjualan hewan air tawar itu menjangkau sebanyak negara layaknya China, Hong kong, Singapura, Thailand, Filipina, apalagi India. Penjualannya meningkat sampai 60 % tiap-tiap bln..
ikan arwana 
Arwana type super red asal kalimantan barat yang sangat diminati. Harga nya dapat Rp150 juta sampai Rp500 juta per ekor. apabila dijual ke China, harga nya apalagi meraih Rp1 miliar per ekor.

Ikan arwana mempunyai wujud unik. Sisiknya besar. apabila terkena sinar, ikon kalimantan barat itu berwarna merah. menurut Yudi, beternak arwana bergantung hoki.

Di Kalimantan barat, populasi arwana meliputi super red, golden red, golden pinoh. sistem bertelur sampai jadi anak memerlukan waktu satu s/d dua bln..

Harga nya lalu beragam. Apabila ukurannya tetap 12-15 cm dijual rp3, 5 juta. apabila telah berukuran 16 cm, harga nya meraih rp10 juta.

sumber : metrotvnews

-->

Minggu, 23 Juni 2013

Makanan untuk ikan koi

makanan ikan koi
  
Makanan untuk ikan koi (akuariumhias) -Biasanya dipergunakan untuk merangsang perkembangan, menambah kualitas warna serta melindungi kesehatan ikan. Ikan koi mempunyai manfaat metabolisme tubuh yang sangat baik pada suhu diatas 21 derajat celcius. Dikarenakan itu tak hanya makanan yang memiliki kandungan unsur-unsur penting yang diperlukan ikan koi, butuh memperhitungkan juga saat-saat yang pas untuk berikan makanan. Didalam berikan makanan pada ikan koi mesti dijaga komposisi yang seimbang serta ideal pada makanan yang ditujukan untuk perubahan serta makanan untuk mencerahkan warna. makanan growth stimulant ( untuk perubahan ) yang terlampau banyak dapat bikin warna ikan koi jadi pudar, walau perkembangan ikan dapat amat cepat. pemberian pakan dengan color enhancher yang terlalu berlebih juga tidak baik dikarenakan perkembangan dapat terhalang. Bikin koi jadi indah serta berkembang dengan baik yaitu atur makanan berikut pola makannya.

Makanan serta perkembangan koi

Makanan mempunyai peran yang cukup penting untuk perkembangan serta perubahan ikan koi. tak hanya factor makanan factor lain yang merubah perkembangan koi yaitu kualitas air, temperatur air, kepadatan ikan dalam kolam, luas kolam serta factor keturunan. walau ikan koi bisa tumbuh serta jadi tambah besar bersamaan jadi tambah usianya, tetapi pada umur masak untuk reproduksi ( kurang lebuih 2 tahun ) perkembangan ikan koi dapat alami perlambatan. pada saat ini makanan semakin besar dipergunakan untuk produksi telur pada koi betina serta produksi sperma untuk koi jantan.

Makanan untuk ikan koi layaknya halnya hewan lain mesti memiliki kandungan mempunyai kandungan sebagian elemen, layaknya protein, lemak, karbohidrat, vit. serta mineral.

1. Protein
Protein terbuat dari asam amino. tiga belas asam amino esensial mesti terdapat didalam diet koi. protein sangat mungkin koi tumbuh, memperbaiki jaringan yang rusak serta membuahkan telur atau sperma dengan baik. kekurangan protein atau asam amino essensial mengakibatkan ikan koi tumbuh lebih lambat serta bila problem ini berlanjut, bisa mengakibatkan deformasi tulang belakang. amat baik menentukan makanan koi dalam wujud pellet yang mempunyai prosentase protein yang tinggi ( di atas 30% ). Protein alami bisa didapatkan dari hewan alam layaknya cacing sutera.

2. Lemak
Lemak merupakan sumber daya untuk ikan koi, peran penting mereka saat menyediakan fattyacids, layaknya trigliserida serta fosfolipid, komponen vital dari membran yang melingkari seluruh dinding sel. koi bisa bikin nyaris seluruh asam lemak yang mereka perlukan dengan pengecualian dari asam linoleat serta linolenat, yang amat penting serta mesti disiapkan dalam makanan. Asam linolenat dibutuhkan untuk perkembangan. seluruh lemak yang dibikin dalam langkah yang serupa dengan protein, namun asam lemak, dari pada asam amino, terikat berbarengan dengan gliserol. Bila asam lemak esensial dihilangkan dari makanan, tanda-tanda rusak sirip, jantung serta bisa menyebabkan problem hati. lemak mempunyai titik lebur yang rendah serta dikarenakan itu lebih gampang dicerna oleh ikan koi.

Lemak bisa didapatkan berbahan makanan dari ikan, kedelai serta minyak jagung serta gandum. asam lemak jadi tengik bila bersentuhan dengan udara yang dikenal dengan satu sistem kimia oksidasi. dalam koi, hati yaitu organ utama untuk menaruh lemak serta bila diberi makan makanan basi pada mereka, bisa mengakibatkan penyakit serta kematian.

makanan ikan koi
3. Karbohidrat
Karbohidrat juga membentuk daya untuk metabolisme ikan koi. terlampau banyak karbohidrat dapat amat jelek untuk kesehatan koi, yang menyebabkan merosotnya kekuatan hati saat menyimpan zat-zat glikogen. squash, roti, kacang polong, jeruk buah-buahan serta semangka yaitu sumber karbohidrat yang baik.

4. Vitamin
Vit. yang penting untuk metabolisme tubuh serta perkembangan ikan koi, keperluan vit. dapat meningkat sepanjang masa pemijahan. vit. merupakan zat kompleks terstruktur, cuma diperlukan dalam jumlah kecil di makanan, namun kekurangan bisa mengakibatkan masalah klinis. Vit. dibagi jadi dua kelompok : larut dalam lemak serta larut dalam air. 

Vit. yang larut lemak yang ditemukan dalam beragam wujud, seluruh yang dimetabolisme perlahan-lahan serta bisa disimpan dalam lemak tubuh. berlebihan vit. yang larut dalam lemak bisa mengakibatkan kondisi yang dikenal sebagai hypervitaminosis, yang, bergantung pada vit., bisa mengakibatkan masalah klinis. vit. yang larut dalam air bisa diserap dengan gampang serta tidak umumnya diekskresikan. vit. a, d, e, k, b1, b2, b6, b12, biotin, kolin & folic acid. vit. c – melindungi sistem kekebalan tubuh untuk menambah resistensi pada penyakit.

5. Mineral
Mineral, dapat menolong manfaat metabolisme basic, dan lakukan tugas-tugas mereka sendiri, yang termasuk susunan kerangka bangunan, osmoregulasi, pembangunan saraf, serta melindungi efisiensi pertukaran gas dalam sistem darah. Sedikit yang diketahui perihal kekurangan mineral pada ikan, barangkali dikarenakan umumnya mineral diserap dari air sekitarnya. umumnya 12 % dari diet terdiri dari mineral, yang terdapat dalam makanan ikan dalam wujud abu.

 Menentukan makanan koi

Pada prinsipnya koi yaitu hewan pemakan segala nya ( omnivora ), dikarenakan itu bisa diberikan makanan apa saja. makanan koi bisa diberikan dalam wujud alami ataupun wujud pellet. makanan alami didapatkan dari sayuran serta binatang yang ada di lebih kurang kita. Untuk perkembangan contohnya bisa diberikan cacing sutera, ulat hongkong, bekicot, udang, kerang, cacing tanah, dapnia ( kutu air ) dan sebagainya. dari sayuran serta buah-buahan bisa diberikan kangkung, wortel, semangka, jeruk serta lain -lain. makanan koi dalam wujud pellet juga mempunyai wujud serta kandungan gizi yang bermacam biasanya ada dua wujud : mengambang serta tenggelam. Makanan mengambang meringankan kita untuk lihat serta mengamati ikan koi waktu mengkonsumsi makanan dipermukaan.

Harga pelet koi juga amat bermacam, mulai yang bernilai murah sampai yang mahal. pakan koi import dari jepang umumnya bernilai mahal namun berkwalitas bagus. pakan koi yang baik yaitu makanan yang memiliki kandungan seluruh zat yang diperlukan koi. disamping itu makanan yang baik tidak bikin kolam koi jadi keruh serta tidak tersisa banyak residu. pakan koi bernilai mahal umumnya diberikan untuk koi kualitas super yang bernilai mahal juga, bila diberikan untuk koi kelas biasa cuma dapat menghambur-hamburkan duit, dikarenakan tak lagi berikan pergantian yang significant pada ikan koi.

Dari segi kandungan makanan koi mempunyai manfaat'>fungsi-fungsi, untuk perkembangan umumnya mempunyai kandungan protein yang tinggi. untuk mencerahkan warna umumnya memiliki kandungan karoten sebagai color enhancher layaknya ganggang spirulina yang banyak menagndung karoten. karoten merupakan zat yang terdapat dalam tumbuhan yang berguna untuk kecemerlangan warna koi. Ganggang spirulina banyak memiliki kandungan zat ini. karoten merubah pigmentasi merah, namun bila dipakai pada konsentrasi terlampau tinggi menyebabkan pigmen putih pada koi dapat jadi merah muda.

Warna ikan koi yang baik bukan sekedar ditingkatkan dengan makan penambah warna yang baik saja, namun butuh makanan yang bisa menambah kesehatan serta daya tahan tubuh yang baik dikarenakan ikan yang sehat condong mempunyai warna lebih terang dari pada yang berpenyakit.

Warna putih pada koi dapat cemerlang bila kondisi lingkungannya baik. pigmen merah serta kuning berkembang dengan baik di air yang kaya fitoplankton hijau ( tanaman bersel tunggal ). Walau demikian pada kolam yang memiliki kandungan fitoplankton sukar untuk nikmati keindahan koi dikarenakan air berwarna hijau, dikarenakan itu butuh makanan diet yang dapat menambah pigmentasi merah. pigmen hitam diperkaya dalam hard water yakni air dengan dengan tingkat ph 7, 5-8, 5. walau demikian merubah serta tingkat ph air bisa merubah toksisitas amonia serta nitrit.
berikan makan ikan koi

Umumnya orang biasanya berikan makan koi 2-5 kali 1 hari. bila koi diberi makan lebih kurang 2-3 kali 1 hari, mereka dapat tumbuh lebih lambat dibanding bila diberi makan 5 kali 1 hari, bila mereka diberi makan 3-5 kali 1 hari, mereka dapat tumbuh cepat serta meraih ukuran maksimum lebih cepat. panduan membarui makan ikan koi yaitu tambah baik berikan makan dalam jumlah sedikit namun dalam frekuensi yang kerap dibanding berikan makanan dalam jumlah banyak dalam frekuensi yang sedikit. pada prinsipnya ikan koi tidak mempunyai perut, bila telah penuh, walau tetap akan makan makanan dapat segera dikelurakan sebagai kotoran. makin banyak ikan koi diberi makan, makin banyak kotoran yang dapat dikelurkan. dikarenakan itu yang butuh dipertimbangkan supaya jangan sempat overfeeding. overfeeding dapat bikin kolam gampang kotor serta dalam periode panjang perut koi jadi buncit.

-->

Jumat, 21 Juni 2013

Media filter menggunakan arang

media filter

Media filter menggunakan arang  (akuariumhias) -Di antara media filter pada kolam koi yang kerap digunakan yaitu karbon aktif atau arang aktif. Dikarenakan karakternya yang dapat menyerap zat kimia pencemar kolam, arang aktif jadi pilihan media filter. disamping itu arang aktif relatif gampang serta murah dicari. karakteristik arang aktif mempunyai pori-pori yang halus serta amat banyak hingga bisa menjebak molekul-molekul polutan air kolam, perihal ini jadikan air kolam jernih serta bebas dari zat kimia beresiko. Tetapi makin lama kekuatan arang aktif menyerap kotoran ini dapat jemu hingga butuh dikerjakan penggantian arang aktif yang baru dengan berkala.

Bukan sekedar untuk media filter kolam, arang aktif juga banyak dipergunakan saat media penjernih air minum. Pada air kolam kotoran dapat datang dari sampah organik yang berasal dari sisa makanan, kotoran ikan,dedaunan yang jatuh ke kolam serta lain sebagainya. Sesudah melalui filter mekanis, zat-zat kimia tadi belum hilang dari air kolam hingga butuh disaring pada filter kimia yang di antara medianya arang aktif.

Dalam pengolahan air kolam, karbon aktif biasanya dipakai untuk menyerap material organik yang tidak di idamkan, layaknya warna, phenol, detergen, cresol, dan bahan toksik yang tidak bisa di jabarkan. Karbon aktif yaitu senyawa karbon yang memiliki wujud amorf dengan luas permukaan yang besar (450-1500 m2/g). Luas permukaan yang besar tunjukkan bahwa susunan pori internalnya juga besar, hingga bisa dipakai untuk menyerap zat-zat yang tidak di idamkan didalam air ataupun gas.
Arang tempurung kelapa sebagai media filter

media filter

Dari hasil penelitian arang aktif yang datang dari tempurung kelapa merupakan type filter granular terbaik untuk kurangi kandungan pencemar pada air kolam. Kekuatan serapan pada zat-zat kimia arang aktif dapat meraih 50%. Walau faedah arang aktif cukup besar sebagai media filter air kolam, sebelum saat mengaplikasikan pada filter kolam butuh dicuci sampai bersih hingga tidak mengotori kolam. butuh berapa kali bersihkan sampai karbon aktif siap diterapkan. disamping itu arang aktif butuh dimasukkan ke dalam wadah layaknya kain kasa sebelum saat masuk ke sistem filter kolam.

-->

Selasa, 18 Juni 2013

Sistem filter kolam koi

Sistem filter kolam koi
Sistem filter kolam koi (akuariumhias) -Memegang fungsi yang penting untuk perubahan serta kesehatan ikan koi. Karena itu perihal pertama yang perlu di perhatikan saat menekuni hobi memelihara ikan koi yaitu mendesain serta mengoptimalkan sistem filter kolam sebaik-baiknya. Kolam koi biasanya tidak dirancang menggunakan air yang mengalir serta beralih setiap saat, jika pada sebagian kolam lumpur untuk pembesaran. Dalam sebagian periode waktu air dapat tercemar oleh kotoran ikan koi, sisa makanan, daun-daunan dan sebagainya. 

Pada kolam dengan aliran air yang mengalir kotoran dapat terbuang dengan sendirinya serta air baru yang fresh masuk menukar air yang telah kotor. Karena tidak dibutuhkan sistem filter untuk bersihkan kotoran di kolam. Pada kolam yang tidak bertukar airnya, air kolam dialirkan ke dalam sesuatu sistem filter, sesudah memasuki filter air dapat dikembalikan lagi ke kolam dengan kondisi yang telah bersih dari kotoran-kotoran yang beresiko serta mengganggu keindahan.

Diantara zat yang beresiko serta mengganggu kelangsungan hidup ikan koi yaitu amonia yang dihasilkan oleh kotoran ikan koi serta sisa-sisa makanan yang tidak habis dimakan. Dalam jumlah yang melalui ambang batas spesifik ammonia dapat menyebabkan kematian pada ikan koi. Kolam koi kadang-kadang juga memiliki kandungan zat-zat kimia lain yang beresiko untuk ikan koi, oleh karena itu sistem filter kolam koi mesti di design untuk menghilangkan zat-zat tersebut.

Ikan koi amat peka pada kondisi serta situasi lingkungannya (air kolam), disamping itu warna serta kualitas kecemerlangan kulit koi juga di pengaruhi oleh kualitas air kolam yang baik. Perkembangan ikan koi akan terhalang bila kualitas air dalam kolam koi jelek. Karena itu penting untuk pengagum ikan koi, sebelum saat mengawali memelihara ikan koi bikin design filter sebagus barangkali. Bila kolam koi telah mulai dioperasikan serta filter tidak didesain dengan prima serta baik cuma dapat bikin frustasi serta membuang-buang tenaga saat membersihkan kolam. Alih-alih kita nikmati keindahan koi, justru kita cuma dapat disibukkan uras kolam koi sesering barangkali.

Sistem filter kolam koi yang baik yaitu yang dapat melindungi kondisi air dari zat-zat polutan dalam batas-batas yang tetap diperkenankan. langkah tahu yang sangat valid yaitu mengukur parameter air dengan alat water teskit yang banyak ada di beberapa toko. Langkah tradisional yaitu dengan lihat tingkah laku ikan koi, bila kondisi air beralih maka tingkah laku koi dapat condong beralih. perumpamaannya bila oksigen dalam air kurang maka koi condong mengapung menghirup udara di permukaan atau mendekati air terjun. Langkah pengamatan ini membutuhkan keahlian, rutinitas serta pemahaman tingkah laku ikan koi.

Dengan umum ada tiga jenis sistem filter kolam koi yakni : filter mekanis, filter biologi serta filter kimia. sesuatu sistem filter kolam koi bisa memadukan ketiga metode tersebut bergantung pada kondisi. filter kimia biasanya tidak direkomendasikan bila tidak terpaksa, serta cuma diaplikasikan pada waktu-saat spesifik saja.

1 . Filter mekanis
Filter mekanis dipergunakan untuk menghilangkan partikel-partikel padat pada kolam koi. partikel-partikel padat ini contohnya kotoran koi, sisa makanan, daun-daunan, hewan-hewan yang masuk ke dalam kolam dan sebagainya. ada sebagian metode untuk menghilangkan kootoran ini :

Menggunakan skimmers

Sistem filter kolam koi

 Skimmers umumnya dipergunakan untuk buang kotoran-kotoran yang mengapung di permukaan kolam. skimmer menggunakan overflow pada kolam, dengan memberikan air pada kolam maka kotoran mengapung dapat keluar serta dibuang melewati surface skimmer.

Menggunakan bottom drain
Sistem filter kolam koi

Kotoran ikan koi, sisa makanan serta material lain beberapa tidak mengapung namun tenggelam di basic kolam, untuk buang kotoran dengan type layaknya ini dibutuhkan bottom drain, lubang pembuangan yang ditempatkan di basic kolaman. kotoran-kotoran dapat mengendap serta dibuang melewati bottom drain ini. umumnya bottom drain dikaitkan dengan pipa pralon menuju vortex chamber atau setlement chamber. pembersihan kotoran dikerjakan di vortex chamberatau di setlement chamber ini.


Menggunakan vortex chamber

Sistem filter kolam koi
Vortex chamber serupa sesuatu silinder yang sangat mungkin air berputar di ruangan tersebut, kotoran dapat terkumpul dibagian bawah vortex untuk lantas dibuang. sirkulasi air dapat memaksa tiap-tiap kotoran limbah padat masuk ke sisi bawah bawah, sesaat air bersih masuk ke dalam intake dibagian lain.


Menggunakan rotary drum filter

Sistem filter kolam koi

Rotary drum filter dipakai sebagai filter mekanis, sistem filter ini merupakan filter mekanik yang sangat efisien serta efektif sekarang ini. dengan sistem rdf kotoran dapat disaring serta sekalian dibuang serta tidak membutuhkan pembersihan vortex chamber atau setlement chamber.

2. Filter biologi
Ikan koi mengeluarkan ammonia dalam kotorannya, dalam jumlah besar dapat menyebabkan kematian untuk ikan koi. bakteri spesifik dapat merubah ammonia jadi nitrit yang dalam jumlah spesifik juga tetap berbentuk racun untuk ikan koi. Pada siklus setelah itu ada bakteri yang merubah nitrit jadi nitrat yang tidak beresiko untuk ikan koi. Filter biologi mempunyai manfaat merubah amonia jadi zat-zat yang tidak beresiko dengan natural melewati tahap-tahap siklus penguraian nitrogen. pada filter biologi diusahakan bakteri pengurai hidup serta berkembang dengan baik, hingga siklus nitrogen jalan dengan prima.

Siklus nitrogen yaitu sistem alami yang berlangsung di danau, sungai serta habitat alam koi yang lain. siklus itu berlangsung terus-terusan serta berbentuk dinamis. Siklus nitrogen yang jalan baik dapat manjaga kualitas air dalam kondisi yang seimbang. Filter biologis untuk kolam koi yaitu mengadopsi kerja alami dari siklus nitrogen ini.

Dalam siklus nitrogen, bakteri nitrosomonas dipakai untuk memecah amonia. sistem ini membuahkan produksi nitrit yang walau tidak seburuk amonia, tetap beresiko apalagi dalam konsentrasi yang rendah. Bakteri nitrobacter merubah nitrit jadi nitrat yang relatif tidak beresiko dibawah lebih kurang 100 mg / l, serta idealnya dibawah 50 mg / l untuk koi.

Bioball bacteria house

Sistem filter kolam koi

Bioball merupakan media memiliki bahan basic plastik yang dipergunakan sebagai area hidup bakteri pengurai ammonia. permukaan bioball yang luas dapat menyimpan bakteri dalam jumlah yang besar. ada berbagai macam wujud bioball diantaranya berupa bola serta rambutan. tak hanya bioball dapat dipakai juga tali rafia atau sedotan minuman yang dirangkai jadi filter.

Filter tumbuhan

Sistem filter kolam koi

Tanaman mengkonsumsi ammonia untuk mekanan serta untuk tumbuh, gunakan media tanaman air kandungan ammonia bisa dihilangkan pada kolam koi. makin subur tanaman yang ada pada filter mengisyaratkan kandungan ammonia yang tinggi. Pada siang hari tanaman dapat mengeluarkan oksigen sebagai sisa ekskresinya serta menyerap karbondioksisa. Perihal ini dapat menambah kandungan oksigen terlarut dalam kolam koi. Walau demikian saat malam hari tanaman dapat menyerap oksigen hingga berlangsung perebutan dengan ikan dalam kolam. perihal ini butuh jadi pertimbangan. disamping itu sisa akar tanaman serta daun-daunan dapat jadikan kolam kotor serta menambah ammonia.

3. Filter kimia
Filter kimia dipakai untuk menyerap kandungan zat-zat beresiko dalam kolam koi. umumnya memberikan zat-zat serta material spesifik dalam sistem filter.

Carbon aktif
Sistem filter kolam koi
Memberikan activated karbon di area filter kolam koi dapat menghilangkan amonia serta produk-produk limbah organik yang lain oleh adsorpsi

Zeolite

Sistem filter kolam koi

Zeolit dapat menghilangkan amonia serta nitrit dari air. dalam periode waktu spesifik zeolite dapat jemu, serta tidak dapat lagi menyerap ammonia namun bisa dibersihkan kembali dibersihkan dengan merendam dalam air garam (6g per/liter) sepanjang 24 jam serta lantas dipakai kembali. Memberikan zeolite ke filter kolam koi dapat menolong kurangi amonia. namun dapat hati-hati bila saat berikan garam ke kolam ikan koi. garam amonia dapat terurai dalam zeolit.

-->

Sabtu, 15 Juni 2013

Sistem aerator kolam ikan koi

Sistem aerator kolam koi

Sistem aerator kolam ikan koi (akuariumhias) -Oksigen terlarut dalam air kolam ikan koi bukan sekedar berguna untuk ikan koi sendiri namun juga berguna untuk mikroorganisme yang mengurai amonia jadi nitrit serta nitrate. Oksigen bisa didapatkan dengan alami ataupun dari aerator buatan yang dipasang pada filter atau kolam. bikin sistem aerator pada kolam ikan koi bukan sekedar berikan faedah dengan segera untuk ikan, namun juga menolong menangani kolam berwarna hijau. dengan menambahkan aerator pada kolam dapat menambah kejernihan warna air. ada beragam metode serta langkah yang dapat dikerjakan untuk menambah kandungan oksigen terlarut dalam air kolam, hingga keperluan oksigen untuk ikan tercukupi sesuai keperluan. 

Sebagian pendekatan sistem aerator pada kolam ikan 
Masih banyak langkah dikerjakan untuk bikin aerator pada kolam ikan koi, bila ukuran kolam besar pasti factor efisiensi daya serta faedah optimal jadi pertimbangan. sebagian sumber oksigen pada air kolam diantaranya dihasilkan oleh : 

1. Pergerakan air 
Oksigen dapat larut dalam air dengan baik pada kondisi air yang tambah energi tinggi ( contohnya mengalir, jatuh serta cascading ). Dalam lingkungan alami, aliran air dapat lebih energik layaknya aliran air gunung lebih tinggi ke dataran rendah. di alam sumber oksigen bisa didapatkan juga dari tanaman air, hingga pada kolam koi kerap dibikin veggie filter sebagai penambah oksigen. 

Di kolam ikan koi, air terjun bisa jadi fasilitas yang efisien untuk menambah kandungan oksigen terlarut. tetapi air terjun cuma dapat efisien mengaerasi sisi permukaan air serta tidak dapat menjangkau sisi basic kolam. 

2. Aerasi dengan sistem venturi 
Sistem aerator venturi dapat menambah kandungan udara dalam air sampai 65% volume. Metode ini sangat gampang diinstal melewati dinding kolam dari area filter akhir. Sesuatu venturi yaitu tabung hampa silinder dengan wujud yang unik dimana air dipompa. wujud yang unik ini kerap dikatakan sebagai kaca di mana diameter pintu masuk tabung mengecil ke diameter yang lebih kecil, serta selanjutnya kembali dengan diameter aslinya. 

Sistem aerator kolam koi

Sistem aerator venturi menggunakan prinsip bernoulli yang diaplikasikan pada venturi, yakni saat fluida mengalir dalam sisi pipa yang ketinggiannya nyaris sama. saat fluida melalui sisi pipa yang penampangnya kecil, maka laju fluida jadi tambah ( dari persamaan kontinuitas ). menurut prinsip bernoulli, tekanan fluida dibagian pipa yang sempit lebih kecil bila laju aliran fluida semakin besar. 

Langkah kerja aerator sistem venturi 

Pemakaian buluh venturi sebagai aerator banyak mempunyai keuntungan. buluh venturi tidak membutuhkan pompa eksternal untuk beroperasi. metode ini tidak menggunakan peralatan yang bergerak hingga memperpanjang umur penggunaan serta kurangi kemungkinan untuk rusak. 

Rangkaian tabung venturi umumnya terbuat dari plastik hingga tahan pada beberapa besar bahan kimia ( tidak korosif ) dan transparan hingga gampang untuk mengamati fenomena yang berlangsung. dikarenakan peralatannya cukup sederhana, cost pembuatan lalu jadi murah di banding dengan peralatan aerator yang lain. 

Tantangan dalam aplikasi sistem ini yaitu tehnik untuk membuahkan gelembung mikro serta nano yang luas permukaannya besar. luas permukaan gelembung yang besar sangat mungkin transfer ( difusi ) massa ke dalam cairan dengan efisien. 

3. Metode diffused aeration 

Ada beragam type diffusers aerator yang ada untuk pengagum ikan hias, dimulai dari airstone biasa sampai self-cleaning difusser. gelembung udara yang dihasilkan aerasi jenis ini disebarkan pada seluruh sisi air, ukuran gelembung udara yang halus dapat berikan luas permukaan transfer oksigen yang baik. 
sebagai perumpamaan, bila ukuran gelembung 1/ 4 inch direduksi jadi gelembung halus seperempat dari ukuran yang (1/16 inch ) luas permukaan meningkat dengan factor besar 16. 
Sistem aerator kolam koi

Aliran oksigen pada jenis difussed aerator 

Diffusers udara tradisional ( airstones ) saat ini dikira tidak efektif dikarenakan volume pasokan udara yang meningkat untuk menambah aerasi, ukuran gelembung juga meningkat hingga kurangi tingkat pertukaran gas. mereka juga rawan pada menyumbat serta menghambat atas, kurangi aliran udara cukup. 

Sesuatu diffuser karet relatif baru serta unik yang fleksibel ( dimaksud airdome ) saat ini ada yang sudah dengan spesial dikembangkan untuk mencukupi seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk pertukaran gas yang maksimal. tak hanya karakter fleksibel dari unit mempunyai karakter self-cleaningt yang menanggung efisiensi maksimal sepanjang pemakaian periode panjang. 

Memberikan oksigen pada air kolam koi dapat dibuktikan dapat menambah kualitas air serta kesehatan ikan. banyak langkah dapat dikerjakan untuk menambah do air. selamat menentukan metode yang sangat sesuai.

-->

Kamis, 13 Juni 2013

Ikan fundulopanchax gardneri


fundulopanchax gardneri

Ikan fundulopanchax gardneri (akuariumhias) -Spesies ini sendiri adalah salah satu spesies ikan air tawar yang paling menakjubkan dan sangat berwarna-warni . Ini adalah spesies yang berasal dari sungai di afrika dan  yang sangat mudah berkembang biak dan belakang dan dalam situasi tertentu dapat dimasukkan ke dalam akuarium komunitas. Seperti kebanyakan ikan jenis ini menghindari pencahayaan terang dan substrat berwarna terang , jadi untuk melihat keindahan ini adalah pada akuarium yang terdapat tanaman dan ada bagian gelapnya layaknya aquascape. 

fundulopanchax gardneri 
Untuk kondisi air mereka harus sedikit lembut agak asam dengan kisaran suhu sekitar 22-25 derajat celcius.Untuk ukuran mereka mencapai  sekitar 6,5 cm, ukuran pejantan akan lebih besar daripada betina. Ikan jenis ini suka makanan serangga air dan berbagai jenis cacing.




-->

Selasa, 11 Juni 2013

Filter Kolam Koi dengan Bakki Shower

filter kolam koi dengan bakki shower


Filter Kolam Koi dengan Bakki Shower (akuariumhias) -Merupakan teknologi sistem filter kolam koi yang mempunyai performa yang amat baik untuk menyaring serta menjernihkan air kolam koi. Metode yang dipakai yaitu membuat kucuran air yang amat lembut dari pre filter menuju media filter yang ada pada sebagian lapis bakki yang disusun dengan bertingkat. percikan air ini serupa dengan shower yang dipakai di kamar mandi. 

Air mengalir melewati media di tiap-tiap tingkat, serupa dengan air yang disaring melewati sesuatu ayakan. inspirasi pemakaian bakki shower sebagai jenis filter datang dari Mr. Maeda di jepang, saat itu ia kagum oleh aliran air yang mengalir di sungai asahi yang tampak amat jernih serta dan hidup sesudah melalui batu-batuan. selanjutnya dibikin eksperiment untuk melupakan air kolam koi melewati media batu-batuan serta sebagian media lain. sesudah melewati sebagian eksperiment selanjutnya momotaro koi farm mendapatkan design filter kolam koi dengan jenis bakki shower yang ideal dengan media bakteria house. selanjutnya jenis bakki shower ini dipatenkan jadi hak punya momotaro koi farm. 

Ada dua komponen penting yang ada pada sistem filter bakki shower yakni bakki shower yang disusun bertingkat serta bacteria house sebagai area hidup bakteri pengurai. Dengan alamiah amonia yang terdapat dalam kolam koi dapat dikonversi jadi zat-zat yang tidak beresiko dengan langkah biologis memanfatkan bakteri pengurai. 

filter kolam koi dengan bakki shower

Filter bakki shower dapat memecah air dalam wujud yang kecil, karena diinginkan dapat mempunyai permukaan yang lebih luas yang bersentuhan dengan udara, dampak selanjutnya dapat dapat menaikkan oksigen terlarut ( disolved oksigen ) didalam air. 

Bakteri house terbuat dari keramik yang berpori, pembuatannya melewati pemanasan sampai 1300 derajat celcius sepanjang 60 jam. Jadi media yang amat baik untuk tumbuh serta berkembangnya bakteri pengurai amonia. hingga penguraian amonia jadi lebih prima. jenis baki shower tak hanya mempunyai kekuatan menambah oksigen terlarut juga dapat bikin suhu dalam air cukup stabil. pada suhu udara yang panas dapat mendinginkan air. pada sistem bakki shower volume filter dapat dibikin lebih kecil dibanding dengan jenis filter chamber, disamping itu jenis ini air lebih cepat mature serta lebih cepat dalam recovery pada waktu listrik mati. 

Pada design standard bakki shower dari momotaro koi farm dianjurkan terdiri atas empat tingkat bakki. walau dimungkinkan bakki shower dalam dalam tiga tingkat, namun hasil kurang maksimal. Bakki shower dengan kian lebih empat tingkat membuahkan kualitas air yang tambah baik. Satu perihal yag penting dalam design bakki shower yaitu waktu turn over air, dengan filter chamber waktu turn over yaitu satu kali putaran dalam satu jam. Contohnya kolam koi mempunyai volume 5000 liter maka dalam satu jam pompa mesti dapat mengalirkan air sejumlah 5000 liter juga. dalam jenis bakki shower dibutuhkan pompa yang dapat lakukan turn over air , 5 kali semakin besar atau 150% per jam. lantas dengan volume kolam 5000 liter dibutuhkan pompa yang dapat mengalirkan air 7500 liter per jam.


-->

Cara memberikan pakan ikan koi


memberi pakan ikan koi

Cara memberikan pakan ikan koi (akuariumhias) -Berikan makan ikan koi merupakan waktu yang menyenangkan saat memelihara ikan koi. Tetapi kadang-kadang ada sebagian kekeliruan yang dikerjakan saat memberikan makanan koi yang tidak disadari. kekeliruan ini kadang-kadang sampai menyebabkan fatal dari penurunan kualitas sampai kematian ikan koi. Kaidah umum saat memberi makan ikan koi yaitu tambah baik berikan makan dengan jumlah sedikit tetapi dalam frekuensi yang kerap tambah baik dari pada berikan makan dengan jumlah banyak dengan frekuensi yang jarang. 

Kekeliruan pertama 
Yang kerap dikerjakan orang saat memberi makan koi yaitu overfeeding atau berikan makanan terlalu berlebih. Walau koi senantiasa lahap bila diberi makanan tetapi makanan yang terlalu berlebih ini tak lagi dicerna dengan baik oleh koi serta dapat dibuang sebagai kotoran. Kotoran ini tak hanya dapat mencemari lingkungan kolam akan bikin filter kolam bekerja lebih keras. 

Sisa makanan yang berlebih ini mesti segera dibuang dari kolam sesegera barangkali sebelum saat membusuk. makanan koi yang membusuk dapat membuahkan racun yang beresiko untuk ikan koi. 

Kekeliruan kedua
Yaitu terus-terusan berikan makan atau kurang. frekuensi berikan makan ikan koi beragam bergantung pada suhu air kolam. makin dingin suhu air kolam, metabolisme tubuh koi makin lambat hingga frekuensi pemberian makanan juga mesti dikurangi, sebaliknya bila suhu air kolam meningkat metabolisme tubuh ikan koi juga meningkat hingga frekuensi pemberian makanan juga meningkat.

memberi pakan ikan koi

Kekeliruan ketiga
Yaitu mengubah pemberian makanan dengan merk yang tidak sama dengan mendadak. Ganti makanan dengan merk yang tidak sama butuh dikerjakan dengan bertahap, dengan mencampurkan dengan makanan yang lama. campuran makanan dengan pembagian yang sedikit makanan baru, lantas meningkat sampai seluruh berpindah ke makanan baru. rentang waktu lebih kurang 7-10 hari. 

Jenis-jenis makanan spesifik tidak bisa diberikan pada ikan koi serta butuh dihindari. makanan-makanan tersebut diantaranya makanan burung, jagung, kacang tanah, roti, nasi serta kacang polong. alasan nasi serta roti tidak dapat diberikan untuk makanan koi yaitu dikarenakan mengembang saat terkena air. makanan yang berkarbohidrat tinggi dapat mengakibatkan obesitas pada ikan koi. 

Kekeliruan lain yaitu memberikan makanan suplemen yang terlalu berlebih. makanan suplemen untuk ikan koi berbagai macam, yakinkan berikan suplemen sesuai dengan keperluan serta janganlah terlalu berlebih. janganlah berikan suplemen yang tidak diperlulan. 

Memberikan makanan yang baik serta pas dapat menghindari kita dari berikan makanan yang salah pada koi, hingga koi terus sehat serta indah pastinya.

-->

Minggu, 09 Juni 2013

Mengatasi air kolam koi berwarna hijau

kolam ikan koi


Mengatasi air kolam koi berwarna hijau (akuariumhias) -Air hijau dalam kolam koi yaitu momok untuk pengemar koi, air yang berwarna hijau bukan sekedar bikin panorama di kolam tidak indah juga bikin koi tidak dapat di nikmati keindahannya. Masalah air kolam berwarna hijau atau green water amat biasa berlangsung serta dihadapi beberapa pengagum koi. Air kolam koi yang berwarna hijau dikarenakan oleh populasi dari ganggang hijau didalam kolam. Ganggang hijau merupakan jenis fitoplankton yang berukuran amat kecil dalam orde mikron yang hidup didalam air kolam koi. Sebagaimana tumbuhan yang lain ganggang mengkonsumsi ammonia untuk tumbuh serta berkembang, hingga ganggang dapat tumbuh dengan amat subur bila ada ammonia yang cukup didalam air. makin tinggi kandungan amonia di kolam koi dapat bikin kolam jadi cepat berwarna hijau.

Ammonia didalam kolam koi dihasilkan dari kotoran ikan koi, sisa makanan, hewan mati serta tumbuh-tumbuhan mati yang membusuk didalam kolam. umumnya perkembangan ganggang dapat berjalan dengan cepat pada waktu suhu didalam kolam mulai meningkat terlebih pada musim panas serta kemarau. Masalah air hijau di kolam koi tidak dapat diatasi gunakan filter mekanis dikarenakan ukuran ganggang yang amat kecil yang tidak sangat mungkin disaring.

Untuk menangani problem air hijau pada kolam koi butuh dicari karena utamanya. Ada sebagian situasi ideal yang sangat mungkin algae tumbuh serta berkembang dengan baik. 

kolam ikan koi

dikarenakan itu jalan keluar untuk menanganinya yaitu mengurangi atau menghilangkan kondidi-kondisi ideal ganggang tumbuh serta berkembang. situasi ideal untuk algae tumbuh cepat jumlahnya yaitu :

1. Suhu didalam kolam cukup hangat, algae tumbuh dengan baik di suhu air yang hangat. pada musim kemarau atau musim panas suhu air didalam kolam condong meningkat hingga sangat mungkin ganggang tumbuh dengan baik.

2. Cahaya matahari yang penuh didalam kolam, sebagaimana halnya tumbuhan lain di, algae membutuhkan cahaya matahari untuk lakukan fotosintesis. Pada kolam outdoor cahaya matahari dapat dengan penuh masuk ke dalam kolam hingga algae bisa tumbuh dengan baik.

3. Sisa makanan koi yang berlebih, sisa makanan ikan yang berlebih dapat membusuk serta membuahkan ammonia. amonia merupakan nutrisi yang baik untuk perkembangan ganggang.

4. Kotoran koi membuahkan amonia. kotorabn koi yang memiliki kandungan ammonia dapat bikin algae tumbuh dengan subur.

Bila beberapa atau total syarat tersebut terpenuhi, ganggang di kolam koi dapat tumbuh dengan baik serta air dapat jadi berwarna hijau. Dikarenakan itu kunci untuk bersihkan air hijau yaitu hilangkan atau meminimalkan situasi ideal untuk perkembangan mereka.

Untuk mengendalikan perkembangan algae di kolam ikan koi bisa dilakukann dengan langkah' seperti berikut ini :

1. Menaungi kolam koi

Kehangatan air serta ketersediaan sinar untuk fotosintesis di pengaruhi oleh cahaya matahari yang masuk ke dalam kolam koi. menaungi kolam dapat kurangi sinar matahari di kolam. bila sinar yang masuk menyusut maka perkembangan ganggang dapat terhalang menaungi kolam bisa dikerjakan memasang atap atau dengan menanam pohon di lebih kurang kolam. menanam pohon di lebih kurang kolam dapat bikin kolam kotor oleh daun-daunan yang terjatuh.

2. Buang seluruh kotoran yang membuahkan ammonia

Menghilangkan kotoran baik yang berbentuk fisik ataupun kimia. pembuangan ini dikerjakan memasang sistem filter kolam koi yang baik serta pas. sistem filter fisik menghilangkan beberapa besar bahan organik yang membusuk di kolam. filter kolam koi mesti mempunyai kapasitas tidak kurang dari 10% dari volume kolam koi, idealnya yaitu 30% volume kolam. air yang telah masuk ke dalam filter dikembalikan lagi ke dalam kolam dalam wujud yang telah bersih menggunakan pompa. pompa ini mesti dapat mengalirkan seluruh volume air kolam dalam satu jam/satu siklus putaran dalam satu jam. contohnya volume kolam yaitu 6000 liter, maka kekuatan pompa sebaiknya 6000 liter/jam serta volume filter 1800 liter.

Filter kolam koi umumnya mempunyai sebagian chamber, filter mekanis, filter biologis serta kimia. material yang tidak dapat di berbagi dengan filter mekanis difilter dengan filter biologi serta kimia. pada area filter biologis bakteri spesifik merubah amonia jadi nitrit ini, yang setelah itu dikonversi oleh bakteri lain ke nitrat. nitrat kurang beresiko dari pada ke-2, namun mereka kuat pupuk untuk seluruh tanaman didalam kolam, terhitung ganggang.

3. Memberikan tanaman pada area filter

Tanaman dapat mengkonsumsi amonia untuk kelangsungan hidupnya. memberikan tanaman air pada area filter dapat kurangi makanan untuk algae hingga tidak bisa tumbuh dengan baik.

4. Berikan zat water cleaner

Water cleaner menggunakan metode kimia untuk mengendalikan algae, water cleaner dapat membunuh algae atau menghalangi seluruh type ganggang yang ada dalam air. dikarenakan water cleaner merupakan zat racun, maka butuh waspada saat menggunakannya. dalam dosis yang terlalu berlebih akan meracuni ikan koi.

5. Memberikan carbon aktif serta batu zeolit

Karbon aktif bisa menyerap zat-zat kimia beresiko didalam kolam koi demikianlah juga dengan batu zeolite.

6. Memberikan lampu ultra violet

Sistem lampu ultraviolet yang dirancang untuk membunuh alga serta bikin mereka menggumpal, setelah itu algae yang telah mati bisa disaring dengan filter mekanis. lampu uv dengan efisien bisa menghilangkan air hijau di kolam koi kurun waktu singkat.

7. Ganti air dengan periodik.

Ganti air dengan periodik 10-30% dari volume air kolam dapat menolong kurangi kandungan amonia dalam air, bila dibutuhkan bisa dikerjakan tiap-tiap hari. bila tidak, anda dapat dikerjakan penggantian air kolam beberapa tiap-tiap minggu. janganlah ganti air kolam total, dikarenakan situasi air yang telah mature dapat kembali dari 0. ikan butuh beradaptasi lagi serta sistem filter biologis tidak bekerja dengan prima.

Langkah-cara tersebut merupakan sebagian alternatif yang dapat dipilih supaya bisa kurangi serta menghilangkan air hijau di kolam. pada prinsipnya air hijau didalam kolam koi bisa diatasi dengan sistem filter kolam yang baik serta mumpuni. Dikarenakan itu bila kolam koi berwarna hijau periksa sistem filternya, dari mulai rancangannya, volumenya, kapasitas pompa dan sebagainya.

-->

Mengobati koi dengan garam


Mengobati koi dengan garam (akuariumhias) -Banyak yang sudah tahu faedah garam saat mengobati ikan koi yang sakit. tetapi sesungguhnya penyembuhan dengan terapi garam ini tidak hanya cuma untuk koi, namun juga ikan-ikan yang lain. yang penting di perhatikan garam yang dipakai yaitu garam ikan, bukan hanya garam dapur. garam dapur mempunyai kandungan yodium yang tidak baik untuk ikan, terlebih ikan yang tengah sakit. garam diakui jadi obat yang efisien untuk ikan koi yang sakit.

Walau jadi obat yang efisien untuk ikan koi yang sakit, tetapi garam ikan tidaklah obat yang sesungguhnya. garam dapat menolong untuk menghimpit perkembangan parasit yang merugikan ikan hingga ikan jadi lebih sehat. berikan garam dibarengi dengan penyembuhan lain yang sesuai dengan penyakitnya yaitu penyembuhan terpadu yang cukup efisien.


Kenapa garam dapat menyembuhkan penyakit ikan koi ?

Pada prinsipnya ikan mempunyai konsentrasi garam internal sebesar 1%, namun air tawar umumnya mempunyai konsentrasi garam 0.1%. Pada waktu ikan koi ada didalam air dapat berlangsung gradien osmotik ada pada ikan serta air yang mengelilinginya. melewati sistem difusi ikan dapat kehilangan garam serta mendapatkan air tawar. Dalam rencana menjaga manfaat seluler yang pas, ikan air tawar dengan terus-terusan mesti menukar garam yang hilang serta mengusir air tawar berlebih. ini dimaksud osmoregulasi serta memerlukan pengeluaran daya untuk ikan. pada ikan yang sakit daya yang dikeluarkan ini dapat menyebabkan penurunan stamina ikan hingga dampaknya ikan lebih rawan pada penyakit sekunder.

Saat garam ditambahkan ke kolam koi, ikan dapat menggunakan daya osmoregulasi yang lebih sedikit. daya ikan bisa disimpan untuk melawan penyakit. keseimbangan osmotik dari sebagian parasit dapat terganggu oleh peningkatan konsentrasi garam sebesar 0. 3% – 0. 5%, pada situasi ini sel parasit alami dehidrasi, pada situasi ini berikan koi peluang berjuang untuk menyembuhkan penyakit.

Bagaimana penyembuhan ikan koi dengan garam ? 

Untuk penyembuhan ikan koi dengan garam, sebaiknya tidak segera berikan garam dengan konsentrasi yang tinggi. langkah terbaik yaitu memberikan garam sedikit untuk sedikit serta menambah konsentrasinya dengan bertahap dalam periode waktu spesifik.

Pada hari pertama dosis garam 0, 5% dari volume air, dengan dosis ke-2 ditambahkan pada hari ke-2 untuk membawa konsentrasi sampai , 0%. biarlah situasi ini sepanjang 1 minggu serta terus amati perubahan kesehatan ikan koi. bila situasi ini terus tidak membaik, koi dapat dimandikan ( bathing ) dalam air garam dengan konsentrasi 2 persen sepanjang lebih kurang 30 menit.

Penyembuhan bisa dikerjakan pada kolam maupun pada bak karantina, tetapi untuk efektifitas tambah baik dikerjakan pada kolam/bak karantina. kolam dikuras serta dikeringkan, ikan koi diobati dengan garam serta obat lain baru sesudah pulih dimasukkan kembali ke kolam. jika bila untuk pencegahan, kolam dapat di bom dengan garam, contohnya sesudah kemasukan air hujan.

Perihal yang butuh diwaspadai

Walau penyembuhan dengan garam yaitu langkah ampuh serta cukup efisien untuk ikan koi, tetapi ada perihal penting yang butuh diwaspadai diantaranya :
  1. Janganlah menggunakan malachite green serta garam pada saat berbarengan, ini tak lagi efisien apalagi menyebabkan negatif untuk ikan koi.
  2. Tutup bak karantina/kolam ikan koi dengan jaring halus. pada waktu penyembuhan dengan pemberian garam, ikan koi condong senang melompat.
  3. Imbuhkan aerasi yang kuat pada waktu penyembuhan dengan garam.
  4. Bila koi terlihat stress pada waktu penyembuhan dengan garam, segera kembalikan ke kolam/bak tanpa garam.
Terapi garam jadi jalan keluar efisien untuk menyembuhkan penyakit pada ikan koi. tetapi penting untuk di perhatikan sebagian situasi yang justru menyebabkan negatif untuk ikan koi.

sumber : central koi

-->

Jumat, 07 Juni 2013

Mencerahkan warna koi dengan spirulina

ikan koi

Mencerahkan warna koi dengan spirulina (akuariumhias) -Kerapkali didapati makanan koi dengan label “spirulina added”, untuk pengagum ikan koi, spirulina jadi suatu hal yang telah tidak asing lagi sebagai tambahan pada makanan ikan koi. Spirulina merupakan ganggang biru-hijau yang mempunyai kandungan gizi yang berguna untuk kecemerlangan pada ikan koi, dikarenakan itu lazim digunakan sebagai tambahan makanan ikan koi. 

Sampai saat ini spirulina jadi suplemen utama dalam makanan penambah warna pada ikan koi. Kecemerlangan serta ketebalan warna ikan koi di pengaruhi oleh jumlah beberapa sel pigmen warna yang ada di bawah kulit ikan koi. Jumlah beberapa sel ini dapat beralih sesuai dengan situasi lingkungan serta makanan yang dikonsumsi. mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat-zat warna ini dapat menolong mencemerlangkan serta mencerahkan warna ikan koi. tak hanya makanan factor lingkungan layaknya air kolam koi juga turut merubah kecemerlangan serta kecerahan warna koi.

ikan koi

Spirulina yaitu alga hijau biru yang berupa spiral yang mempunyai panjang sel yaitu 300-500 mikron atau lebih kurang ½ milimeter, hingga tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Spirulina bisa hidup di kolam yang hangat serta sedikit memiliki kandungan garam. dia tumbuh amat cepat serta merupakan di antara penghasil oksigen di bumi ini. Tumbuhan satu sel yang amat sederhana ini yaitu satu komponen utama dari rantai makanan serta kehidupan di planet ini. sebagai makanan sehat yang seimbang, spirulina berperan untuk menghindar penyakit serta mempercepat pengobatan. spirulina berbentuk amat alkali hingga bisa menolong memperbaiki keseimbangan ph basa pada sel tubuh.

Kandungan nutrisi spirulina
ganggang spirulina mempunyai kandungan nutrisi dengan komposisi seperti berikut :

60 – 70% protein
20 – 25% karbohidrat
3 – 5% lemak
5 – 8% mineral serta vitamin
2 – 5% air pigmen

Faedah spirulina untuk ikan koi

Faedah menambahkan spirulina pada makanan ikan yaitu mencerahkan warna ikan, menaikan perkembangan rata-rata, serta bau dari ikan tersebut. ikan berikan tanggapan pada rasa spirulina serta bikin ikan lebih berdaging. ikan dapat tumbuh lebih cepat, terasa lebih enak, serta menghindar penyakit.

Pada spesies ikan tropis, spirulina merupakan sisi yang penting dalam kandungan makanan. lima faedah spirulina untuk kesehatan ikan yaitu seperti berikut :
  • spirulina memiliki kandungan vit. serta mineral.
  • spirulina kaya dapat muco protein baik untuk kesehatan kulit.
  • kandungan phycocyanin yang bisa kurangi obesitas serta bikin ikan jadi lebih sehat.
  • kandungan asam lemak yang bermanfaat untuk perkembangan organ.
  • spirulina memiliki kandungan zat pewarna natural layaknya carotenoids.
Memberi spirulina, ikan tropis dapat jadi lebih indah, sehat, serta bisa hidup lebih lama.

-->